Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, Tahan Lama Hingga 4x Lipat!

Temukan tutorial tentang cara menghemat baterai laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, yang memungkinkan baterai laptop Lenovo milikmu tahan lama hingga 4x lipat hanya di blog NYZEZI.com!

Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, Tahan Lama Hingga 4x Lipat!

Halo semua, bertemu kembali bersama Min Aezi di artikel tutorial terbaru seputar dunia perlaptopan. Pada kesempatan ini, mimin akan bahas tips agar baterai laptop Lenovo menjadi tahan lama, hingga 4x lipat loh! Nah, penasaran bukan?

Laptop merk Lenovo, terutama seri Lenovo Ideapad Gaming baterainya cenderung cepat habis, bahkan termasuk sangat cepat. Dari pengalaman mimin sendiri mempunyai dua laptop, yaitu laptop Acer Aspire Z1402 dan Lenovo Ideapad Gaming 3, baterai yang paling tahan lama adalah laptop Aces Aspire yang tahan hingga 4 jam dengan pemakaian yang sama, sementara Lenovo Ideapad hanya bertahan selama 2 jam saja. Padahal laptop Acer Aspire ini merupakan laptop jadul keluaran tahun 2014 loh!

Usut punya usut, ternyata laptop gaming memang 'wajar' jika baterainya cepat habis, karena mereka lebih mementingkan performa daripada daya tahan baterai. Tapi hal ini cukup mengganggu jika kita juga perlu memakai laptop tersebut untuk pemakaian outdoor, yang mana pemakaian laptop tidak bisa sambil dicas.

Nah, Lenovo sendiri sudah paham akan hal ini dan memberikan solusi yang berupa aplikasi bernama Lenovo Vantage. Di aplikasi tersebut, kamu bisa memilih mode pemakaian laptop, seperti pemakaian dengan performa tinggi yang mengharuskan laptop terus menerus dicas. Untuk itu, Lenovo menyediakan mode konservasi (conservation mode) yang bisa diaktifkan di Lenovo Vantage. Dengan mengaktifkan mode tersebut, kamu bisa terus mengecas laptop sambil dipakai tanpa khawatir baterai rusak (baca: cara mengaktifkan conservation mode di semua laptop Lenovo).

Sebaliknya, ada juga mode quiet (quiet mode) yang bisa membuat laptopmu menurunkan semua performanya agar daya tahan baterai bisa lebih panjang. Berikut merupakan tutorial tentang cara mengaktifkan mode tersebut dan tips lainnya agar baterai laptop Lenovo-mu bisa tahan lama!

Oh ya, di atas memang sering mimin mention tentang laptop gaming, tapi tutorial ini tidak hanya berlaku untuk laptop gaming aja ya guys. Tutorial ini bisa kamu aplikasikan di semua laptop Lenovo yang mempunyai Lenovo Vantage, seperti Lenovo Ideapad atau Lenovo Thinkpad.

Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, Tahan Lama Hingga 4x Lipat!

Sejauh yang mimin ketahui, ada dua cara untuk menghemat baterai laptop Lenovo, yaitu dengan mengaktifkan quiet mode dan menyalakan battery saver. Ikuti langkah-langkahnya di bawah!

A. Mengaktifkan Quiet Mode

Langkah1: Buka Lenovo Vantage

Cari dan buka aplikasi Lenovo Vantage.

Langkah2: Di tab LEGION EDGE, klik Thermal Mode

Setelah Lenovo Vantage terbuka, kamu bisa menemukan tab LEGION EDGE di sebelah kanan. Di bawahnya terdapat beberapa opsi, seperti Thermal Mode. Klik Thermal Mode tersebut.

Langkah3: Klik Quiet Mode

Pilih Quiet Mode untuk menurunkan performa dan mengurangi kecepatan kipas pendingin laptopmu.

Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, Tahan Lama Hingga 4x Lipat!

B. Menyalakan Battery Saver (opsional)

Setelah quiet mode diaktifkan, selanjutnya kamu dapat mengaktifkan mode penghemat baterai. Caranya yaitu buka pengaturan lalu cari Penghemat Baterai (battery saver) dan aktifkan. Jika sistem operasimu Windows 11, kamu tinggal membuka pengaturan cepat lalu klik Penghemat baterai.

Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad, Tahan Lama Hingga 4x Lipat!

FAQ: Hal-hal yang sering ditanyakan

A: Min, apakah laptop Lenovo yang gak ada Lenovo Vantagenya bisa instal Lenovo Vantage untuk gunain fitur-fitur di dalamnya?

J: Setahu mimin laptop Lenovo yang gak ada Lenovo Vantage-nya gak bakal bisa gunain fitur Lenovo Vantage, meski Lenovo Vantagenya diinstal. Tapi ya dicoba aja ya, siapa tahu mimin salah.

A: Min, fitur Rapid Charge di Lenovo Vantage itu apa fungsinya?
J: Fungsinya agar baterai cepat penuh ketika dicas (anggap aja fast charging).

A: Min, kalo laptop pengen cepet abis batrenya gimana?

J: Hmm ... agak laen nih pertanyaannya. Mungkin bisa dicoba buat aktifin Performance Mode di Lenovo Vantage, soalnya mode itu kebalikan dari quiet mode yang menghemat baterai. Sebagai tambahan, coba nyalakan musik dan film secara bersamaan dengan volume yang tinggi, atau kalau enggak coba main game berat aja. Mimin jamin itu baterai laptop gak bakal tahan lama!


Nah, itulah tutorial tentang Cara Menghemat Baterai Laptop Lenovo Ideapad & Thinkpad. Kesimpulannya yaitu kamu tinggal menyalakan quiet mode dan battery saver. Setelah kedua mode tersebut diaktifkan, performa laptopmu akan menurun untuk pengoperasian yang wajar, dan kecepatan kipas pendingin di dalamnya juga menurun. Akibatnya daya tahan baterai menjadi lebih panjang.

Aktifkan kedua mode tersebut dan rasakan sensasinya!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain