Postingan

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa - Update Sampai Tahun 2023

Daftar Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa. Artikel ini akan terus di update ya guys!

Dijamin Seru! 45+ Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa - Update Sampai Tahun 2023

45+ Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Hingga 2023


PENGUMUMAN!

Artikel ini udah outdated guys! Untuk itu, rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa bisa kamu cek di blog @ezfileid melalui artikel berikut:

Rekomendasi Manhwa Terbaik Sepanjang Masa (Update 2023)


Hola guys! Pada kali ini aku akan membagikan rekomendasi manhwa terbaik yang pernah kubaca dari tahun 2010 sampai tahun 2022 ini. TAPI, artikel rekomendasi manhwa terbaik di tahun 2022 udah terlanjur aku publikasikan sebelumnya, jadi enggak masuk di artikel ini. Sebelum lanjut ke daftarya, aku ada sedikit keterangan dulu nih. Mohon dibaca dulu ya!

Format daftar rekomendasi kali ini yaitu // Judul_Manhwa, Genre, Alias, Author, Artist, Baca di, Sinopsis, dan Catatan. Semua informasi terkait manhwa yang ada di daftar aku dapat dari website Manga Update. Berikut keterangannya!

  1. Judul
    Pada beberapa judul aku tambahkan kalimat END dan HR. Jika ada kalimat END di judul, maka manhwa tersebut sudah tamat. Sedangkan HR merupakan singkatan dari Highly Recommended, artinya manhwa tersebut secara pribadi sangat aku rekomendasikan.
  2. Gambar
    Gambar terkait manhwa tersebut (bukan cover). Beberapa memang cover sih, tapi selelbihnya aku ambil secara random dari chapter-chapter tertentu yang aku anggap cukup bagus untuk menarik perhatian.
    DISCLAIMER:
    Semua gambar yang tersedia di artikel ini aku ambil dari sumber terbuka. Jika ada gambar di bawah yang mungkin berlisensi tertentu atau pribadi, harap kontak aku di laman admin agar selanjutnya dapat dihapus. Terima kasih :).
  3. Genre
    Kalo soal genre kayaknya enggak perlu dikasih keterangan deh. Info lengkap soal arti genre bisa kamu cari di internet.
  4. Alias
    Alias adalah nama atau judul lain manhwa tersebut. Umumnya hal ini terjadi karena manhwa tersebut dirilis di beberapa negara, sehingga judulnya berbeda.
  5. Author
    Author adalah pencipta manhwa tersebut, atau penulis cerita aslinya sebelum di adaptisakan ke bentuk manhwa.
  6. Artist
    Artist adalah seseorang atau kelompok yang mengerjakan penggambaran manhwa tersebut.
  7. Baca di
    Kolom baca di aku sediakan agar memudahkan teman-teman untuk mencari tempat membaca manhwa tersebut. Beberapa tempat membaca komik sudah official atau resmi, yang artinya sudah mendapat izin untuk dipublikasikan di website tersebut. Aku sarankan teman-teman membaca di tempat official-nya ya, untuk mendukung author dan publishernya, agar kita dapat terus menikmati karya-karya mereka.
  8. Sinopsis
    Sinopsis manhwa tersebut. Tapi ingat, jangan menilai manhwa dari sinopsisnya!
  9. Catatan
    Kolom catatan merupakan pandangan aku terhadap manhwa tersebut. Jika tidak disebutkan, artinya aku memberikan kesan membaca manhwa tersebut setelah membaca setidaknya 20 chapter awal, dan tidak lebih dari 50 chapter awal. Jadi, mohon jangan anggap bahwa aku ngasih ulasan singkat dari ratusan chapter apalagi keseluruhan ceritanya. Aku cuma ngasih review singkat dari 20 hingga 50 chapter ke bawah, tidak lebih. Mengapa? Alasan utamanya yaitu: aku enggak jago ngasih ulasan (huhu). Alasan lainnya yaitu, aku percaya bahwa enggak baik ngasih ulasan pada karya yang belum selesai. Apalagi kebanyakan judul di bawah adalah manhwa ongoing. Aku juga enggak mau ngasih spoiler berat, jadi feels yang kamu dapat setelah membaca mungkin bisa berbeda dengan catatan yang aku berikan.

Satu lagi, karena page menjadi berat dan lama termuat, aku melakukan page split berdasarkan tahun-tahun rilis manhwa. Langsung saja, berikut daftarya!

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021

// 66666 Years: Advent of the Dark Mage [HR]

The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Adventure, Fantasy
  • Alias: A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years
  • Author: Hwabong, Taru
  • Artist: Pasa
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Diablo Volfir, seorang Dark Magician yang sangat kuat, telah dikalahkan dan disegel oleh kedua belas dewa. Akhirnya dia terbangunkan setelah 66.666 tahun lamanya dalam tubuh seorang bayi yang baru dilahirkan bernama Jamie Welton.

Sembilan tahun kemudian, dengan pengetahuan kehidupannya dulu dan rasa kasih sayang keluarga barunya yang memberikan rasa damai, Jamie berencana melakukan balas dendam terhadap kedua belas dewa yang telah menyegelnya.

  • Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang (yang dianggap) penjahat melawan dewa (yang dianggap) baik. Manhwa ini mempunyai alur cerita yang disusun dengan baik dan cukup terasa emosional.

// Doctor's Rebirth

Doctor's Rebirth - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Action, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Doctor Lives Again
  • Author: Tae Sun
  • Artist: Dobin
  • Baca di: Kakao Webtoon (Official-KR), AsuraScans (ENG)
  • Sinopsis:

Seorang dokter tewas menjadi korban perang saudara ketika dirinya menjadi sukarelawan. Alih-alih meninggal, dia terbangun lagi sebagai anak kecil. Tak lama kemudian dia tersadar, bahwa dia tidak lagi berada di dunia yang dikenalnya.

  • Catatan:

Sebuah manhwa dengan nuansa damai (*hueeek) kehidupan seorang dokter di Murim.

// Doom Breaker

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Fantasy, Supernatural
  • Alias: A Battle God's Second Chance; Reincarnation of the Suicidal Battle God; The Battle God's Return; To a New Life
  • Author: Blue-Deep
  • Artist: Blue-Deep
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Zephyr merupakan manusia terakhir yang terus bertarung melawan iblis di dunia yang diabaikan para dewa. Saat dia dibunuh oleh Tartarus, Dewa Kehancuran, kepunahan manusia tidak terelakkan lagi. Namun takdir belum sepenuhnya tersegel -- dewa yang tertarik akan pertarungan Zephyr menganugerahkannya kesempatan kedua, ia hidup kembali dan kembali 10 tahun ke masa lalu, saat ia masih menjadi budak.

Mampukah Zephyr membalaskan dendamnya dan menyelamatkan wanita yang ia sayangi, atau mengulang kehancuran yang sama seperti sebelumnya?

  • Catatan:

Another manhwa yang mengisahkan tentang balas dendam. Art-nya bagus dengan cerita yang lumayan menarik. Selebihnya baca aja sendiri...

// Duke Pendragon

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Romance
  • Alias: The White Dragon Duke: Pendragon
  • Author: Kim Hyungjun, Utsumi Yuusuke
  • Artist: Sumishiro Yukina
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Piccoma (Official-JP); Asura (ENG), Reaper Scans (ENG), Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Raven Valt, anak haram dan putra kedua dari bangsawan rendah, dikenai sanksi sebagai pengkhianat. Dijanjikan kebebasan, dia dikirimkan ke unit paling buruk dan keji di kekaisaran, yaitu Korps Rakshasa (Pasukan Pembasmi Iblis). Dia harus mengabdi di sana 10 tahun lamanya.

Namun itu tidaklah mudah. Umumnya seseorang hanya dapat bertahan hidup selama 1 tahun di unit tersebut, namun Raven berjuang untuk kebebasannya dan berhasil bertahan untuk 10 tahun. Sehari sebelum kebebasannya, dia ditugaskan bertarung bersama Alan Pendragon, kepala Kadipaten Pendragon… namun semua harapannya sirna dalam sekejap mata.

  • Catatan:

Duke Pendragon merupakan salah satu manhwa favoritku setelah membaca 20 chapter awalnya. Art manhwa ini bisa dibilang masih standar, tidak terlalu bagus maupun jelek. Namun jujur, penggambaran karakter utamanya agak merusak ekspetasiku sebagai novel reader-nya. Alasannya karena di novel, sang MC dideskripsikan sebagai seorang pria gagah namun terlalu cantik untuk disebut tampan. Ya, si MC di ilustrasi novel dan manhwa terlihat berbeda.

Kesampingkan hal itu, premis cerita yang dibawakan manhwa ini cukup menarik untuk diikuti. Menceritakan perjuangan Raven Valt dan Alan Pendragon untuk keluarganya. Cerita berpusat pada politik seputar kekaisaran, sumber penderitaan keduanya. Namun ternyata masalahnya lebih besar dari yang mereka duga.

Novelnya sendiri sudah tamat dengan 400 chapter lebih. Namun kulihat cerita di manhwanya dipangkas sehingga kejadian-kejadian tertentu tidak dijelaskan dengan baik. Meski begitu, aku pribadi merekomendasikan manhwa ini untuk dibaca. Apalagi kamu yang suka tema kerajaan fantasi dan petualangan dibumbui hubungan asmara. Kemungkinan besar kamu akan menyukai manhwa Duke Pendragon ini.

// Level up With the Gods

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Leveling Up With the Gods; Leveling With the Gods; 신과 함께 레벨업
  • Author: Black Ajin
  • Artist: OH Hyun
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Luminous (ENG): Reaper Scans (ENG); Reset-Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Dia bertambah kuat, lebih cepat dari siapapun… namun dia kalah. Di akhir, hanya keputus-asaan yang tersisa untuknya.
Di saat-saat terakhirnya, dia diberikan kesempatan… melalui pengorbanan rekan-rekannya, takdirnya masih belum tersegel.
Kembali ke masa lalu, dia mencoba memanjat Tower lagi dengan bakatnya yang tak tertandingi.
Untuk melawan iblis-iblis kuno yang mengancam untuk menghancurkan Tower.

  • Catatan:

Leveling with The Gods merupakan manhwa dengan tower dan elemen game seperti sistem, level, dewa-dewi, dan sebagainya. Manhwa ini cukup populer dan banyak orang yang merekomendasikannya.

Dari segi alur, manhwa ini membawakan kesan mainstream seperti manhwa fantasy kebanyakan. Menceritakan sang MC yang kembali ke masa lalu untuk merubah masa depan, dan dia menjadi sangat-sangat kuat.

Manhwa ini mengingatkanku pada manhwa Second Life Ranker. Kamu akan suka manhwa ini jika kamu juga menyukai manhwa Second Life Ranker, karena tema yang diangkat kedua manhwa ini sangat mirip, dan karakteristik MC juga tidak beda jauh. Dari segi art, kedua manhwa ini juga termasuk bagus di atas standar.

// Mookhyang The Origin

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Mookhyang The Origin; طریقت موک هیانگ; 묵향 디 오리진
  • Author: JEON Dongjo
  • Artist: REDZIN, Silva - Redice Studio
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Asura (ENG); Flame-Scans (ENG); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Selama masa kacau dalam dunia murim, sewaktu nomor 2044 masih kecil, ia diculik fraksi demonic untuk melatihnya jalan assassination. setelah bertahan dari latihan nerakanya sampai akhir, ia mendapatkan nama julukan ‘mook-hyang’. namun, mook-hyang memiliki ketidakpuasaan dalam keinginan berpedang… ini kisah mook-hyang yang melawan berbagai master beladiri, ya intinya gitulah ya.

  • Catatan:

Prequel dari Mookhyang - Dark Lady. Kalau kamu udah baca versi Dark Lady, pasti tahu dong gimana sifat MC-nya. Nah, di manhwa ini diperjelas kenapa dia bisa begitu.

Artnya bagus, apalagi saat battle-fight, keren dah. Sayang ceritanya agak gimana ya, kecepetan kali ya? Jadi kurang kerasa feel-nya aja gitu. Tapi yah, namanya juga manhwa action, xixixi.

// Player Who Can't Level Up

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Level-Up Motaneun Player; The Player That Can't Level Up; Игрок, который не может повысить уровень; 无法升级的玩家; 레벨업 못하는 플레이어
  • Author: Gavinji
  • Artist: Aengmusae, PARK Jungjae, Studio Khit
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Undangan tower hanya untuk orang yang memenuhi syarat untuk menjadi player, yang mendapatkan undangan akan mendapat kemampuan unik yang disebut hak istimewa bagi player yang terpilih, aku mendapat undangan dari tower pada usia 18 tahun, dan ini sudah lima tahun, levelku masih 1.

  • Catatan:

Satu lagi manhwa dengan tema memanjat tower, sistem leveling, dan MC yang punya skill spesial. Ya gitu deh, alur ceritanya seakan-akan diberatkan, namun karena pengeksekusiannya yang kurang jadi terasa biasa saja.

Meski begitu, art-nya bagus dengan efek-efek keren di beberapa scene. Masalah alur bisa dikesampingkan, mengingat beda orang beda selera (hihi).

Oh ya, kalau kamu suka Sword Art Online, mungkin kamu bakalan suka manhwa ini. Karena penampilan MC-nya kayak si Fate itu lho, terus dia punya dua pedang yang beda warna guys. Kalau si Fate kan punya senjata yang bisa ngomong, nah MC di manhwa ini juga punya senjata gituan. Ada dua lagi. Kalau nyerang ada efek-efek warnanya gitu, lho. Grafisnya keren dah. Andai sebanding sama ceritanya :(

// Regressor Instruction Manual

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Sinopsis:

Suatu hari, aku telah di-summon ke dunia ini. Monster di mana-mana dan krisis luar biasa melanda. Namun bakatku bahkan lebih buruk dari itu.
[Level bakat player berada di paling bawah.]
[Hampir semua kemungkinan tidak ada artinya.]

Meskipun kamu menjadi Warrior atau Wizard. Meskipun kamu mengulang kembali waktu. Kamu harus mengambil keuntungan dari apapun itu demi bertahan hidup.

“Terus kenapa?”
“Aku tinggal menggunakan semua yang kupunya untuk hidup!”

  • Catatan:

Regressor Instruction Manual merupakan manhwa dengan premis cerita yang anti mainstream dan didukung art yang diatas standar manhwa kebanyakan.

Di manhwa ini, terdapat seorang “Regressor” atau karakter yang telah mengulang waktu (mengembalikan waktu/kembali ke masa lalu), namun dia bukan tokoh utamanya. Uniknya, tokoh utama (MC) di manhwa ini merupakan parasit yang menempel di seorang Regressor tersebut.

Sang MC harus menghadapi kenyataan bahwa dia tidak berguna. Dia hanya dapat hidup dengan mengandalkan orang lain. Meski begitu, dia mempunyai akal yang cerdas dan jago berbicara. Dan begitulah, kita akan melihat tingkah laku uniknya untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

// Return of The Broken Constellation

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Return of the Shattered Constellation; 破碎星座的回归; 부서진 성좌의 회귀
  • Author: Sa Do-yeon
  • Artist: Flex Mind, YANG Kyung-Il
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG): Flame-Scans (ENG); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Seorang manusia yang mampu menjadi dewa, sang ‘Twilight of Gods’.

Setelah terkenal sebagai dewa yang jahat dan kejam, ia kehilangan konstelasi, keyakinan, otoritas ilahi – segalanya. Kekuatan sucinya dihilangkan paksa dan menghilang.

“Aku ingin kau bekerja denganku.”

Saat itulah Thanatos, Dewa Nether World, menawarkan bantuannya…

Setelah meraih tangannya, ‘Twilight of Gods’ memutuskan mengulang hidupnya sebagai player ‘Lee Changseon”, untuk membalas para dewa yang mengirimkannya ke neraka!

‘Jadi aku benar-benar kembali’

  • Catatan:

[Konstelasi: ✅] [Regresi: ✅] [Balas Dendam: ✅] [ MC Badass: ?] [Art: ✅]

// Return of the Blossoming Blade

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: Return of Sword Master; Return of the Huashan Sect; Return of the Mount Hua Sect
  • Author: Biga
  • Artist: Lico
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Murid ke-13 dari sekte Hwasan, Cheong Myeong, si pendekar pedang sakti bunga plum akhirnya berhasil membunuh kepala dari sekte iblis, Cheonma. Namun pertarungan tersebut telah merenggut nyawa Cheong Myeong sendiri beserta seluruh sekte Hwasan yang menjadi tempat perguruannya. Siapa yang menyangka, setelah kematiannya ternyata Cheong Myeong terlahir kembali 100 tahun kemudian! Tapi di masa ini tidak ada seorang pun yang mengingat Sekte Hwasan?! "…Apa? Sekte Hwasan hancur?!"

  • Catatan:

Menceritakan seorang pendekar yang bereinkarnasi di masa depan, dan mengetahui bahwa perguruan tingginya telah tiada. Sang protagonis memiliki karakter cerdas dan licik, juga punya rasa humor yang agak tinggi.

Jika kamu suka manhwa The Wandering Warrior of Wudang, maka kamu mungkin juga suka manhwa ini.

// Return of the Mad Demon [HR]

Return of the mad Demon - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021 @ezfileid)
  • Genre: Action, Comedy, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Return of the Crazy Demon
  • Author: Yu Jinseong
  • Artist: JP, LEE Hi
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Yi Zaha, si Mad Demon yang tergila-gila untuk menjadi ahli beladiri terkuat di Murim, telah mati. Dia berhasil mencuri pusaka sekte iblis sehingga seluruh anggota sekte iblis memburunya. Meski dikalahkan, dia enggan memberikan pusaka tersebut dan lebih memilih bunuh diri ke dalam jurang setelah menelan pusaka tersebut. Meski begitu, takdir berkata lain. Yi Zaha tidak mati, melainkan kembali ke saat dirinya masih muda dan lemah. Dengan pengetahuannya akan masa depan dan ilmu beladiri yang telah dia pelajari, Yi Zaha sekali lagi berniat untuk menjadi dewa beladiri!

  • Catatan:

Kebanyakan manhwa beladiri atau martial arts hanya mengandalkan adegan pertarungan dan kisah balas dendam, sehingga pembaca mungkin cepat bosan. Manhwa ini juga sama, namun banyak adegan kocak yang menjadi poin tambahannya.

Seperti Path of the Shaman yang dirilis tahun 2020 lalu, Return of the Mad Dragon juga mempunyai MC yang rada sinting. Bisa dibilang bahwa keduanya mempunyai banyak kesamaan, baik dari segi cerita maupun pengkarakteran-nya. Highly recommended!

// Talent-Swallowing Magician

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Drama, Fantasy
  • Alias: Talent Swallowing Magician; The Mage Who Absorbs Abilities
  • Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
  • Artist: Siroo
  • Baca di: Kakaaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Elric Melvinger merupakan pewaris kekuasan dari keluarga sihir terkemuka. Dia tidak memiliki ‘Talent’ dari lahir, mengakibatkannya tidak bisa mempelajari ilmu sihir. Namun, dia mendapatkan ‘Blessing’ dari leluhurnya!

[Makan Demon]
[Telan Demon]
[Minum Demon]
[Terus kumpulkan Demon dalam dirimu, dan dapatkan sihir baru!]

Aku akan bertambah kuat. Sangat kuat sampai tidak ada yang mampu mengalahkanku.

  • Catatan:

Talent-Swallowing Magician merupakan manhwa yang menceritakan seorang keturunan bangsawan yang mencoba membangkitkan keluarganya yang jatuh.

Kita akan mengikuti perjalanan Elric dari powerless menjadi powerful. Sang MC mempunyai sifat yang menyedihkan di awal, namun kita dapat merasakannya berubah di chapter-chapter berikutnya. Perubahan tersebut-lah yang membuat manhwa ini menarik untuk diikuti. Dia mulai menjadi pemberani dan mempunyai sikap cerdas dalam menghadapi setiap situasi.

Manhwa ini dihiasi art yang memukau, yang membuatnya istimewa. Aku menyukai art-nya yang cukup mendetail dan terkadang dihiasi bermacam-macam tone warna, mengingatkanku pada serial animasi Arcane: League of Legends. Enggak terlalu mirip, sih. Cuman ya tetep bagus, kok!

*Ngomong-ngomong, kalo baca sinopsisnya agak ngeri juga ya!

// The Book of Lagier

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Fantasy
  • Alias: 라지에르의 서
  • Author: GongDeunTop, Junhyung Kim
  • Artist: Siroo
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Suatu hari, seorang manusia berani memanggil Raja Iblis. Itu adalah serakah dan gemuk,

Pangeran Lagier Lou Jerlayla Rodwill!

Namun, saat memanggil Raja Iblis, dia melakukan kesalahan dalam prosesnya, yang menyebabkan kematiannya.

Tubuh Lagier dibekukan dengan paksa karena kontrak yang dia buat dengan Raja Iblis…

“Yah, sebaiknya aku mengabulkan permintaannya saja.”

Raja Iblis memutuskan untuk menjadi Lagier dan mengabulkan keinginan Pangeran sebelum dia dibekukan sampai mati.

Sampai hari kerajaan Jerlayla menguasai dunia dengan kekuatan yang tak tertandingi oleh siapapun!

Ini adalah awal dari legenda baru……!

“Aku akan memulainya dengan menurunkan berat badan.”

…Aku harus diet dulu.

  • Catatan:

Menceritakan seorang raja iblis yang dikontrak seorang manusia untuk menaklukkan dunia. Art-nya sudah bagus dan ceritanya cukup menarik untuk diikuti. Sedikit berbagi saat membaca, aku pikir feels ceritanya lebih ke genre shoujo deh (wkwk).

// The Celestial Returned From Hell

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Constellation That Returned From Hell
  • Author: Writingmachine
  • Artist: C.H (시치)
  • Baca di: Copin Comics (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Aku kembali dari neraka. Setelah bertahan ribuan tahun lamanya, akulah satu-satunya yang akan menyelamatkan kemanusiaan.

  • Catatan:

Manhwa ini mempunyai judul 'returned', namun artinya berbeda dari kebanyakan manhwa berjudul 'returned' lainnya.

MC kita mempunyai sikap optimis terhadap apapun situasi yang ia hadapi. Uniknya, keyakinan akan seni beladirinya sangat tinggi. Di dunia yang penuh dengan job yang kefantasian banget, ia lebih memilih jadi ahli beladiri meskipun pertumbuhannya sangat lambat.

// The Lazy Lord Master the Sword [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Fantasy
  • Alias: Reformation of the Deadbeat Noble; The Lazy Prince Becomes a Genius; 나태 공자, 노력 천재 되다
  • Author: Doip, Second Star
  • Artist: Dodomoon
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG); TappyToon (Official-ENG); Naver Comic (Official-KR); Asura (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Setelah menderita shock karena kematian ibunya, Airen Farriera muda mengurung diri. Ia melarikan diri dari kenyataan dengan tidur seharian. Perilaku buruk tersebut membuatnya dikenal sebagai “Tuan Pemalas”. Airen menutup mata dari semua ejekan dan ocehan buruk tentangnya, hingga suatu saat ia terbangun setelah memimpikan seorang Swordsman misterius. Kehidupannya-pun berubah drastis…

  • Catatan:

Salah satu manhwa baru yang masuk daftar favoritku. The Lazy Lord Masters the Sword menceritakan seorang pewaris bangsawan yang lemah fisik dan mental, namun berubah secara perlahan setelah ia berbagi pandangan dengan seorang Swordsman di alam mimpinya.

Kita akan melihat perkembangan sang MC perlahan berubah, yang mana menjadi hal paling menarik di manhwa ini. Ceritanya ringan, standar genre buat pembaca remaja. Art-nya juga bagus dengan keunikannya tersendiri, membuat kita merasa nyaman saat membaca.

Ngomong-ngomong, alur ceritanya di awal-awal sangat lambat, bikin aku bosan kala itu. Namun itu berubah setelah chapter 30 ke atas. Jadi jika kamu berhenti di awal-awal chapter, cobalah untuk membaca setidaknya sampai chapter 30 ke atas, karena alurnya mulai terasa emosional di sana.

// The Legendary Spear Knight Return

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Return of The Greatest Lancer; El Retorno Del Legendario Caballero De La Lanza; Return of the Unrivaled Spear Knight; Sự Trở Lại Của Hiệp Sĩ Giáo; 史诗级枪骑士再临; 역대급 창기사의 회귀
  • Author: Jo Husang, Jo Teacher
  • Artist: Studio Inus
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Pandangan umum bahwa seorang Ksatria harus menggunakan pedang dipatahkan oleh bintang paling terang dari salah satu Duke Family. Pahlawan yang mengakhiri perang saudara di kekaisaran. Nama orang itu adalah Joshua Sanders.

Terlepas dari reputasinya sebagai Tombak Tak Tertandingi dari Kekaisaran, dia terluka mengeluarkan darah merah gelap. Tidak seorangpun selain oleh kaisarnya sendiri, Kaiser…

“Kaiser! Jangan berpikir ini akan berakhir seperti ini!!”
Sebelum kematiannya, karena sebuah magic circle, tombak yang selalu bersamanya, ‘Lugia’, mulai mengeluarkan sejumlah besar energi…

Tempat familiar ini, jangan bilang… kandang kuda tempat tinggalku saat masih muda?

"Tubuhku menjadi muda?! Lugia, kau itu sebenarnya apa?"

Joshua kembali ke saat ia masih muda. Pembalasan dendamnya mulai dari sini!

  • Catatan:

Yap, belakangan ini banyak adaptasi manhwa baru yang bertemakan ‘regresi’ atau kembali ke masa lalu, termasuk manhwa The Legendary Spear Knight.

Terlepas dari tema ‘regresi’ yang mainstream, ceritanya menarik. Buat kamu yang suka cerita tentang bangsawan, politik, monster fantasi, mc badass, dsb, pasti suka manhwa ini.

// The Lord of Coins

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: The Lord's Coins Aren't Decreasing?!; Does the Lord's Coin Not Shrink?!
  • Author: HONG Dae Eui, Mokhyeon
  • Artist: Teurubereu
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Keberuntungan Aaron Steelegard pada dasarnya ditetapkan saat ia menemukan sebuah buku yang membuatnya dapat menjadi pedagang lintas dimensi - sampai akhirnya ia dibunuh dan kekayaannya direnggut.

Namun dengan kekuatan tertentu, ia kembali ke masa lalu saat ia masih muda. Dengan pengetahuannya akan masa depan, ia akan mulai pembalasan dendam!

  • Catatan:

Manhwa dengan konsep unik. Jika kamu sudah membaca banyak manhwa, maka kamu pasti hapal konsep "sistem" yang lumayan banyak diterapkan. Nah, di manhwa ini, konsep "sistem" tersebut secara garis besar sama, yaitu untuk membuat sang protagonis dapat mengalahkan musuh-musuhnya. Uniknya, "sistem" tersebut berbentuk dimensional market, tempat orang dari berbagai dimensi berjualan. Melalui perantara dimensional transaction book, sistem tersebut dapat mc gunakan untuk meraih kekuatan, pengetahuan, dan kekayaan.

Dengan adanya transaksi antar dimensional ini pula, membuktikan bahwa cerita tidak hanya mempunyai satu dunia. Sang protagonis sendiri hidup di dunia pedang dan sihir, dengan sumber kehidupan disebut "mana". Namun, karena mc punya buku transaksi dimensional, ia dapat membeli kemampuan dari dunia murim yang memungkinkannya untuk membuka dantian (energi tubuh?) dan mempelajari seni bela diri (martial arts).

Cerita berfokus tidak hanya di dunia sang protagonis. Di dunianya sendiri, cerita berpusat pada tujuan mc agar keluarganya tidak jatuh dan diambil alih oleh orang lain. Beberapa chapter awal menceritakan permasalahannya dengan keluarganya sendiri, selagi melatih fisik dan mentalnya. Fokus kedua cerita yaitu di dunia-dunia yang berhubungan dengan dimensional market dimana masih berhubungan dengan sang protagonis saat kehidupan pertamanya. Jadi, kalau kamu familiar dengan cerita yang mempunyai lebih dari satu timeline berbeda, maka manhwa ini konsepnya juga mirip seperti itu. Hanya saja bukan timeline yang berbeda, tetapi worldline yang berbeda.

Namun, kalau bicara soal fokus cerita, kebanyakan berpusat pada dimensional marketnya sendiri. Di sana, MC mulai menyingkap kebenaran orang-orang (/makhluk) yang pernah menipunya saat kehidupan pertamanya dulu. Ambisinya yaitu balas dendam pada semua pihak yang membuat kehidupannya hancur, keluarganya jatuh, dan akhirnya ia disiksa sampai mati dengan tragis (kalem, cuman spoiler dari chapter satu doang).

Hal yang lucu dari mc kali ini yaitu tingkahnya dalam menguasai market. Dengan menjadi seorang member vip dengan banyak skill yang maksimal, ia mempunyai banyak keuntungan yang tidak dimiliki member dimensional market biasa. Sang protagonis menguasai pasaran tanpa membuat/mempunyai produknya sendiri. Jadi ia membeli barang dari member lain, lalu menjualnya dengan harga yang murah. Bukannya rugi, namun ia malah untung meski sedikit. Fitur member vipnya sendiri menghilangkan biaya admin dan akan selalu mendapat cashback setiap ia melakukan transaksi. Kedua fitur itulah alasan besar mc dapat menguasai pasaran dengan mudah (termasuk cheater sih ini mah 🤣).

Bagi kamu yang suka belanja onlen, aku rekomendasiin untuk baca manhwa ini. Gokil! 😅

// The Return of the 8th Class Magician

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Fantasy
  • Alias: 8th Class Magician Returned; 8th-Class Mage Returns; Kembalinya Penyihir kelas; Penyihir Kelas Delapan; Regression of Class 8 Wizard; Return of the 8th Class Magician; Revolution of the 8th Class Mage
  • Author: Ryu Song
  • Artist: Tes
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG); MMScans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Sudah bertahun-tahun aku mengotori tanganku dengan darah untuk Kekaisaran (United Empire) dan kaisarnya, Ragnar. Aku ingin pulang ke kampung halamanku dan hidup dengan tenang untuk menebus dosa-dosaku.

Namun,

"Kamu merupakan penyihir kelas 8 yang bisa menggulingkan kekaisaran kapanpun. Bagaimana aku bisa membiarkan monster sepertimu hidup?"

Aku dikhianati oleh temanku sekaligus sang kaisar, Ragnar. Diambang kematianku, aku menusukkan sebuah belati sihir tepat ke jantungku.

"Penebusan yang kuinginkan hanyalah membuat semua hal berjalan seperti seharusnya"

  • Catatan:

Sebuah manhwa yang dirilis oleh salah satu penerbit populer seperti penerbit manhwa Kill The Hero, Carrotoon. Manhwa kali ini mempunyai jalan cerita yang agak mainstream, dimana MC kita dikhianati, kembali ke masa lalu, dan mencoba memperbaiki kehidupan keduanya.

Meski alurnya mainstream, pembawaan ceritanya tetap menarik untuk diikuti. Didukung oleh artnya yang secara standar sudah bagus, pembaca akan dibuat penasaran akan lanjutan kisah dari sang MC, Ian Page.

// The Tutorial is Too Tough!

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Psychological, Supernatural
  • Alias: The Tutorial Is Too Hard; チュートリアルが死ぬほど難しい; 튜토리얼이 너무 어렵다
  • Author: Gandara
  • Artist: IMAE Daiki
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Pada hari biasa yang membosankan, sebuah pesan muncul, mengundangnya ke sebuah Tutorial. Sebuah kisah tentang Lee Ho Jae dan pelariannya dari Tutorial. Tetapi dia kebetulan memilih tingkat tersulit yang mungkin saja adalah: Neraka.

  • Catatan:

Ketika pro gamer moba pensiun lalu ditransfer ke dunia MMORPG. Konsepnya cukup bagus, namun pengeksekusiannya kurang. Apalagi plot armot si MC sangat uwahh.... tebel bingits!

Meski begitu, banyak yang bilang novelnya bagus dan sangat rekomended. Jadi wajar jika chapter-chapter awal kurang seru. Selebihnya bisa jadi seru, atau malah lebih gak seru (wkwk). Coba baca aja dulu.

// The Return of the Disaster-Class Hero

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Alias: HEATS (REDICE STUDIO), SAN.G
  • Author:
  • Artist: 이범근
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Ketika dunia dilahap oleh kegelapan, dimana monster-monster bermunculan dari dungeon, dunia pun diambang kemusnahan, tapi ada harapan. bangkitnya para hunter (awakened) yang siap melawan para monster itu, dan disana lahirnya juga para Hero yang di panggil 13 hero bintang. dan ini lah salah satu dari kisah 1 dari 13 orang itu

  • Catatan:

Manhwa ini merupakan mahwa yang dirilis oleh studio populer sebagai series baru untuk menggantikan manhwa SoLev yang tamat. Mengisahkan awal mula pembalasan dendam sang MC yang telah dikhianati rekan-rekannya.

Namun jika kamu mengharapkan balas dendam yang epic dan memuaskan, maka kamu tidak akan menemukannya di manhwa ini. MC yang sudah jelas paling kuat, tidak menunjukkan kemauan yang tinggi akan keinginannya untuk balas dendam. Yah, anggap aja dia gak punya kerjaan jadi dia mutusin buat balas dendam. Sambil jalan-jalan dulu tentunya (hehe).

Meski begitu, ceritanya lumayan seru untuk diikuti, dan art-nya juga sudah di atas standar.

// The Warrior Returns

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2021
  • Genre: Action, Fantasy
  • Alias: Warrior Returns; Hero Has Returned
  • Author: Narak
  • Artist: Fungback
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Kim Minsu, Sang Hero, telah kembali ke Bumi dan menyadari telah kehilangan segalanya... jadi ia memutuskan untuk menghancurkan dunia yang ia sebut rumah. Dalam amukanya, ia telah membunuh seoang pemuda bernama Park Jeongsu bersama keluarganya. Namun Park Jeongsu tidak mati, ia ditransfer ke dunia lain dan menjadi seorang Hero. Ia mengasah keterampilannya dan membunuh Raja Iblis, lalu dikembalikan ke Bumi, untuk membalaskan dendamnya. Saat keduanya bertarung dengan nasib negara di tangan mereka, siapa yang akan menjadi pemenang?

  • Catatan:

Manhwa TWR ini sebenarnya mempunyai banyak penilaian buruk oleh pembaca, namun aku pribadi cukup suka sama premis cerita yang diberikan. Apalagi art-nya yang bagus, memberikan sensasi tertentu saat membacanya.

Sejauh 36 chapter yang kubaca, setiap tokoh Hero di manhwa ini mempunyai idealismenya sendiri. Mereka yakin bahwa mereka sendiri adalah orang yang benar (sok edgy wkwk), dan berbentrokan satu sama lain.


Laman berikutnya: Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020

// Child of The Sheath

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Anak dari Rumah Pedang; Anak Pedang; Kenshou No Ko; Sword Sheath's Child
  • Author: KIM Hyung-Min
  • Artist: YANG Kyung-Il
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Hscans (ENG)
  • Sinopsis:

Ini adalah sebuah dunia di mana pohon sihir tumbuh dari punggung seorang pendekar pedang, gadis bisu diubah menjadi senjata hidup oleh ibunya, naga hutan berkeliaran di angkasa mencari pembalasan, dan makhluk dengan kekuatan dewa berbenturan demi keseimbangan alam. Di tengah semua itu ada Bira, seorang anak yatim yang menghabiskan hari-harinya dengan memancing dalam hutan terpencil.

Suatu hari ia bertemu Tanyu, seorang mantan jenderal yang mencari teman masa kecilnya. Bersama mereka melakukan perjalanan ke lanskap indah yang mempesona.

  • Catatan:

Manhwa CotS ini merupakan manhwa fantasi yang menekankan segi petualangan didukung art yang indah. Alurnya berjalan pelan dan beberapa unsur cerita kurang dijelaskan lebih dalam.

Protagonis kita kali ini bisa dibilang naif. Ia suka menolong banyak orang dan melawan musuh yang jelas tidak bisa ia menangkan. Meski begitu, beberapa arc menceritakan karakter sampingan yang lebih menarik.

Jika kamu lebih mementingkan art dibanding cerita, maka manhwa ini cocok untuk kamu baca.

// Kill The Hero [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: キル・ザ・ヒーロー; 킬더히어로
  • Author: D-Dart
  • Artist: Cartoon Life
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Suatu hari, dunia berubah menjadi sebuah game. ‘Dungeon’ dan ‘monster’ muncul di tengah kota, dan ‘player’ yang telah menerima ‘authority’ dewa muncul. Se-jun Lee, guildmaster dari Guild Messiah yang akan membawa keselamatan bagi dunia. “Mari kita selamatkan dunia bersama. Mari kita akhiri mimpi buruk ini.” Seluruh dunia merayakan kemenangan sang pahlawan, dan aku pun menjadi temannya.

Tapi… Dia bukan pahlawan atau mesiah seperti dunia memanggilnya. Dia adalah seorang pahlawan penipu dengan ambisi rahasia untuk menguasai dunia. “jika bukan karenamu, aku tak akan bisa sampai sejauh ini.” Aku kehilangan nyawaku karena pedangnya di dungeon terakhir.… atau itulah yang ku pikir. Kata-kata yang ku dengar di telingaku ketika aku mati.

[Memulai game.]

Aku kembali ke masa lalu, kembali ketika aku masih belum bangkit menjadi ‘player’. Dan kali ini, giliranku …… Untuk ‘memburunya’.

  • Catatan:

Well, jika kamu suka Manhwa Solo Leveling, maka kalian juga mungkin suka manhwa ini (Soalnya mirip banget, serius!).

// Limit Breaker

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Horror, Supernatural, Tragedy
  • Alias: Beyond Max Level; Прорыв игрока; حد شکن; ยอดคนเลเวลทะลุ; 만렙돌파
  • Author: 성불예정; 홍실
  • Artist: MIN0
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Karena kesalahan yang tidak diketahui, Kim Kibong terjebak dalam Tes Kebangkitan selama 3000 tahun. Di dunia nyata, 10 tahun telah berlalu, dan dunia dikuasai oleh monster dan ruang bawah tanah. Pertempuran sekarang dimulai untuk Kim Kibong, yang kembali dengan level maksimal, untuk memulihkan dunia kembali ke keadaan semula.

  • Catatan:

Cerita dan tema yang cukup mainstream, namun dibumbui scene-scene yang lumayan gore. Jangan lupa akan genre Tragedy yang tertera di atas, karena apa yang kamu harapkan terjadi mungkin tidak selalu sesuai.

// Master Villainess the Invincible!

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Historical, Martial Arts, Romance
  • Alias: Akulah Antagonis Terkuat di Martial Art!; I'm a Martial Art Villainess, but I'm the Strongest!
  • Author: Will Bright
  • Artist: GA Bi-Nam, Yooani
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Seorang penulis novel romansa fantasi mengalami kecelakaan tabrak lari, tapi begitu sadar kembali, ia menyadari dirinya jadi Dang Haewon, pemeran pembantu dalam novel yang pernah ia baca. Namun, Dang Haewon adalah tokoh jahat dan kejam yang mencoba membunuh pemeran utama wanita demi mendapatkan pemeran utama pria hingga mengakibatkan dirinya terbunuh. Tidak mau nasibnya berakhir seperti itu, si penulis pun memanfaatkan semua informasi yang didapatkannya sewaktu membaca novel itu. Akankah dia berhasil mengubah nasibnya dan jadi tokoh terkuat di novel itu?

  • Catatan:

Bosan dengan manhwa beladiri yang MC cowok terus? MVtI hadir membawa kesan baru dengan MC-nya yang seorang gadis cerdik nan kuat.

Ceritanya ringan dan lumayan menarik untuk diikuti.

// Memorize [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: 记忆; 메모라이즈
  • Author: Ro Yu Jin
  • Artist: JH
  • Baca di: Pocket Comic (Official-ENG); Luminous (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Hall Plain, dunia lain di zaman modern. Suatu hari Kim Soo-hyun tiba-tiba dipanggil ke dunia Hall Plain setelah keluar dari militer. Setelah melewati banyak hal dia berhasil mencapai puncak, sepuluh tahun di Hall Plain juga diwarnai oleh masa lalu yang menyedihkan. Untuk mengubah masa lalu yang menyedihkan itu, Kim Soo-hyun memutuskan untuk menggunakan kekuatan ‘Code Zero’ untuk membalikkan waktu 10 tahun yang lalu.

  • Catatan:

Memorize merupakan salah satu manhwa generasi pertama yang mengusung sistem fantasi dan sistem elemen game. Menceritakan sang MC yang berhasil bertahan, namun ia gak mau sendirian. Jadi ia meminta agar waktu diputar kembali.

MC kita di sini merupakan tipe hensem dan badass, dan yang paling menarik adalah sifat penilaiannya yang terlalu over pada karakter lain.

// My Royal Awakening

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Drama, Fantasy, Historical, Supernatural
  • Alias: I Shall Lives As a Prince
  • Author: Dopamine, Kusa (구사)
  • Artist: Kim Tae-Hyung
  • Baca di: Lezhin Comics (Official-ENG); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Lee Hyun Ho, seorang pria biasa yang sedang mencari pekerjaan di Korea, telah bereinkarnasi menjadi seorang pangeran dari dinasti Joseon. Tapi sayangnya, dia bereinkarnasi menjadi Pangeran Agung Jinseong, adik dari raja tiran Yeonsan-gun!

Meskipun ia lulus dari sekolah yang layak, Hyun Ho kesulitan mendapat pekerjaan. Suatu hari, dia membuka mata setelah tertidur akibat menjalani kehidupan biasanya sebagai orang miskin, dan dia mendapati dirinya menjadi Pangeran Agung Jinseong dari abad ke-15. Karena dia sekarang adalah seorang pangeran kaya, rencananya adalah untuk menjalani kehidupan yang tinggi, tetapi… Dia mengetahui bahwa saudaranya adalah Yeonsangun, raja Joseon, yang terkenal sebagai seorang tiran gila!

Demikian seorang pencari kerja biasa memulai rencananya sebagai Pangeran Besar Jinseong untuk menjadikan si tiran Yeonsangun menjadi raja yang hebat dan untuk melindungi istrinya sendiri. 'Proyek perawatan mental Yeonsangun' yang tak terduga! 'Baiklah~~ Ayo ubah sejarah!'

  • Catatan:

Bagi kamu yang suka sejarah dunia, pasti tahu dong si Raja Tiran dari Dinasti Joseon? Raja yang tidak mempedulikan rakyatnya akibat dibutakan balas dendam. Ironisnya, sifatnya menjadi seperti ayahnya yang sangat ia benci, bahkan lebih buruk darinya. Banyak film dari Korea yang mengisahkan si Raja Tiran ini, dan sekarang kisahnya juga diangkat pada manhwa berjudul My Royal Awakening ini.

Seperti yang tertulis pada sinopsis, MC kita kali ini merupakan seorang reinkarnator dari masa depan. Dirinya yang tahu akan menjadi apa si Raja Tiran yang tidak lain kakaknya sendiri itu, mencoba membuatnya menjadi lebih baik, tidak haus akan balas dendam. Demi melindungi kehidupannya yang nyaman, istrinya yang cantik, dan dirinya sendiri.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

Jujur, feels yang kudapat saat membaca sama seperti saat menonton drama historical korea, yang mana sangat aku sukai. Plot cerita benar-benar menarik untuk diikuti, apalagi usaha sang protagonis yang mungkin kita anggap tidak terlalu berguna namun menjadi sebuah titik balik penting untuk masa depannya.

Namun seperti manhwa shounen kebanyakan, kita bisa melihat bahwa sang protagonis selalu menang, atau menjadi lebih baik. Di samping hal itu, di manhwa ini kita akan disuguhkan unsur drama politik dan masalah kekeluargaan yang intens dengan penggambaran yang bagus. Perasaan kamu mungkin akan campur aduk ketika membaca. Penokohan sang MC benar-benar diluar dugaan. Kamu mungkin akan merasa bosan, penasaran, semangat, kecewa, dan merinding saat melihat perbuatannya.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

// The Nuna at Our Office [HR | END]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Drama, Romance, Seinen, Slice of Life
  • Alias: My Office Noona Story; Office Noona; Our Office Story; The Story About My Office Noona; My Senior at the Office
  • Author: KIM Jane, Palmeiro
  • Artist: Redice Studio, Wasakbasak
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Ketika Manajer Son dipindahkan sementara ke departemen baru, kehidupan kantornya yang membosankan berubah. Di sana, dia bertemu Manajer Ahn, senior yang kompeten dan menawan.

Namun saat Manajer Son mulai lebih dekat dengannya, dia sadar bahwa ada alasan dibalik sifat kuat, mandiri, dan independen yang dimiliki seniornya. Segera, dia mulai mengerti kenapa hubungan kantor bisa menjadi rumit.

  • Catatan:

Jujur, aku suka banget manhwa ini. Alasannya simpel, aku cuman pernah berhubungan sama orang yang mirip dengan heroine-nya. Ironisnya, akhir hubungan kami hampir sama dengan akhir kisah manhwa ini. Tapi ya, ini curhat doang. Jadi gak usah ditanggapin, oke!

Yups, manhwa ini relate banget sama kehidupan. Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari sana. Jika kamu seorang pria yang single dan sedang mencari pasangan hidup, aku saranin buat mulai membaca manhwa ini deh. Karena manhwa ini memberikan pandangan kita sebagai seorang lelaki, terhadap perempuan yang sulit dimengerti.

Duh, jadi inget mantan lagi ya kan (huhu)....

// My Dad is Too Strong

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Sci-Fi
  • Alias: 我爸太强了; 아빠가 너무 강함
  • Author: GaebyeokS
  • Artist: Modain; Jayple Studio
  • Baca di: LeviatanScans (ENG), Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Lee Dojun, seorang pria biasa dengan kehidupan yang biasa. Suatu hari ia meninggal karena tertabrak truk, dan terbangun di dunia murim. Di sana, ia mendapat kekuatan untuk hidup kembali sehari sebelum ia mati, sehingga ia menjadi ahli beladiri terkuat dan disebut Heavenly Demon. Setelah itu, tanpa disadari ia terbangun kembali di rumah sakit, setelah dinyatakan koma akibat kecelakaan.

Sementara itu, Seol Yunhee merupakan putri dari kekasih kakaknya Lee Dojun. Setelah ibunya dan kekasih ibunya meninggal, ia tidak punya tempat untuk pulang. Di saat itulah ia menghubungi Lee Dojun, dan keduanya membuat kontrak untuk menjadi anak dan ayah....

  • Catatan:

Manhwa ini mempunyai alur cerita dan art yang biasa saja, tidak terlalu spesial. Meski begitu, manhwa ini cocok untuk dijadikan sebagai bacaan ringan dikala bosan.

// Nano Machine [HR]

Nano Machine - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Martial Arts, Sci-Fi
  • Alias: Nano Mashin
  • Author: Han Joong Wueol Ya
  • Artist: Guem Gang Bul Gae
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Cheon Yeo-woo merupakan anak ke-7 dari ketua sekte iblis. Ibunya hanyalah orang biasa, sehingga keberadaannya dianggap mengganggu pewaris lainnya. Hal ini mengakibatkan ibunya diracuni sehingga meninggal dalam penderitaan, dan ia menjadi target dari pembunuhan pewaris-pewaris lainnya.

Suatu hari, ia hendak dibunuh oleh sekelompok assassin yang dikirimkan salah satu pewaris dari sekte utama, sampai seseorang muncul dan menyelamatkannya. Dalam ambang batas kesadaran, orang itu mengatakan sesuatu tentang dirinya yang dari masa depan dan keberadaan nano machine yang akan mengubah hidupnya. Sejak saat itulah kehidupan Yeo-woo berubah....

  • Catatan:

Banyak orang yang bilang bahwa Nano Machine itu Solo Leveling versi Martial Arts, dan temen-temenku banyak yang ngerekomendasiinnya. Sayang, aku belum dapet mood buat baca. Masukin list dulu aja deh (hehe~).

UPDATE!
Kemarin aku baru selesai marathon sampai chapter 98, dan hasilnya benar-benar memuaskan. Art-nya benar-benar memanjakan mata dengan alur cerita yang uwah, sangat mengesankan!

Dari 98 chapter ke bawah ini, fokus cerita kepada MC yang mengembangkan kemamampuannya selagi balas dendam. Aku sendiri gak ngerasa bosan saat baca, bahkan dibikin ketagihan sampe gak bisa berhenti (tau-tau udah sampe update chapter terakhir aja wkwk).

Aku sempat merasa aneh sih kenapa ada genre adventure yang disertakan, karena saat membaca 98 chapter ini kebanyakan fokus cerita berada di akademi beladiri sekte iblis. Namun sepertinya ini masih permulaan saja, mengingat kebanyakan cerita beladiri selalu ada arc di mana sang MC berkelana di dunia murim. Selain itu, layaknya kebanyakan cerita beladiri, di Nano Machine juga ada unsur komedi dan sub romantic plot di dalamnya. Jadi cerita tidak selalu kaku ya guys, sehingga kita sebagai pembaca enggak merasa bosan.

// Omniscient Reader [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Psychological, Supernatural
  • Alias: Omniscient Reader's Point of View; Omniscient Reader's Viewpoint; Ponto De Vista De um Leitor Onisciente; Punto De Vista De Lector Omnisciente; อ่านชะตาวันสิ้นโลก; 全知的な読者の視点から; 全知的讀者時點; 全知讀者視角; 全知读者; 全知读者视角; 全讀時; 전독시; 전지적 독자 시점; 전지적독자시점
  • Author: sing N song, UMI
  • Artist: Redice Studio, Sleepy-C
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Flame-Scans (ENG)
  • Sinopsis:

“Ini adalah perkembangan yang kutahu.” Saat dia berpikir kalau, dunia sudah hancur, dan alam semesta terbuat kembali. Kehidupan baru seorang pembaca biasa dimulai di dalam dunia novel, sebuah novel yang sudah dia selesaikan sendiri.

  • Catatan:

Omniscient Readers menceritakan MC yang dunianya berubah menjadi seperti dunia di novel yang dibacanya. Ceritanya menarik dan temanya unik, di mana dunia MC itu seperti halnya platform streaming. Ada pengurus channel, pemain, penonton, dan sebagainya.

// Overgeared

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Game, Martial Arts, Slice of Life
  • Alias: OVERGEARED (Team Argo); Kekuatan Item; テムパル〜アイテムの力〜; 装备我最强; 템빨 (Team Argo)
  • Author: Lee Dong Wook
  • Artist: Team Argo
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Tapas (Official-ENG); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Shin Youngwoo punya kehidupan malang, dia bekerja sebagai kuli bangunan tapi cuma bagian angkut bata saja, dan dia juga harus bekerja di dalam Game VR. Tapi kemalangan itu berakhir setelah “Grid”, karakter si Shin Youngwoo ini mendapat buku aneh dan menjadi Player Legendaris.

  • Catatan:

Jika kamu menyukai Sword Art Online dan Solo Leveling, maka kamu mungkin juga suka Overgeared ini. Webtoon yang di adaptasi dari LN dengan judul yang sama, dan LN tersebut pernah berada di top rank Wuxia World.

// Reverse Villain

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Drama, Supernatural
  • Alias: リバースヴィラン; 리버스 빌런
  • Author: Gondrigogo, HAN Yeo-Leum
  • Artist: Hamok
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); MMScans (ENG)
  • Sinopsis:

Jungwoo terjebak dalam siklus reinkarnasi bersama musuh bebuyutannya, Shinryong. Sejak ia masih kecil, ia bermimpi untuk menjadi kuat dan menguasai Murim. Akan tetapi, segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan yang ia rencanakan. Shinryong selalu mengalahkannya di setiap kesempatan. Pada tiitik ini, Ha Jungwoo telah bereinkarnasi lagi sebanyak 5 kali dan dikalahkan lagi. Saat ia bereinkarnasi yang ke-6, ia dilahirkan ke dunia modern. Terlahir ke dunia yang baru, mengubah tujuan Jungwoo, karena tidak ada Murim di dunia modern. Tapi, dia terus berlatih untuk mengalahkan Shinryong. Pada akhirnya, dia memprioritasakan tujuan untuk menjadi lebih kuat dan mengalahkan Shinryong, sambil beradaptasi di dunia modern, di mana ia memiliki keluarga dan pergi ke sekolah seperti orang normal pada umumnya.

  • Catatan:

Sebuah manhwa yang memperlihatkan nuansa dunia beladiri di dunia modern. MC kita kali ini merupakan seorang villain yang selalu dikalahkan. Yah, tipikal cerita martial art deh.

// Rooftop Sword Master [END]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Drama, Fantasy
  • Alias: Oktapbang Sword Master
  • Author: Kim Ui-Kwon, Yoon Sun Young
  • Artist: KIM Ui-Gwon
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Arang Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Saeyouing dibully 8 teman sekelasnya hingga koma sembilan bulan lamanya. Setelah bangun, ia harus menghadapi kenyataan pahit bahwa kedua orang tuanya bunuh diri untuk mendapatkan keadilan atas hal yang menimpanya.

Hasilnya, investigasi dibuka kembali dan teman-teman yang membulinya dihukum. Namun Saeyouing tidak bisa menahan amarah dan ketakutannya akan ketidak-adilan dunia. Di akhir ia menjadi anti sosial yang menutup diri di rumahnya.

Matahari terbit dan tenggelam, musim silih berganti, dan ia belum pernah keluar dari rumahnya. Suatu hari, tiba-tiba suara aneh terdengar dari luar yang membuatnya mulai membuka pintu...

Di tangah atap depan pintunya terlihat sebuah pedang raksasa dengan emboss bertuliskan "Pedang Ksatria",.

  • Catatan:

Sebuah manhwa pure menceritakan balas dendam. Kita bisa melihat MC yang berubah dan haus darah akan musuh-musuhnya. Siapapun yang menghalangi akan ia lawan. Namun ia tetaplah manusia, orang-orang yang menghalangi namun bukan targetnya tetap ia beri kesempatan lebih dulu. Selebihnya bantai habess!!!

// Solo Glitch Player

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: Bug Player; Solo Bug Player
  • Author: Cheongcho, Inkhead
  • Artist: Kimint, Odungdung
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Taepung Shin tahu setiap sudut dan celah dari game MMO favoritnya, Paradiso. Namun perjalanan gamingnya harus berakhir setelah kematiannya yang tak terelakkan.

Sebuah keajaiban pun terjadi, ia bereinkarasi menjadi keturunan bangsawan di area bersalju, Jared... di Paradiso1 Sekarang ia harus memberanikan diri dan memanfaatkan semua bug yang ia ketahui agar dapat menjadi karakter utama di petualangan solonya!

  • Catatan:

Mungkin agak mainstream dari berbagai hal, tapi ceritanya lumayan menarik untuk diikuti.

// SSS-Class Revival Hunter [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Supernatural
  • Alias: SSS 級自殺 Hunter; SSS-Class Hunter That Needs To Die To Live; SSS-Class Suicide Hunter; SSSCSH; SSS級死而復生的獵人; SSS급 자살헌터; SSS급 죽어야 사는 헌터; شکارچی با مهارت خودکشی سطح SSS; นักล่าพลีชีพ ระดับ SSS; 死して生きるSSS級ハンター
  • Author: Neida, Sinnoa
  • Artist: Bill K
  • Baca di: Kakaopage (OFficial-ID); Tapas (Official-ENG); Reaper Scans (ENG); ITS YOUR RIGHT MANHUA (ENG)
  • Sinopsis:

"Aku menginginkan skill Rank-S juga! Aku sangat menginginkannya, aku rela mati untuk mendapatkannya!" Tiba-tiba menara mengabulkan permintaannya.
[Kamu telah membangkitkan skill S-Rank.]
[Tapi itu hanya bekerja saat kamu mati.]
"HUH !? APA GUNANYA MENDAPATKAN SKILL INI JIKA AKU MATI !?"

  • Catatan:

Mirip seperti FFF-Class Trashero, manhwa ini condong ke aksi dan komedi. Serta jangan lupa persamaan besar keduanya, yaitu MC yang sinting!

// Taming Master

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: The Taming Master; 테이밍 마스터
  • Author: ARC Studio, Park Taesuk
  • Artist: Bing Bing Go
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Asura (ENG)
  • Sinopsis:

Game VR paling terkenal di dunia, ‘Kaillan’. Seorang pecandu game bersertifikat yang terkenal di dunia maya, Ian. Meskipun memiliki karakter Archer Level 93 di papan peringkat teratas Kaillan, Ian memutuskan untuk menghapusnya meskipun semua orang di sekitarnya menyuruhnya untuk tidak melakukannya. Semua untuk dikonversi ke Hidden Class yang didapatnya secara kebetulan. Class yang dia pilih adalah Class paling tidak berharga di Kaillan, Class Summoner. Jika dia ingin menghindari F di perguruan tinggi, dia harus naik level ke level sebelumnya dalam waktu dua bulan … Kaillan terkenal karena sistem levelingnya yang sangat kejam, di mana dikatakan membutuhkan waktu lebih dari setahun untuk mencapai level 100. Perjuangannya untuk mencapai level 93 hanya dalam dua bulan terungkap … Leveling dengan cepat, menyeluruh, dan gigih. Legenda ‘Taming Master’ dimulai!

  • Catatan:

Another game VR story manhwa. Tema yang diusung manhwa ini cukup mainstream. Jika kamu pernah membaca beberapa manhwa genre game sebelumnya, maka kamu dapat merasakan cerita yang agak familiar.

Dari segi cerita enggak terlalu menarik, namun bisa untuk menghibur waktu. MC kita dibekali plot armor dan keberuntungan yang cukup tinggi. Art-nya lumayan bagus, mungkin standar art bagus tahun 2022 ini.

Banyak yang bilang manhwa ini versi KW-nya manhwa TLMS, jadi mungkin bisa mengobati kebosanan kalian yang menunggu hiatus TLMS berakhir.

// Teenage Mercenary [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Drama, Romance, School Life, Sci-Fi
  • Alias: High School Mercenary; High School Soldier; Ipagyongbyeong; Mercenary Enrollment; พี่ชายสายบอดี้การ์ด; 入學傭兵; 少年佣兵; 입학용병
  • Author: YC
  • Artist: Rakhyun
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Yu Ijin adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat saat dia masih kecil. Setelah menjadi tentara bayaran untuk bertahan hidup selama 10 tahun, ia kembali ke keluarganya di kampung halamannya.

  • Catatan:

Manhwa ini mengingatkanku pada drakor aksi yang populer, seperti Vagabond dan K2. Mungkin kalau diadaptasi ke dalam bentuk drama live-action, manhwa Mercenary Enrollment bisa menyamai kedua drakor tersebut (IMO).

Alur ceritanya maju mundur, yang selalu bikin gregetan! MC kita sudah OP dari awal cerita, namun kadang ada chapter flashback yang menceritakan usahanya agar bisa menjadi kuat seperti masa kini.

Manhwa ini cocok banget deh buat kaum hawa. MC-nya hensem, ada psikopat, ada CEO, ada cewek populer, ada artis, wah... pokoknya yang biasanya disukai ciwi-ciwi ada di manhwa ini. Tapi bukan berarti cowo-cowo enggak bakalan suka ya. Cuman saranku, buat kamu para kaum cowo jones jangan baca deh. Entar malah iri, atau ngayal yang enggak-enggak (teehee~).

// The Archmage Returns After 4000 Years

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: 4000年ぶりに帰還した大魔導士; 4000年后重生异世界的大魔导师; 4000年後重生的大魔導士; 4000년 만에 귀환한 대마도사; Kembalinya Sang Archmage Setelah 4000 Tahun; The Great Mage Returns After 4000 Years; มหาจอมเวทผู้กลับมาอีกครั้งหลัง 4000 ปี
  • Author: Barnicle, Nakhasan
  • Artist: KD-DRAGON, Redice Studio
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Tapas (Official-ENG); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Siswa terburuk dari akademi westord, aib keluarga Blae. Jiwa baru memasuki tubuh Frey Blake yang tak bernyawa, anak lelaki yang tidak bisa kuat dengan kehidupannya yang menyakitkan dan memilih mati. “Ada apa dengan tubuh ini? Aku harus memeriksa setiap detail kecilnya. ” The Great Mage Lucas Traumen. Dia mendapat kesempatan membalas dendam dengan mendapatkan daging dan tulang-tulang Frey Blake! Dan sekarang mulailah petualangan menarik dari Great Mage yang kembali setelah 4000 tahun!

  • Catatan:

Cukup seru untuk menghabiskan waktu.

// The Grand Mudang Saga [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Fantasy, Martial Arts
  • Alias: Mudang Gihyeob; MUGANG : The Path of Shaman; Path of the Shaman; Shamanism; Wandering Warrior of Wudang; Wudang's Cheater Martial; 무당기협
  • Author: Eunyeol
  • Artist: Hwaram
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Malaikat kematian telah memanggil namanya 3 kali karena dia sebentar lagi akan dibawa ke akhirat,
“Hyeokyeon Mugang.”
“Hyeokyeon Mugang.”
“Hyeokyeon Mu…”

Baxxngan!
Aku ingin hidup lebih lama lagi, jadi pergi sana sialan!!!!!
Aku langsung menelan bullochos dalam keadaan putus asa, dan walaupun aku tidak percaya khasiat obat ini, entah bagaimana aku bisa selamat. Ketika aku membuka mataku sambil berpikir kalau ini bukan mimpi semata, “Tetua macam apa ini yang mengelilingiku?!” “dimana ini?” “Gunung Shaman, Asosiasi Shaman?!!!!!”

Selain itu, aku telah merasuki seorang anak laki-laki yang setia menjalankan tugasnya di sini. …bukankah ini gila?! aku kan.. aku kan.. orang yang terkuat di dunia, aku, sang penguasa yang bernama hyokryeon mugang!!! dasar bajinganㅠㅠㅠ apa-apaan ini!! yah, karena sudah terlanjur begini mari menjadi murid hebat dari faksi Wudang dan mari coba untuk tenang. kalau begitu, mari kita memulai lagi dengan bajingan ini. hahaha. kekejaman dari seorang master yang mempunyai sifat bajingan, tanpa rasa toleransi, kebijaksanaan dan kehidupan tanpa batas. Kisah Heroik

  • Catatan:

MC disini badass banget, anti naif-naif club. Selain itu, tingkah MC selalu menghibur dan temen-temennya juga kocak-kocak. Seru deh buat dibaca!

Dari segi alur cerita, manhwa ini lebih memantapkan pendalaman setiap karakter penting sebelum meluaskan cerita ke konflik lainnya. Art-nya juga bagus, setiap battle scene bisa dinikmati dengan baik.

Oh ya, kalau dipikir-pikir MC di manhwa ini cukup mirip sama MC-nya manhua Magic Emperor. Kalo kamu salah satu fansnya si raja iblis sableng Zhuo Fan, cobalah untuk membaca manhwa ini.

// The Max Level Hero Strikes Back

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Max Level Hero Is Making a Comeback!; The Max Level Hero Has Returned!; The Max Leveled Hero Will Return!; 最終レベル英雄のご帰還; 英雄大人滿級回歸; 顶级英雄归来; 만렙 영웅님 께서 귀환 하신다!
  • Author: Devil's tail
  • Artist: Yudo
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG)
  • Sinopsis:

Ada seorang pangeran lemah dari kerajaan rendahan bernama Davey. Setelah dia jatuh koma, jiwanya dialihkan ke kuil tempat para pahlawan. Dia dilatih oleh para pahlawan dan mencapai level tertinggi, sampai akhirnya dia kembali! Dia bilang “tunggu saja kalian, aku pasti akan menghadapi kalian semua!” Sebuah kisah menyegarkan~ kehidupan royal dan aksi balas dendam oleh sang pangeran telah dimulai.

  • Catatan:

Cerita menarik didukung art yang cukup baik, namun sayang penokohannya terkesan datar. MC sendiri sangat kuat, badass, dan agak naif. Awal-awal chapter memang seru, tapi semakin kesini semakin biasa saja. Semoga kedepannya tambah seru!

// The Max Level Returner

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Alias: Max Level Returner; 俺一人だけカンストレベル帰還者; 나 혼자 만렙 귀환자
  • Author: Honey (허니)
  • Artist: Lee Ji-deuk
  • Artist: Vertwo
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Flame-Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

120 Juta orang menghilang di seluruh penjuru dunia. Quest akhir dengan hadiah penyelesaian ‘return’ dimulai. Yoon Sang-Hyuk menjadi orang pertama yang berhasil menyelesaiakan survival game terparah setelah 22 tahun. Sekarang, orang yang dikenal terkuat di antara yang lain telah kembali. Dia mendapatkan hadiah yang orang lain tidak dapatkan. 「kembalinya ‘Masked Monarch’.」 sendirian levelku maximum, sendirian itemku melimpah, sekarang aku sendiri!

  • Catatan:

Mengisahkan MC yang menjadi satu-satunya orang bertahan di survival game selama 22 tahun. Ia tidak mengetahui kalau orang-orang yang mati di game itu kembali ke dunia, sampai ia merasakan hal itu sendiri. Namun siapa sangka, monster-monster dari game juga ikut terpanggil ke dunia, dan kali ini ia yakin kalau mati di dunia sama dengan mati sebenarnya!

Lumayan menghibur di waktu luang.

// The Rebirth of an 8th-Circled Mage

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: 8서클 마법사의 환생; Rebirth of the 8-Circled Mage; The Rebirth of an 8th Circled Wizard; The Rebirth of an 8th-Circled Wizard; Возрождение архимага 8 круга; تولد دوبارهی جادوگر ۸ حلقه
  • Author: Inus Studio, Jari
  • Artist: Chleo
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Reaper Scans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Henry Morris adalah penyihir 8 lingkaran yang merupakan legenda- salah satu bapak pendiri yang membantu temannya menjadi raja dari kerajaan yang bersatu. Setelah putranya mengambil alih tahta, Henry dieksekusi dengan tuduhan palsu memimpin pemberontakan melawan kekaisaran. Dia kemudian terbangun di tubuh Henry Morris muda, anak tertua dari keluarga baron, yang kebetulan juga memiliki nama yang sama. Henry mengubah hidupnya dengan mempelajari kembali sihir dan juga ilmu pedang untuk menjadi pendekar pedang sihir pertama, semua demi balas dendam.

  • Catatan:

Ceritanya cukup menghibur dan lumayan seru untuk diikuti. Sesuai sinopsis, sang MC bertujuan untuk balas dendam dan menyelamatkan kekaisaran dengan berpetualang mengembalikkan kekuatannya sambil mempelajari hal-hal baru.

Satu hal yang bikin aku kesel tapi juga salut adalah sifat ke-orang-tuaan si MC yang berhasil author perkuat. Ya, MC kita di sini sudah kaker-kakek, namun meski kembali ke masa muda lagi, sifat boomernya enggak hilang. Jadi curiga kalo authornya juga kakek-kakek (wkwk).

// The Villainess Lives Again

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Fantasy, Magic, Romance
  • Alias: La vilaine vit deux fois; La vilaine vit encore; La villana vive dos veces; The Villainess Lives Twice
  • Author: HAN Mint
  • Artist: Peachberry
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Tappytoon (Official-ENG)
  • Sinopsis:

“Tia, saudaramu harus melakukannya demi kebaikanmu.” Dengan melakukan segala macam tindakan jahat, dia menjadikan saudaranya kaisar. Tapi dedikasinya malah dianggap pengkhianatan. Di ambang kematian, orang yang mengulurkan tangan membantu adalah musuh bebuyutannya, Grand Duke Cedric yang baik.

  • Catatan:

Manhwa shoujo dengan cerita yang ringan. Cocok dibaca kaum hawa dan para jones di luar sana yang kehabisan bahan bacaan (hehe).

// Trash of The Count's Family [HR]

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: I Became the Countess Fool; Je suis devenu le Voyou de la famille du Comte; Pembuat Onar di Keluarga Count; Trash Count; Trash of the Count's Family; Я стал графским ублюдком; อันธพาลแห่งตระกูลเคานต์; 伯爵家の暴れん坊になった; 成为伯爵家的废物; 成为伯爵家的混混; 變成伯爵家的混混; 백작가의 망나니가 되었다
  • Author: Byeol Narae, Yu Ryeo Han
  • Artist: PAN4
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); LeviatanScans (ENG); Luminous (ENG)
  • Sinopsis:

Ketika aku membuka mata, aku berada di dalam novel. Tidak hanya itu, aku berada di dalam tubuh sampah keluarga bangsawan yang terkenal … Dan protagonis yang sangat kuat, Choi Han, yang memukuliku sampai babak belur di dalam novel akan segera tiba.

  • Catatan:

Bertemakan kerajaan di dunia fantasi. Karena jadi villain, MC kita gak pengen kena death flag dan ingin menjalani hidup keduanya dengan bahagia. Tapi tidak semudah itu, Ferguso!

Art-nya oke, ceritanya juga menarik, tapi kok... kayak ada yang kurang gitu…? Baca aja dulu deh (wkwk).

// Worn and Torn Newbie

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2020
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: The Worn and Torn Newbie; 元ガチ勢、初心者に生まれ変わる; 全裸菜鸟在异世界被摩擦; 닳고 닳은 뉴비
  • Author: Bonui
  • Artist: Redice Studio
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Asura (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

15 Tahun sebelum penutupan layanan. akhir yang cuman diketahui olehku. ‘aku veteran’.

  • Catatan:

Manhwa yang agak mirip sama manhwa The Legendary Moonlight Sculptor. Bedanya di sini MC-nya kismin tapi gak tau diri. Meski begitu, kalo masalah game-mah, wiih jagonya cuy. Lumayan menghibur di waktu luang.


Laman berikutnya: Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019

// Descent of the Demon Master

Descent Of Demon Master - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Supernatural
  • Alias: The Descent of the Demonic Master; Şeytani Egemenin Düşüşü (TR); Нисхождение демонического мастера; نزول السيد الشيطاني; 마존현세강림기
  • Author: Wolbaek
  • Artist: Mayolang
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Alpha Scans (ENG); LeviatanScans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Kehidupan pertama. Setelah kecelakaan tragis dan kehilangan keluarga dan dia juga kehilangam kakinya, ia mengakhiri hidupnya sendiri. Lalu di Kehidupan kedua. Dia mendapatkan ketenaran sebagai Master Setan Merah di Zhongyuan, tetapi dikhianati oleh orang yang paling dia percayai. Dan sekarang tiba di kehidupan ketiganya. Dalam kehidupannya di dunia modern, Gang Jinho memutuskan untuk hidup normal … Namun, ia terlalu terbiasa dengan kehidupan Zhongyuan untuk menjadi orang bar-bar! “Aku ingin hidup dengan damai. Tapi kaulah yang memulainya. Saya harap Anda siap untuk ini. ‘ Di depan ancaman kehidupan barunya, bisakah Gang Jinho melepaskan dorongan hatinya sebagai Master Setan Merah dan mendapatkan ‘kehidupan normal’ yang diinginkannya? Kisah adaptasi seorang seniman bela diri legendaris di abad ke-21!

  • Catatan:

Jadi MC di sini hidupnya nyusahin abis kecelakaan, terus meninggal dan reinkarnasi ke dunia bela diri dan menjadi orang yang kuat dan disegani. Tapi akhirnya dia dikhianati dan mati, lagi, reinkarnasi lagi ke dunia awalnya sebelum dia ngalamin kecelakaan, dan kekuatannya dari dunia lain masih dia miliki. Ya begitulah, reinkarnasi emang tema yang mainstream, tapi kalo ceritanya enggak mainstream ya otomatis bakalan seru juga. Sayangnya manhwa ini temanya mainstream dan ceritanya juga mainstream. MC polos dan OP, yang dikejar-kejar cewek. Udahlah, gak cocok buat dibaca jones!

// Latna Saga: Survival of a Sword King [HR]

Latna Saga - Survival Story of The Sword King - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: Survival Story of a Sword King in a Fantasy World, Survival Story of a Sword King, The Survival Record of the Sword King in Another World; Otherwordly Sword King's Survival Records
  • Author: Soon-Q, YKB
  • Artist: Soon-Q, Studio Khit
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); LeviatanScans (ENG); Luminous (ENG); Ngomik (ID)
  • Sinopsis:

Ryu Han-bin tiba-tiba dipindahkan ke dunia lain setelah baru saja menyelesaikan wamil. Ia diberikan tujuan untuk bertahan hidup dan menjadi lebih kuat di sebuah dunia yang penuh akan monster anjing. Masalahnya, "Guideline" yang harusnya memandu Han-bin malah error, sehingga ia terjebak di dunia yang penuh anjing itu…

  • Catatan:

Manhwa isekai yang lumayan mainstream, dimana mc-nya superkuat, tidak terkalahkan, dan tampan. Oke, enggak sepenuhnya bener sih. Jadi, mc kita kali ini ditransfer ke dunia lain, lalu terjebak di tahap tutorial. Nah, dia seharusnya udah keluar dari tahap itu setelah mencapai level 5, namun sistem "guideline"-nya error. Hari demi hari dia habiskan dengan penderitaan di sana. Alhasil, setelah berhasil ke level 5, ia menjadi level 5 yang di atas rata-rata.

Sayangnya, mc kita ini bukan mc ideal para ciwik. Bukannya tampan, ia malah jadi pria kekar kulit item yang jarang pake baju. Anggap orang barbar aja dah. Dari segi cerita, manhwa ini sangat menarik untuk diikuti. Fokus cerita lebih condong ke petualangan, aksi dan komedi. Didukung dengan art yang di atas standar, dengan penggambaran yang bagus sejak awal chapter.

WARNING: TRAP ATTENTION!

// Legend Of the Northern Blade

Legend Of THe Northern Blade - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Martial Arts, Romance
  • Alias: The Legend of the Northern Blade
  • Author: Woo-Gak
  • Artist: Hae-Min
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); LeviatanScans (ENG); Luminous (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Ketika dunia diliputi kegelapan oleh ‘Silent Night’, Seniman Bela Diri dari seluruh tempat berkumpul untuk membentuk ‘Sekte Surgawi Utara’. Dengan kekuatan luar biasa dari Sekte Surgawi Utara, Silent Night didesak mundur jauh dan orang-orang mulai menikmati kedamaian sekali lagi. Namun, seiring berjalannya waktu para seniman bela diri dari daratan mulai berkonspirasi melawan ‘Sekte Surgawi Utara’, dan akhirnya menyebabkan kematian Pemimpin Sekte Generasi Keempat, Jin Kwan-Ho. Ketika semua orang meninggalkan sekte, putra satu-satunya Jin Kwan-Ho, Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak pernah belajar apapun tentang seni bela diri, tetapi ia akhirnya menemukan Teknik Martial diam-diam ditinggalkan oleh ayahnya dan mulai memperoleh seni bela diri dari Sekte Surgawi Utara. Lalu suatu hari, seorang gadis misterius muncul di hadapan Mu-Won … !!

  • Catatan:

Salah satu manhwa yang berlatarkan di dunia murim, di mana ahli beladiri berkeliaran dan terdapat sekte-sekte yang kuat. MC kita merupakan tipe orang yang bodo amat. Fokusnya cuman mencapai tujuannya aja, selebihnya ia gak terlalu peduli.

Manhwa ini mempunyai premis cerita yang anti mainstream dengan tipikal komik martial arts kebanyakan, didukung dengan art-nya yang unik dan semakin berkembang. Aku pribadi sangat merekomendasikannya, namun itu jika kamu suka cerita tema ahli beladiri.

// Mookhyang - Dark Lady

Mookhyang Dark Lady - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Gender Bender, Martial Arts, Mystery
  • Alias: MukHyang - Dark Lady; Мукхян - Дарк Леди; موک هیانگ - بانوی تاریکی; มุกฮยาง ดาร์กเลดี้; 墨剑留香; 묵향 다크레이디
  • Author: JEON Dongjo, LEE Jae-Heon
  • Artist: KUKIT
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Luminous (ENG); Ngomik.In (ID)
  • Sinopsis:

Sebagai master dari School of Unholy Arts dan sebagai iblis tak bertopeng yang tidak terkalahkan, MookHyang sayangnya jatuh ke dunia fantasi yang aneh oleh sihir musuh-musuhnya (School of Blood Arts). Di dunia baru peri, penyihir, ksatria, dan naga, petualangan MookHyang untuk menemukan jalan kembali ke dunia lamanya (Murim) terbuka.

  • Catatan:

Sequel dari seri Mookhyang The Origin. Nah, kalau di prequelnya si MC itu dingin dan kueren uabiss, di sini dia udah mulai terbuka. Sayangnya, DIA JADI ***** oyyy. Tapi ceritanya lebih seru sih daripada prequelnya (imo). Semoga kedepannya dia jadi ***** lagi.

// My Uncle Is a Superstar

My Superstar Uncle - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Comedy, Drama, Fantasy, Romance, Slice of Life
  • Alias: My Superstar Uncle
  • Author: HUH Wonjin
  • Artist: Nopni
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Imperfect Comic (ENG); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

"Kami akan membuat mimpimu menjadi kenyataan."

Woojin terpaksa menyerah akan mimpinya untuk menjadi seorang penyanyi karena menjadi tulang punggung keluarga. Suatu hari, dia menerima sebuah robot AI yang berkata akan mewujudkan impiannya. Dari seorang tukang kayu menjadi superstar -- akankah Woojin mewujudkannya?

  • Catatan:

Suatu hari selepas kerja, kamu jalan-jalan gak jelas lalu duduk di bangku pinggir jalan. Kamu melihat bintang jatuh di awan, lalu tiba-tiba bintang itu mendatangimu dan bilang "Skuylah, mau jadi CEO ya kita gasskan!".

Kamu kaget, namun mengabaikannya. Dalam hati kamu berpikir itu hanya hayalan. Namun di hari esok kamu terbangun, hidupmu telah berubah 361 derajat.

Ya, semuanya berjalan lancar sampai kamu berhasil menjadi CEO. Kamu menjadi terkenal, wajahmu terpampang di majalah Forbes, identitas kamu dimasukin ke daftar Crazy Rich Asian, mantan-mantan kamu mulai nelpon kamu lagi, temen-temen kamu mulai berdatangan buat minjem duit, dan masih banyak hal mengagumkan lainnya.

Lalu apa hubungannya sama manhwa ini? Jadi aku mau bilang,
take it easy bruh!
Gak perlu ngayal berlebihan. Hidup kamu sekarang tidak lain karena usaha kamu sendiri. Gak puas? Ya usaha lagi dong.

Oke, kalem brosis, kalemm... Aku cuman mau bilang kalo manhwa ini punya premis cerita yang ringan. Cocok untuk dibaca saat waktu luang.

Udah gitu aja.

// Past Life Regressor

Past Life Regressor - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
  • Alias: REINCARNATOR; 전생자
  • Author: NA Min-Chae
  • Artist: CHA Yong Un
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR)
  • Sinopsis:

Ini adalah cerita tentang hari kedatangan. Hari yang merupakan hari di mana monster dari dunia novel fiksi dan legenda kuno mengalir melewati retakan dimensi. Na Seon Hoo sebagai prajurit cadangan di dunia yang sedang darurat ini melihat semuanya dengan jelas. Ketika sekarat, ia menemukan pesan dari sistem yang menawarinya untuk mengulangi waktu. Ketika ia memilih tanggal kelahirannya, ia menemukan dirinya bangun kembali dalam tubuh masih bayi dan memiliki kesadaran dan bakat yang sempurna! Untuk menyelamatkan semua orang, ia perlu menyiapkan semua hal yang akan dibutuhkan. Akankah Na Seon Hoo akan berhasil menyiapkan segalanya sebelum hari kedatangan tiba?

  • Catatan:

Tipikal manhwa tema regressor kebanyakan. Ada dungeon, monster, sistem, dan sebagainya. Di season 1 yang mana belum lanjut lagi, manhwa ini lebih condong ke pembahasan ekonomi, jadi adegan gelud atau dungeon dan sebagainya belum ada. Meski begitu, plot ceritanya cukup menarik untuk diikuti.

// Return Survival [HR]

Return Survival - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Horror
  • Alias: Re: Survival; Выживание с нуля; 末日重启; 리턴 서바이벌
  • Author: Yeonwoosol
  • Artist: Kim Moo-hyun
  • Baca di: Copin Comics (Official-ENG); Alpha Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Apakah dunia kembali ke enam bulan yang lalu? Apakah ini peluang atau pengulangan penderitaan? Sebuah malapetaka, dimana virus menghantam Bumi dan mengubah manusia menjadi Zombie! Tiga tahun untuk bertahan hidup dalam kehancuran dan keputusasaan melalui puluhan krisis kematian di planet yang runtuh! Pada akhirnya, aku tidak bisa bertahan, aku melawan gerombolan zombie dan meninggal. Dan… ketika aku membuka mataku lagi… aku berada di masa lalu, enam bulan sebelum virus zombie menyebar ke dunia! Dalam enam bulan kedepan, dunia yang damai ini akan musnah, dan hanya aku yang mengetahuinya!

  • Catatan:

Salah satu tema favoritku, yaitu apokalips! MC di manhwa ini cukup garang dan badass, ditambah cerdas. Dia gak kenal ampun dan gak suka pandang bulu dalam bertindak. Ingatannya soal masa depan juga bikin dia bisa buat banyak strategi buat survive, walau kadang salah perhitungan juga. Awal-awal cerita memang agak membosankan, tapi selebihnya mulai seru dan menegangkan. Sisanya rasakan sendiri!

// Second Life Ranker [HR]

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Martial Arts, Supernatural
  • Alias: Nido Ikiru Rankaa; Ranker Who Lives a Second Time; Ranker Who Lives Twice; Ranker yang Hidup Dua Kali; Rebirth of the Strongest Warrior; The Ranker Who Lives Twice; Ранкер, который живёт второй раз; เกมชีวิตที่สอง ของแรงเกอร์; 二度生きるランカー; 重生归来的战士; 두 번 사는 랭커
  • Author: Nongnong, Sadoyeon
  • Artist: Nongnong
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Zero Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Yeon-woo memiliki saudara kembar yang menghilang lima tahun yang lalu. Suatu hari, arloji saku yang ditinggalkan oleh saudaranya kembali ke miliknya. Di dalam, ia menemukan buku harian tersembunyi yang direkam “Pada saat kau mendengar ini, aku pikir aku sudah mati ….”

  • Catatan:

MC badass dan garang, siap embacok siapapun yang nyenggol dia. Temanya mirip-mirip Tower of God dan Solo Leveling, dimana player harus memanjat menara dan terdapat sistem yang mengaturnya.

// The Second Coming of Gluttony [HR]

The Second Coming Of Gluttony - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Alias: The Second Coming of Avarice; Второе пришествие обжорства; 탐식의 재림
  • Author: KIM Jong-il, Ro Yu-jin
  • Artist: Ahn Jonghyuk - Akeo Studio
  • Baca di: Kakaopage (Official-KR); Asura (ENG); LeviatanScans (ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Seorang penduduk bumi yang bertarung hingga kematian menjemputnya telah diberikan permohonan oleh dewa, apapun permohonan yang dia inginkan akan dikabulkan. Namun sayangnya keadaan berubah…

  • Catatan:

TSCoG merupakan sequel dari manhwa berjudul Memorize. Manhwa ini menceritakan seorang Earthling (petarung dari Bumi) yang sedikit demi sedikit mendapat ingatan-nya dari masa depan.

Meski sequel, TSCoG lebih dulu diadaptasi ke bentuk komik daripada Memorize. Art manhwa ini mengikuti zaman, dan art season 2 sudah bagus standar tahun rilisnya.

// Tomb Raider King [HR]

Tomb Raider King - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2019 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: King of Excavation; King of Thief; Tomb RaIder (Yoonz); Toukutsuou; 盗掘王; 盜墓王; 도굴왕
  • Author: SAN.G, Yuns
  • Artist: 3B2S, Redice Studio
  • Baca di: : Kakaopage (Official-ID); Tapas (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Makam Dewa mulai muncul di seluruh dunia. Karena relik di dalam makam ini, banyak yang bisa menggunakan kekuatan legendaris ini untuk diri mereka sendiri, sementara yang lain menjadi budak para pengguna ini. Namun, seorang Tomb Raider muncul dengan tujuan merampok peninggalan ini. The Tomb Raider King. “Sialan! Apa bajingan itu sudah menjarah tempat ini juga ?! ”Apa yang kau miliki adalah milikku. Apa yang aku miliki jelas milik miliku. Ini adalah kisah tentang Tomb Raider yang dihidupkan kembali yang akan melakukan apa saja untuk mengklaim semua makam dan relik untuk dirinya sendiri!

  • Catatan:

Ceritanya unik dan anti-mainstream. Bagi kamu yang suka sejarah dan mitologi, pasti suka manhwa ini.

MC kita di sini bisa dibilang cerdas, tapi kayaknya lebih tepat disebut sableng, deh (wkwk). Dia dikhianati rekan-rekannya dan mati, tapi karena kekuatan relik tertentu ia kembali ke masa lalu (yeah, regression time!).


Laman berikutnya: Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018

// A Returner's Magic Should be Special

A Returner's Magic Should Be Special - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Magic, Martial Arts
  • Alias: Magician who Reversing Time; Kikan-sha no mahou wa tokubetsudesu
  • Author: Yu So Nan
  • Artist: Uk Jag Ga
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Flame-Scans (ENG)
  • Sinopsis:

“Sekarang aku kembali, aku tidak akan membiarkan orang yang aku cintai mati lagi! “The Shadow LabyrinThe Shadow Labyrinth – mahkluk pembunuh yang paling mengerikan bagi manusia dalam sejarah.

Desir Arman adalah salah satu dari enam orang yang tersisa dari ras manusia. Keenam berupaya untuk membersihkan tingkat akhir dari labirin tetapi akhirnya gagal, dan dunia akan berakhir. Namun – ketika Desir mengira dia akan menemui ajalnya, apa yang terungkap di hadapannya adalah dunia … tiga belas tahun yang lalu ?! Desir dikembalikan ke masa lalu, kembali ke waktu ketika dia mendaftar di akademi sihir terbaik di negara itu – Havrion. Dia bersatu kembali dengan teman-temannya yang berharga, dan siap untuk mengubah masa lalu untuk menyelamatkan dunia dan orang-orang yang dicintainya …!Tiga tahun tersisa sebelum munculnya Dunia Bayangan! Ubah masa lalu dan kumpulkan rekan-rekan yang kuat untuk menyelamatkan umat manusia!

  • Catatan:

Menceritakan MC yang terjebak dan kehilangan segalanya di Labirin (dungeon break). Ketika dia berpikir akan mati, dia menjadi kembali ke awal mula sebelum terjadinya dungeon break.

Jika kamu suka tema regressor atau kembali ke masa lalu, aku yakin kamu bakal suka manhwa ini.

// Dark Mortal [END]

Dark Mortal - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Psychological, School Life, Supernatural
  • Alias: Kawan Kelam
  • Author: LEE Jeonyeok
  • Artist: LEE Jeonyeok
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Gangnam kehilangan orang tuanya saat kebakaran dan menjadi buta. Dia tidak bisa melihat apapun selain makhluk halusinasi bernama Kkamjang. Apakah Kkamjang sebenarnya halusinasi atau nyata?
‘Bekas lukamu, kedua matamu, dan… bahkan kekuatanmu! Aku akan mengubah segalanya untukmu.’

  • Catatan:

Dark Mortal menceritakan seorang anak yang bisa dibilang mempunyai penyakit skizofrenia. Dia mempunyai seorang teman yang hanya bisa dilihat olehnya sendiri. Meski disakiti, dibully, ditertawakan, semua itu tak apa baginya, karena temannya selalu bersamanya.

Setelah membaca catatan di atas, mungkin kamu mengira bahwa manhwa ini menceritakan seseorang yang selalu ditindas dan menjadi pecundang. Namun aku bilangin deh, twist di manhwa ini cukup banyak. Semua perkiraanmu saat membaca sinopsis dan beberapa chapter awal tidak sepenuhnya terjadi di chapter-chapter berikutnya.

Overall, manhwa ini seru, namun pengeksekusiannya terasa kurang. Lagian tamatnya cuman satu season, kok! Jadi ceritanya berlalu terlalu cepat. Saat baca chapter terakhir-pun aku gak tau kalo manhwa ini tamat sampe situ (wkwk).

// Dead Life [END]

Dead Life - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Horror, Sci-fi
  • Alias: 데드라이프
  • Author: Hooressha
  • Artist: Lim Jin-guk
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Sebuah webtoon bergenre horror yang mengisahkan kehidupan seseorang yang dulunya damai hilang seketika karena infeksi zombie. Apakah zombie ini akan menghancurkan atau menyelamatkan dunia..?!

  • Catatan:

Dead Life ini mempunyai premis cerita yang unik, didukung dengan art yang lumayan bagus. Cerita berfokus pada sang MC yang menjadi zombie setelah digigit gebetannya. TETAPI, meski berubah jadi zombie, dia masih punya akal! Yups, alurnya mirip seperti film zombie berjudul Warm bodies. Jadi tidak menutup kemungkinan bahwa zombie menjadi jenis manusia baru pada manhwa ini.

// Dice

https://www.youtube.com/watch?v=T8aHPrEr9sY
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Psychological, Romance, School Life, Slice of Life, Supernatural
  • Alias: Dice - The Cube that Changes Everything; DICE-骰子; DICE: The Cube that Changes Everything; Кости; نرد: المكعب الذي يغير كل شيء; 다이스 (DICE)
  • Author: Yun Hyunseok
  • Artist: Yun Hyunseok
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG)
  • MVs: The Star - The Rock Diamond; Goodbye Juliet - The Rock Diamond
  • Sinopsis:

Dongtae sedang berada di titik terbawah dalam hidup. Penampilan, kasta sosial, kehidupan, apapun itu. Tapi, itu semua dapat berubah. Jika kamu bisa mengubah hidupmu dengan bermain game, apakah kamu akan memainkannya?

  • Catatan:

Unsur psikologi manhwa ini cukup dalam. Bagi kamu yang suka cerita-cerita ringan yang menambah mood keseharianmu, maka membaca manhwa ini akan membantu (hwehwe).

WARNING!
Perasaan marah dan kesal mungkin terjadi saat membaca. Siapkan mentalmu!

// Dimensional Mercenary [HR]

Dimensional Mercenary - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy
  • Alias: Other World Warrior; Prajurit Dimensi Lain; Two-Dimensional Mercenary
  • Author: Keum-Ho
  • Artist: Jae-Hwan Kim, Valo
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Lynx Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Pengangguran berusia 30 tahun, Chul Ho Kang, membuat kesepakatan melalui situs loker aneh, yang membuatnya rela menjual jiwanya. Demi apa? Uang! Undangan ke dunia lain untuk menjadi masyarakat yang lemah dan tertindas agar mendapat kesempatan untuk mengubah nasib. Itulah misi yang diberikan kepada Chul Ho Kang.

  • Catatan:

Manhwa fantasi diengan bumbu drama yang cukup kental di dalamnya. Menceritakan seorang anti sosial dan pengangguran yang keluarganya terlilit hutang. Ya, MC kita sedang berada di titik terendah dalam hidupnya. Cukup banyak pelajaran kehidupan yang bisa kita petik dari manhwa ini.

Hal yang paling aku sukai dari manhwa ini yaitu MC yang tidak terlalu OP, di mana selalu ada tokoh yang berada di atasnya. Art manhwa ini terus mengikuti perkembangan zaman. Art-nya memang tidak bisa dibilang sangat bagus, di season 5 juga art-nya bisa dibilang masih standar art manhwa tahun 2022 ini.

// Dungeon Reset

Dungeon Reset - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: 副本重置; 重启地下城; 던전 리셋
  • Author: Daul
  • Artist: ANT Studio
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Flame-Scans (ENG); Reaper Scans (ENG); PojokManga (ID)
  • Sinopsis:

Setelah dimulai, dungeon melewati proses yang disebut “Reset Pengguna Berikutnya”. Mengapa proses reset ini tidak berlaku untukku ?! Aku adalah satu-satunya yang tersisa dari reset bawah tanah yang tak berujung ini. Dengan keterampilan sederhana dan senjata yang luar biasa, permainan Jung-down dimulai di dalam ruang bawah tanah.

  • Catatan:

MC di transfer ke sebuah dungeon berlantai dengan bakat yang biasa saja. Alhasil dia masuk perangkap dan ditinggalkan rekan-rekannya. Namun, dia enggak mati, malah dapet skill unik yang buat dia mampu memanjat ke level yang lebih tinggi (luck-nya guede banget dah). Sejauh yang kubaca, gak ada unsur romance di dalamnya, tapi petualangan kocak sang MC cukup menghibur.

// Eleceed [HR]

Eleceed - Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018
  1. Genre: Action, Comedy, Martial Arts, School Life, Supernatural
  2. Alias: 일렉시드
  3. Author: Son Jeho
  4. Artist: Zhena
  5. Baca di: LINE Webtoons (Official-ID)
  • Sinopsis:

Jiwoo merupakan orang yang polos dan baik hati. Ia suka memberi makan kucing-kucing liar dan berteman dengan mereka, karena ia selalu sendirian. Suatu hari, ia menemukan kucing yang penuh luka dan merawatnya. Anehnya, kucing itu mulai berbicara saat terbangun...

  • Catatan:

Orang baik akan dikelilingi kebaikan, itulah gambaran sang MC di manhwa ini. Karena bertemu kucing yang super badass (tapi gemuk), kehidupannya perlahan membaik. Tapi jangan berpikir ini manhwa slice of life, karena di manhwa ini banyak sekali adegan battle yang menegangkan.

Lah, bocah nolep kehidupannya membaik setelah ketemu kucing? Tapi genrenya action? Penasaran kan~? Baca aja dulu!

// FFF-Class Trashero [HR]

FFF-Class Trashero - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy
  • Alias: Jinkaku FFF-kyuu no Tame Maou Toubatsu Yarinaoshi ni Narimashita
  • Author: Farnar
  • Artist: Kkangmu
  • Baca di: Copin Comics (Official-ENG); Tappytoon (Official-ENG); Luminous (ENG); Kiryuu (ID)
  • Sinopsis:

Kang Han Soo, sang protagonis, berhasil membunuh Raja Iblis setelah 10 tahun terpanggil ke dunia lain. Sekarang waktunya ia dikembalikan ke Bumi. Tapi apa-apaan ini? Sang Dewi dunia lain muncul dan menunjukkan laporan hasil petualangannya. Karena dia menghilangkan seluruh beban yang mencegahnya membunuh Raja Iblis, nilai kepribadiannya hanya F. Hal itu membuatnya harus kembali ke dunia lain dan memulainya lagi dari awal. Bisakah Kang Han Soo menghentikan pengembalian berulang tanpa akhir ini?

  • Catatan:

Manhwa dengan art unik dan unsur komedi yang cukup kental. Btw si Kang Han Soo badass banged, tapi tingkahnya kek orang kurang waras. Ya, MC kita kali ini sangat sableng!

// God of Blackfield

God of Blackfield - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Drama, School Life, Supernatural
  • Alias: Реинкарнация Военного; ゴッド オブ ブラックフィールド; 黑域之神; 갓 오브 블랙필드
  • Author: Mujang, un
  • Artist: SHIN Insung
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

“Siapa diriku?” Legenda dari Prancis, ‘Kang Chan’! Selama perang Afrika, ia dipanggil ‘God of Blackfield’, oleh musuh-musuhnya dia ditakuti tapi juga di kagumi. Tapi, selama misi untuk membunuh Masallan, otak dibalik SISS, kelompok pendukung Sunni, Kang Chan terbunuh dalam aksi pengkhianatan. Ketika matanya kabur saat itu, dia melihat tiga belas anggota timnya, yang memiliki kesetiaan kepadanya, terbunuh satu demi satu. Karena Kang Chan sedang menunggu kematian setelah ditembak oleh pengkhianat, ia diselamatkan oleh kekuatan misterius dan bangun 3 tahun kemudian di Korea Selatan. Namun, dia berada di tubuh ‘Kang Chan’ yang lain, seorang siswa sekolah menengah berusia 19 tahun yang sedang dibully di sekolah. Perjalanan Kang Chan untuk membalas dendam pada pengkhianat dan untuk menemukan kebenaran di balik kelahirannya dimulai sekarang!

  • Catatan:

MC yang gamteng, badass, kuat lagi. Grafik okeh, tapi ceritanya agak mainstream. Oh ya, tema yang diangkat manhwa ini yaitu kemiliteran dan konflik organisasi-organisasi gitu, barangkali di antara kalian ada yang suka temanya.

// Medical Return

Medical Return - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Sinopsis:

Kim Jihyun, seorang ahli bedah yang biasa saja, mendapat kesempatan untuk mengulang kehidupannya. Dia kembali ke masa SMA, dan mulai belajar nonstop untuk masa depan yang cerah. Tujuannya adalah untuk menjadi seorang dokter kulit agar bisa menghasilkan banyak uang, tidak seperti ahli bedah dengan penghasilan pas-pasan seperti di kehidupan sebelumnya.

  • Catatan:

Yups, mungkin kamu mulai bosan dengan tema manhwa returner atau regressor ini.
I can feel it, bro ~
Perasaan banyak banget dah yang kembali ke masa lalu. Manhwa fantasi baru MC-nya seorang regressor. Manhwa SoL baru MC-nya seorang returner. Second Life, Rebirth, Regressor, Returner... beuhh ~

TAPI... manhwa ini beda! Ya, beda... atau sama aja kali ya? Bedanya cuman pengeksekusian di manhwa ini cukup seru, apalagi kalo kamu saat ini duduk di kelas XII SMA/SMK/MA. Wah, sangat rekomended, deh!

Alasannya yaitu manhwa ini memberikan banyak pesan moral untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Selebihnya juga menceritakan kehidupan di lingkungan perguruan tinggi. Keren deh pokoknya!

// Second Life of a Gangster

Gangster Return - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Drama, Fantasy, Psychological, Romance, School Life, Slice of Life
  • Alias: Kehidupan Kedua Seorang Gangster
  • Author: Sayeol
  • Artist: Yerang
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID); Reaper Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Di umur 41 tahun, Oh Joong Seok. Seorang pria yang melakukan semua jenis kejahatan dan mempertaruhkan nyawanya untuk organisasi hingga mendapatkan posisi tertinggi. Tapi siapa yang tahu akhir hidupnya akan sangat menyedihkan… Proyek ‘hidup berbudi luhur’ Joong Seok dimulai sekarang.

  • Catatan:

Saat tema kembali ke masa lalu mulai populer, seorang gangster ikut meramaikan dan siap menjalani kehidupan keduanya di manhwa Second Life of a Gangster.

Bagi pencinta genre regressor atau returner, tentulah manhwa ini harus masuk reading list kalian. Ceritanya memang agak menarik, namun perlahan menghilang dan semakin terasa datar. Art-nya okelah, meski enggak bagus-bagus amat. Wort to read jika kalian kebingungan menghabiskan waktu.

// Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon [HR]

Skeleton Soldier Couldnt Protect The Dungeon - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Supernatural
  • Alias: Gaikotsu heishi wa Danjon o mamorenakatta, Skeletal Soldiers Could Not Protect the Dungeon, Skeleton Soldier, The Skeleton Soldier Failed to Defend the Dungeon
  • Author: Sosori (소소리), Wolhet
  • Artist: Ant Studio, Kangye Seul
  • Baca di: Tappytoon (Official-ENG); Flame-Scans (ENG);
  • Sinopsis:

Tujuan satu-satunya adalah untuk melindungi tuannya. Namun dia tidak berdaya untuk melindunginya. Tapi takdir memiliki lebih banyak untuknya saat dia mendapat kesempatan lain untuk melindungi tuannya sekali lagi dan mengubah takdirnya.

  • Catatan:

Menceritakan seorang undead (tengkorak) sekaligus regressor yang mencari jati diri. Plot ceritanya menarik dan dikemas dengan baik. Misalnya kisah setelah regresi, time-skip diadakan sehingga cerita tidak berlarut-larut dalam konflik yang sama.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

Kita akan disajikan perjalanan skeletal lemah, berwujud tulang belulang yang bisa remuk dalam sekali pukulan, menjadi ksatria yang hebat. MC kita tidak kuat secara tiba-tiba, melainkan bertahap sesuai porsi konfliknya. Selain itu, unsur drama yang disajikan cukup kental. Kamu dapat merasakan perasaan campur-aduk saat membaca.

Jika kamu belum membaca sama sekali, aku sarankan untuk mulai marathon sampai ending season season 2. Selebihnya mungkin ditabung aja dulu sampai agak banyak chapternya. Kenapa? Karena dari pengalamanku, baca 1 chapter/minggu manhwa ini sangat membosankan (wkwk). Feels yang didapat berbeda menurutku. Tapi yah... itu cuman saranku aja. Kamu mau baca 1 ch/minggu juga no probe!

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - Skeleton Soldier Couldn't Protect the Dungeon

// Solo Leveling [HR | END]

  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Alias: Na Honjaman Level-Up; Only I Level Up; Ore Dake Level Up na Ken; تکرو; 俺だけレベルアップな件; 我独自升级; 나 혼자만 레벨업
  • Author: Chugong, H-goon, KI Soryeong
  • Artist: JANG Seong-rak - Redice Studio
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID)
  • Sinopsis:

Sung Jinwoo merupakan seorang Hunter lemah yang selalu mempertaruhkan nyawanya dalam raid. Meski hanya peringkat E, demi kehidupan adik dan ibunya ia rela melakukan raid meski akhirnya dia terluka parah, bahkan dirawat di rumah sakit berhari-hari. Suatu ketika disaat dia mengikuti raid peringkat D, dia dan party-nya salah masuk ketempat yang didalamnnya berisi monster diatas peringkat A, dan akhirnya dia mati?

  • Catatan:

Manhwa ini merupakan manhwa yang paling populer saat dirilis, dan mempunyai banyak penggemar dari seluruh penjuru dunia.

Plot cerita, penokohan, art, dan world-buildingnya dikemas dengan baik. Aku dulu suka banget

// The Beginning After The End

The Beginning After The End - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy
  • Alias: Awal dari Akhir; The Beginning of The End
  • Author: TurtleME; Fuyuki23 - Duta Permana (Artist)
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Tapas (Official-ENG)
  • Sinopsis:

Raja Grey yang mempunyai kekuataan, kekayaan dan prestise tak tertandingi di dunia yang kemampuan bela diri menentukan nasib seseorang. Bereinkarnasi ke dunia penuh sihir dan monster setelah dibunuh secara diam-diam. Sang raja punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya dan pencarian alsan kenapa dia bisa terlahir kembali serta perannya di dunia baru ini.

  • Catatan:

Fantasy, returner, OP, badass, revenge, romance, popular, tapi.... ceritanya seru abiezz!

Yups, banyak komik yang mengusung tema atau genre mainstream seperti ini. Saking banyaknya, orang-orang mulai menganggap komik-komik fantasi itu banyak yang ceritanya ecek-ecek, gak berbobot. Dari awal udah OP, sampe gak ada villain yang bisa ngimbangin,

Tapi aku jamin deh, manhwa TBATE ini beda! Eh, maksudnya sama, tapi beda! Ya intinya gitu deh, baca aja dulu biar gak penasaran.

Ngomong-ngomong, beberapa unsur di manhwa TBATE ini agak mirip dengan manga Mushoku Tensei. Jika kamu suka manga mokuten, pasti suka manhwa ini deh, aselian!

// The Girl from Random Chatting! [HR]

The Girl From Random Chatting
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, School Life
  • Alias: Ranchat; The Girl from Random Chatting!; สาวจากแรนดอมแชต; 匿名女孩!; 랜덤채팅의 그녀!
  • Author: Park Eunhyuk
  • Artist: Park Eunhyuk
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG); Komikcast (ID)
  • Sinopsis:

Joonwoo benci sekolah dan bermasalah dalam berteman. Mengobrol dengan orang asing di Random Chat merupakan satu-satunya hal yang membuat dia bahagia. Dari sanalah Joonwoo berteman dengan seorang wanita di RanChat yang ternyata teman sekelasnya, Sungah! Bisakah Joonwoo mengatasi anti sosialnya dan berteman dengan Sungah di dunia nyata.

  • Catatan:

Hayoo, siapa yang suka main anonymous chat di telegram? Nah, manhwa ini menceritakan hal-hal kelam yang mungkin kalian alami setelah chattingan di sana, lho! Jujur, dari semua manhwa yang udah kubaca, TGFRC ini ceritanya paling relate sama kehidupan SMA/SMK. Konflik di manhwa ini mungkin pernah kalian alami saat bersekolah.

Ceritanya menarik dan art-nya unik. Awal season memang art-nya standar tahun 2017 lalu, tapi di season baru ada perubahan kok. Selain itu, meski gak ada genre Action-nya, cerita di manhwa ini kebanyakan diselesaikan denan baku hantam. Scene geludnya juga aku sukai banget, keren deh!

Oh ya, ada satu hal unik tentang manhwa ini, yaitu karakter yang paling disukai oleh fans di manhwa ini adalah karakter antagonis yang suka bully si MC. Kok bisa? Jawabannya bisa kamu temukan setelah membaca (xD).

// The God of Highschool

God of Highschool - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2018 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Martial Arts, Sci-Fi, Supernatural
  • Alias: Cao Giáo Chi Thần; Gat Obeu Haiseukul; God of HighSchool; GOH; Lisenin Tanrısı; The God of High School; Vidurinės Mokyklos Dievas; Бог Старшей Школы; Царь горы; إله المدرسة الثانوية; เทพเกรียน โรงเรียนมัธยม; 高校之神; 갓 오브 하이스쿨; 갓오하
  • Author: Park Yong-Je
  • Artist: Park Yong-Je
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Setengah pulau menghilang dari muka bumi, sebuah organisasi misterius telah mengirimkan undangan untuk sebuah turnamen untuk setiap orang yang terampil di dunia. “Jika Anda menang Anda dapat memiliki apa pun yang Anda inginkan” Mereka merekrut hanya yang terbaik untuk melawan yang terbaik dan mengklaim gelar Sekolah Tinggi Dewa (GOD)!

  • Catatan:

Cerita sangat condong ke Action, jadi bagi kalian yang menyukai genre ini, maka harus mencoba membacanya! Mengisahkan tentang MC kita yang mengikuti arena pertarungan para ahli beladiri dan...


Laman berikutnya: Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah

Rekomendasi Manhwa Terbaik 2017 ke Bawah

Wait guys, sebelum kamu lanjut membaca, perlu kamu ketahui nih kalau rekomendasi ini sudah aku UPDATE!!! Silakan baca versi terbarunya melalui tautan berikut, okee? Wokee~

Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah - @idyourzee.

// Black Haze [HR]

Black Haze - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Comedy, Drama, Fantasy, School Life, Supernatural, Tragedy
  • Alias: 블랙 헤이즈
  • Author: Yong Yong
  • Artist: Yong Yong
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Setelah kegagalan di sebuah misi, pemeran utama yang peragu, rood, di kirimkan ke sekolah sihir yang terkenal, Helios. Di sini, dia harus melindungi anak seorang tokoh penting yang mengalami masa sulit di sekolah.

  • Catatan:

Salah satu manhwa jadul favoritku, yang ironisnya sampe Januari 2022 ini masih hiatus (hiks-hiks). Plot cerita menjadi unggulan dari manhwa ini, mengingat art-nya yang masih sekelas manhwa 2015 ke bawah.

MC kita kali ini merupakan tipe MC favorit para remaja. Ia kuat, badass tapi polos, dan gak suka pamer. Alur cerita manhwa ini maju mundur, dan beberapa chapter flashback menceritakan masa lalu MC yang kelam.

Jika kamu tertarik untuk membaca, aku saranin untuk bertahan seenggaknya sampe chapter 170-an. Awal-awal chapter memang agak absurd ceritanya (wkwk), tapi semakin kesini semakin seru kok.

// Dreamcide [END]

Dreamside - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy, Horror, Romance, School Life, Supernatural
  • Alias: Dreamside; ドリームサイド; 梦境毁灭Dreamcide; 드림사이드
  • Author: Hong Jung Hoon
  • Artist: Shin Wol
  • Baca di: Tapas (Official-ENG); Sektekomik (ID)
  • Sinopsis:

Hazin Nam selalu dilanda mimpi buruk, tetapi suatu hari, ia bermimpi tentang dunia apokaliptik tujuh tahun di masa depan di mana manusia berjuang untuk bertahan hidup di antara setan dan zombie. Hazin menolak mimpi itu sebagai mimpi buruk lain sampai dia menemukan Yuri Hong, gadis yang dia lihat dalam mimpinya, telah dipindahkan ke sekolahnya …. Dengan kemampuannya untuk bolak-balik antara kehidupan sekolah dan kiamat yang akan datang, akan Hazin dapat mencegah apa yang menyebabkan kehancuran dunia?

  • Catatan:

Manhwa horror dengan tema apokalips dan time-lapse. Plot twist-nya menjadi keunggulan pada manhwa ini, jadi pastikan kamu tidak membaca spoiler sebelum mulai marathon.

// Noblesse

Noblesse - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Comedy, Drama, School Life, Supernatural
  • Alias: ノブレス; 大貴族
  • Author: SON Jeho
  • Artist: Lee Gwang-Su
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Rai, vampir termulia, bangun dari tidur panjangnya selama 820 tahun. Ia harus memulai hidup barunya sebagai pelajar di sekolah yang didirikan pelayan setianya. Namun hari-harinya terganggu dengan munculnya serangan-serangan misterius dari kelompok yang menyebut dirinya "Unions".

  • Catatan:

Manhwa ini dimulai dengan baik, seperti karakter menarik, serta plot dan action yang diselipi humor. Namun kemungkinan kamu akan mulai merasa bosan dengan cerita dan konflik yang terasa diulang-ulang.

Yah, kesampingkan hal itu, manhwa ini masih worth to read, kok! Jika kamu tertarik, aku saranin agar mulai baca sampai akhirnya kamu merasa bosan.

Oh ya, manhwa ini juga udah di adaptasiin ke bentuk anime, lho!

// Sweet Home [END]

Sweet Home - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Horror, Psychological, Supernatural
  • Alias: 스위트홈
  • Author: Kim Carnby
  • Artist: Hwang Youngchan
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ID)
  • Sinopsis:

Cha Hyun adalah seorang siswa sekolah menengah penyendiri yang menghabiskan hari-harinya bersembunyi di kamarnya bermain video game. Tetapi ketika dia kehilangan seluruh keluarganya dalam kecelakaan mobil yang tragis, dia terpaksa meninggalkan rumah dan gaya hidupnya yang riang dan pindah ke apartemen baru sendirian. Namun, ia memiliki tetangga yang aneh, setelah asik bermain semua orang-orang di sekitarnya tiba-tiba mulai berubah menjadi monster yang mengerikan.

  • Catatan:

Sweet home merupakan manhwa bertema apokalips di mana dunia dan kemanusiaan hancur akibat suatu virus. Virus tersebut menjadikan manusia berubah, namun lebih ke seperti monster daripada disebut zombie.

Pembawaan alur di manhwa ini agak berat. Tidak terlalu cocok untuk dibaca saat stress, karena bisa jadi kamu malah nambah stress (xD). Art-nya yang gelap juga membuat nuansa horrornya lebih terasa.

Manhwa ini juga sudah diadaptasikan ke dalam bentuk live action berjudul sama. Namun, adaptasi live action-nya kurasa agak kurang jika dibandingkan dengan versi manhwa-nya.

// The Gamer

The Gamer - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, School Life, Supernatural
  • Alias: THE 게이머; Геймер; Игрок; เซียนเกม นอกจอ; 游侠; 遊俠; 더 게이머
  • Author: Seong Sang Yeong
  • Artist: Sang A
  • Baca di: LINE Webtoons (Official-ID)
  • Sinopsis:

Han Jee-Han adalah seorang murid SMA. Di dalam kehidupannya tiba-tiba muncul kekuatan spesial dimana dunianya seperti di dalam game. Dia bisa lihat level semua orang, lihat stat dari masing-masing item, mendapatkan kemampuan dan bahkan bisa naik level! Cari tahu bagaimana dia menggunakan kekuatan tersebut dan berasal dari manakah kekuatannya itu.

  • Catatan:

Jadi manhwa ini didasarkan oleh game RPG fantasi Dungeons & Dragons (seperti Goblin Slayer/Munchkin) dan tema yang diangkatnya seperti anime berjudul Accel World.

MC kita disini agak spesial, dia punya banyak kelebihan yang gak dimiliki banyak orang. Disisi lain sifatnya agak ngeselin pembaca, dan alur ceritanya juga terkesan lambat. Terlalu banyak hal yang gak penting tapi author paksa masukin, yang akhirnya dilupain deh.

Meski begitu, manhwa ini sangat populer dimasanya. Bahkan sampai saat ini para pembaca yang ngikutin The Gamer dari dulu, pastinya ada suatu hal yang membuat mereka setia terhadap manhwa yang udah lama nemenin mereka (*maaf, agak susah buat dideskripsikan). Ya gitu, deh. Silahkan baca sendiri, dan share kesan yang kamu dapatkan.

// The Legendary Moonlight Sculptor [HR]

The Legendary Moonlight Sculptor - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Martial Arts, Romance, Sci-Fi, Slice of Life
  • Alias: Dalbic Jogaksa; Dalbich Jogagsa; Dalbin Jogaksa; El Legendario Escultor de la Luz Lunar; Legendary Moonlight Sculptor; Legende du Sculpteur Crepusculaire; Legendinis Mėnulio Apšviestas Skulptorius; Moonlight Engraver; Легендарный лунный скульптор; ประติมากรนักล่าแห่งแสงจันทร์; 달빛 조각사; 달빛조각사
  • Author: Grimza, KIM Junhyung, LEE Do-gyeong, NAM Heesung
  • Artist: Grimza, Kim Tae-Hyung, PARK Jeong Yeol, SHIN C
  • Baca di: Kakaopage (Official-ID); Method Scans (ENG); ¯_(ツ)_/¯ Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Orang yang ditinggalkan dunia, yang dikenal sebagai Dewa Perang Legendaris di Benua MMORPG Sihir yang sangat populer. Dengan usia yang semakin menua, ia memutuskan untuk pensiun. Ia mencoba untuk menjual avatar-nya, dan hasilnya sangat mengejutkan. Avatar legendaris miliknya terjual sekitar harga Rp 37 milyar!

Dengan uang itu ia dapat melunasi semua hutangnya. Setelah itu, ia memutuskan untuk bermain kembali di game MMORPG lain yang baru rilis, Royal Road. Ini adalah kisah legenda Lee Hyun di jalannya untuk menjadi Kaisar untuk keluarga tercintanya, kerakusan akan uang, pikiran yang penuh twist, dan tubuh yang rajin ditempa dan bakat dari kerja keras.

  • Catatan:

Manhwa ini bertemakan game dan diselipi Slice of Life yang cukup kental. Alurnya berbobot dengan pengenalan karakter yang mendalam sebelum ceritanya meluas. Awal season art-nya cukup jadul, sesuai tahun dirilisnya. Namun semakin membaik dan di season terakhir art-nya bisa dibilang di atas standar.

Hal yang kusukai dari manhwa ini adalah emosi yang didapat saat membacanya. Feels yang didapat naik-turun dengan pesan kehidupan yang lumayan banyak.

MC kita di sini sangat kismin di awal, itungan, dan rajin saking rajinnya ia sampe lupa waktu. Sayangnya manhwa ini masih hiatus di awal tahun 2022, dan belum ada kabar akan berlanjut.

// Tower of God [HR]

Tower of God - (Rekomendasi Manhwa Terbaik 2010 sampai 2017 @ezfileid)
  • Genre: Action, Adventure, Comedy, Drama, Fantasy, Mystery, Supernatural
  • Alias: Kami no Tou; Torre de Deus; Башня Бога; برج الإله; 神之塔; 신의 탑; 신의탑
  • Author: SIU
  • Artist: SIU
  • Baca di: LINE Webtoon (Official-ENG); Alpha Scans (ENG)
  • Sinopsis:

Apa yang kamu inginkan? Keberuntungan? Kemuliaan? Kekuasaan? Balas dendam? Atau sesuatu yang melampaui semua orang? Apa pun yang kamu inginkan, ada di sini! di Menara Para Dewa!

  • Catatan:

Webtoon yang cukup populer dan kemarin sudah diadaptasikan ke bentuk anime oleh studio Jepang. Mengisahkan MC yang berlarut dalam kesepian sampai ada seorang wanita menemaninya. Namun hal itu tidak berlangsung lama, wanita itu memilih untuk menarik takdirnya di menara. Hanya orang-orang terpilih yang dapat memasuki menara. Karena ketergantungannya pada wanita itu, ia mencoba untuk mendaki menara. Namun yang terjadi ialah takdir besar, kebenaran, dan masa lalu kelam yang menantinya.

Art-nya oke dan plot ceritanya juga menarik. Sangat worth-it untuk marathon sampai ke season terbaru!

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain