Rekomendasi Manhwa Romance Terbaik untuk Cowok Terbaru 2023

Temukan rekomendasi manhwa romance terbaik untuk cowok terbaru 2023 hanya di blog NYZEZI.com!

Rekomendasi Manhwa Romance Terbaik untuk Cowok Terbaru 2023

Rekomendasi Manhwa Romance Terbaik untuk Cowok Terbaru 2023

Halo-halo, apa kabar? Semoga kalian selalu diberikan kesehatan yaa~

Kali ini Min Aezi kembali hadir dengan artikel rekomendasi di blog kesayangan kita semua. Rekomendasi yang akan mimin bawakan kali ini yaitu rekomendasi manhwa romance terbaik untuk cowok. Untuk cowok di sini artinya mimin hanya akan membagikan judul-judul manhwa yang tidak memiliki genre shoujo atau josei.

Yah, sebenarnya shoujo dan josei itu bukan termasuk genre sih, melainkan demografi. Manhwa yang diberikan tanda (tag) demografi shoujo atau josei artinya manhwa tersebut ditargetkan untuk cewek alias wanita. Sedangkan kebalikannya ada demografi shounen dan seinen, yang targetnya cowok alias pria.

Shoujo, josei, shounen, dan seinen itu sebenarnya demografi guys, tapi lebih dikenal sebagai genre di kalangan pembaca komik terutama pembaca komik pemula. Alasannya karena demografi seringkali dimasukkan ke dalam kolom genre sehingga pembaca komik sering menyangka kalau demografi juga termasuk genre. Namun hal ini adalah salah ya guys, karena genre ya genre dan demografi ya demografi. Keduanya tidak bisa disamakan.

Duh, jadi malah bahas demografi, kan. Kembali ke topik awal, kali ini mimin akan membagikan rekomendasi manhwa romance terbaik yang cocok untuk dibaca para cowok. Untuk para cewek, kalian jangan berkecil hati yaa~. Mimin sendiri seorang cowok, jadi mimin kurang ngerti dan kurang cocok sama manhwa josei atau shoujo jadi mimin hampir gak pernah baca manhwa begituan. Tapi ya, kalo menurutmu ada manhwa shoujo atau josei yang menurut kamu terbaik, silakan cantumkan judul di komentar agar mimin dan reader yang lain dapat merasakan juga keseruannya.

The Demon Prince Goes to the Academy (2023)

Review The Demon Prince Goes to the Academy - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Sinopsis:

Aku mati ketika membaca komentar pedas di novelku dari para haters.

Aku sudah terkejut dengan kematian yang mendadak, tapi sesuatu yang disebut 'Grim Reaper' muncul dan memberitahuku kalau menjadi penulis buruk juga termasuk dosa. Untuk menebusnya dan pergi ke surga, aku diberitahu agar bertahan hingga akhir dari salah satu novel yang kutulis.

Dan begitulah, aku masuk ke dunia novel berjudul 'Raja Iblis Telah Mati' ...

"Sialan!! Kenapa hal ini harus terjadi padaku?!"

Sangat disayangkan, karakter di dunia itu ternyata Pangeran Iblis, seseorang tanpa bakat—yang mati di prolog cerita!!

Catatan:

Mengisahkan tentang seorang penulis yang sering menggantungkan tulisannya, sehingga mendapat azab untuk menyelesaikan ceritanya meskipun telah mati (aowkaowkaowk).

Terlepas dari judulnya yang, yah ... terlihat membosankan. Jujur, plot dan art manhwa ini sangat menarik.

Everyone Else is A Returnee (2023)

Review Everyone Else is A Returnee; Last on Earth - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2023 -@idyourzee

Ditinggalkan, lagi, lagi, dan lagi.

Seseorang yang ditinggalkan telah ditelantarkan oleh seluruh umat manusia karena sesuatu yang menyamarkannya yang bahkan membuat dewa pun tidak tahu.

"Kenapa harus aku yang ditinggalkan? Kenapa semua ini terjadi padaku?"

[Di akhir, bahkan Dewa telah merancang agar semua manusia dipindahkan ke dunia lain, dan dia bilang dia tidak menemukanmu. Kamu bilang itu benar-benar teknik penyamaran, benar?]

Dan begitulah, aku memulai kehidupan sehari-hariku yang penuh kesendirian di Bumi, menunggu umat manusia kembali.

Catatan:

Coba bayangin kalau kamu terlambat ikut study tour waktu sekolah dulu. Udah bayar mahal-mahal sampe gak bisa tidur akibat gak sabar banget, eh besoknya malah ketinggalan bis. Uwooogh ... nangis gak tuh? (wkwkwkwk)

Yups, itulah perasaan mc kita kali ini. Suatu hari dia mendapati tak ada seorangpun, di sekolahnya, di rumahnya, di kompleknya, di kotanya, di SELURUH DUNIAAAA?!?!?!?!

Seorang dewi pun muncul dan bilang "Eh, kok ada orang sih. Harusnya kan semuanya udah ke isekai???" Nah, mc pun gak bisa bilang apa-apa. Orang dia gak tahu apapun. Usut punya usut, ternyata mc punya keahlian 'stealth' yang bahkan dewa pun gak bisa deteksi dia. Diapun ketinggalan masuk isekai, dan terpaksa tinggal di bumi yang tidak ada seorangpun di sana.

Dunia akan berubah. Monster-monster akan bermunculan, sehingga manusia perlu dipindahin ke isekai buat dapetin skill biar bisa bertahan di bumi. Sang mc yang gak ke isekai, terpaksa berlatih di bumi dengan bantuan dewi. Satu tahun telah berlalu, puluhan tahun berlalu, ratusan tahun berlalu, hingga mencapai seribu tahun lamanya dia menunggu. THE REAL JOMBLO SEJATI!

Seribu tahun berlalu hingga umat manusia kembali ke bumi. Tapi tenang, karena 1000 tahun itu tidak diceritakan terlalu mendetail di manhwanya. Namun sayang, ternyata umat manusia belum siap menghadapi para monster di bumi, sehingga mereka diberi kesempatan agar bisa ke isekai lagi ... dan mc pun ditinggalkan, lagi.

Yah, manhwa ini cukup seru meskipun unsur di dalamnya udah mainstream. Banyak yang bilang novelnya sendiri termasuk top tier dan sudah tamat. Jadi ya, kamu bisa berharap banyak pada judul manhwa yang satu ini.

The Novel's Extra (2022)

Review The Novel's Extra - Kim Hajin - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Setelah terbangun, Kim Hajin sadar dia berada dalam dunia yang familiar namun tidak dengan tubuhnya.

Sebuah dunia yang dia ciptakan dan cerita yang dia tulis, namun belum selesai.

Dia telah menjadi seorang karakter tambahan di novelnya, seorang extra yang tidak mempengaruhi cerita.

Satu-satunya petunjuk untuk keluar dari dunia ini adalah tetap mempertahankan jalan cerita utama.

Namun, segera dia mengetahui kalau dunia ini bukanlah dunia yang sama dengan yang dia ciptakan.

Catatan:

Mungkin kamu sudah familiar dengan novel di mana protagonisnya masuk ke dalam dunia novel, dan manhwa ini termasuk salah satunya. Namun perlu kamu ketahui, manhwa ini mempunyai cerita yang berbobot di atas standar manhwa dengan unsur yang sama kebanyakan, dan didukung art dari salah satu studio top tier dalam dunia manhwa.

Selain ceritanya yang semakin menarik, kita juga akan disajikan kisah romansa antara sang MC dengan para calon heroine. Meski di awal MC hanyalah karakter extra, namun tindakannya yang mengubah cerita membuatnya dikelilingi para 'heroine' asli.

Never Die Extra (2022)

Review Never Die Extra - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Karakter ekstra mati setiap hari dengan bermacam cara dalam game [Demon King's Palace 3]. Setelah tereinkarnasi, sayangnya dia menjadi karakter ekstra di dalam game.

Aku akan berusaha agar tidak mati, pasti.

"Ayo mulai."

Evan telah sampai pada kesimpulannya. Dia menepuk pundaknya sebagai sinyal pada dirinya sendiri kalau dia sudah membulatkan pikiran.

Dia akan menjadi karakter extra yang tidak pernah mati.

Catatan:

Salah satu manhwa di mana authornya seorang novelist dan dia masuk ke dalam cerita yang ditulisnya.

My Daughter Is the Final Boss (2022)

Review My Daughter Is the Final Boss - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Lee Seo-jun hanya bisa melihat ketika putrinya, Lee Seol-ah, berubah menjadi final boss yang jahat yang menghancurkan dunia dan membawa dia menuju kematiannya. Meskipun tidak pernah menjadi ayah yang baik, ketika dia mulai kehilangan kesadaran, Seo-jun mendapatkan quest baru: "Ubah Masa Depan."

Setelah bangun, dia melihat 5 tahun Lee Seol-ah berdiri di depannya. Sekarang Seo-jun harus membesarkannya sambil menghindari 5 ketidakberuntungan yang aslinya mengubah Seol-ah menjadi jahat. Dia harus menjadi ayah yang perhatian yang tidak pernah Seol-ah rasakan. Bagaimana jika gagal? Dunia hanya akan tamat.

Catatan:

Tutorial menjadi ayah yang baik untuk putrinya.

Existence (2022)

Review Existence - Lee Ja In x Ah Lee Su - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Suatu hari, dia adalah satu dari kawanan semut. Di hari lainnya, dia menjadi dinosaurus yang besar. Dia adalah reinkarnasi terakhir dari makhluk yang pernah mengalami puluhan ribu jiwa.

Sekarang, dia dilahirkan sebagai manusia dengan kekuatan dari setiap bentuk kehidupan yang pernah dia alami. Kenapa dia punya kemampuan seperti itu? Dia menjawab.

"Aku ada untuk membasmi umat manusia."

Catatan:

Sebuah manhwa tentang makhluk yang hadir untuk membasmi umat manusia. Dia hadir sejak awal, dan telah merasakan segala bentuk kejahatan manusia. Setelah menjadi manusia, dia sadar kalau eksistensinya adalah untuk kehancuran.

Sejak perilisan perdananya, manhwa ini cukup populer karena plotnya yang menarik, terutama artnya yang sangat-sangat mewah. Tapi yang terpenting adalah ... yeahhh, it's gen*cide time!

Ending Maker (2022)

Review Ending Maker- CORDELIA - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Terdapat dua pahlawan dari seri game "Legend of Heroes 2", player terbaik dari yang terbaik.

Kang Jin-ho di tempat pertama dan Yoo Hee-in di tempat kedua.

Suatu hari, keduanya terbangun sebagai karakter avatar di dalam game favorit mereka. Hanya ada satu masalah, yaitu game "Legend of Heroes 2" berakhir dengan kehancuran dunia manusia.

Setidaknya ada dua dari mereka, #1 dan #2 di peringkat server. Jika ada yang bisa mengatasinya, itu seharusnya mereka!

Catatan:

Ending Maker mengisahkan dua orang player yang tiba-tiba masuk ke dunia game yang mereka mainkan. Protagonisnya ada dua, yaitu si #1 dan si #2 di peringkat server. Keduanya berusaha menghindari ending asli dalam game yang mengenaskan, itulah maksud dari judul 'Ending Maker'.

Manhwa ini diadaptasi dari novel populer berjudul sama. Artnya juga bagus, penuh akan warna layaknya manhwa shoujo kebanyakan (mimin juga bingung kenapa sih manhwa shoujo artnya rata-rata bagus, padahal ceritanya blueeh ... biasa aja coy!). Tapi ini bukan manhwa shoujo kok, mengingat MC kita di sini ada yang cwk dan cwk.

Kamu bisa berekspetasi tinggi dari manhwa ini.

Be the Actor (2022)

Review Be the Actor; I Will Live as an Actor - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2022 -@idyourzee

Jang Young-guk meraih kesuksesan besar sebagai aktor pendukung; menerima penghargaan sebagai aktor pendukung terbaik dan pertama pada Acting Awards.

Sayangnya, pada hari yang membahagiakan itu, ibunya meninggal ....

Dihantui penyesalan selama bertahun-tahun, Young-guk memutuskan untuk mengakhiri hidupnya ....

Sebelum ajal menjemput, terlintas ingatan akan kehangatan ibunya dan kenangan-kenangan damai masa dulu. Dia menyesal baru mengingatnya sekarang ....

Pada saat itulah, dia tiba-tiba kembali ke masa lalu.

"Aku kembali ke masa lalu, yang sangat aku rindukan."
"Fakta yang tak bisa kuhindari, kehidupanku kali ini pasti ...."

Sekali lagi, kisah tentang seseorang yang ingin hidup sebagai aktor dimulai. Mampukah dia hidup dengan bahagia kali ini?

Catatan:

Sebuah manhwa tentang penyesalan, di mana sang MC meraih impiannya menjadi aktor dengan mengorbankan ibu satu-satunya yang ia miliki.

Manhwa ini memiliki vibes yang mirip dengan manhwa Medical Return, yang membedakan hanyalah pekerjaan sang MC saja. Namun seiring berjalannya cerita, mimin harap manhwa ini tidak berakhir sama seperti manhwa Medical Return, di mana cerita mulai membosankan karena konflik yang disajikan hanya itu-itu saja (kayak sinetron).

The Warrior Returns (2021)

Review The Warrior Returns; Warrior Returns; Hero Has Returned - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 -@idyourzee

Kim Minsu, Sang Hero, telah kembali ke Bumi dan menyadari telah kehilangan segalanya... jadi ia memutuskan untuk menghancurkan dunia yang ia sebut rumah. Dalam amukanya, ia telah membunuh seoang pemuda bernama Park Jeongsu bersama keluarganya. Namun Park Jeongsu tidak mati, ia ditransfer ke dunia lain dan menjadi seorang Hero. Ia mengasah keterampilannya dan membunuh Raja Iblis, lalu dikembalikan ke Bumi, untuk membalaskan dendamnya. Saat keduanya bertarung dengan nasib negara di tangan mereka, siapa yang akan menjadi pemenang?

Catatan:

Manhwa TWR ini sebenarnya diberikan banyak penilaian buruk oleh pembaca, namun mimin pribadi cukup suka sama premis cerita yang diberikan. Apalagi art-nya yang bagus, memberikan sensasi tertentu saat membacanya.

Sejauh 36 chapter yang telah mimin baca, setiap tokoh Hero di manhwa ini mempunyai idealismenya sendiri. Mereka yakin bahwa mereka sendiri adalah orang yang benar, tidak peduli dengan pandangan orang lain.

Mungkin kamu akan merasa muak ketika membaca, karena kenaifan karakter-karakternya yang memang bisa dibilang sangat menyebalkan. Meski begitu, ada hal yang akan mengejutkanmu ketika cerita memasuki akhir season pertama. Yups, asalkan kamu bisa sabar melewati fase-fase bosan ketika membaca, nantinya kamu akan menemukan keseruan di manhwa ini. HINDARI SPOILER!

The Return of the 8th Class Magician [END](2021)

Review The Return of the 8th Class Magician; 8th Class Magician Returned; 8th-Class Mage Returns; Kembalinya Penyihir kelas; Penyihir Kelas Delapan; Regression of Class 8 Wizard; Return of the 8th Class Magician; Revolution of the 8th Class Mage - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sudah bertahun-tahun aku mengotori tanganku dengan darah untuk Kekaisaran (United Empire) dan kaisarnya, Ragnar. Aku ingin pulang ke kampung halamanku dan hidup dengan tenang untuk menebus dosa-dosaku.

Namun,

"Kamu merupakan penyihir kelas 8 yang bisa menggulingkan kekaisaran kapanpun. Bagaimana aku bisa membiarkan monster sepertimu hidup?"

Aku dikhianati oleh temanku sekaligus sang kaisar, Ragnar. Diambang kematianku, aku menusukkan sebuah belati sihir tepat ke jantungku.

"Penebusan yang kuinginkan hanyalah membuat semua hal berjalan seperti seharusnya"

Catatan:

Sebuah manhwa yang dirilis oleh salah satu penerbit populer seperti penerbit manhwa Kill The Hero, Carrotoon. Manhwa kali ini mempunyai jalan cerita yang agak mainstream, dimana MC kita dikhianati, kembali ke masa lalu, dan mencoba memperbaiki kehidupan keduanya.

Meski alurnya mainstream, pembawaan ceritanya tetap menarik untuk diikuti. Didukung oleh artnya yang secara standar sudah bagus, pembaca akan dibuat penasaran akan lanjutan kisah dari sang MC, Ian Page.

Tale of the Floating Sages (2021)

Review Review Tale of the Floating Sages; Call of the Spear; Cystic Story; Fantastic Story of Nangseon; Nangseon Story; The Story of Thorny Spear; The Story of the Reincarnation of the Tiger - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sangun, harimau penguasa Gunung Baek, menjalani kehidupan yang damai sampai seorang gadis muda berambut putih bernama Choa mengunjungi guanya, mengaku sebagai istrinya. Sangun segera sadar bahwa Choa adalah keturunan dari Binatang Iblis Berdarah Putih, makhluk berbahaya yang ditakuti oleh semua roh dan binatang buas. Dia mencoba untuk mengirimnya pergi karena takut akan bahaya yang akan dibawanya, tetapi berubah pikiran setelah mengetahui bahwa dia tidak punya tempat untuk kembali. Sangat disayangkan baginya, karena ini menandai awal dari kesulitannya ....

Catatan:

Manhwa dengan kisah yang agak kompleks ... yah, bukan kisah sih, mungkin lebih tepat kalau disebut kalau world-buildingnya yang kompleks. Menceritakan seorang binatang iblis yang menerima persembahan dari rakyat gunung yang ia tempati, yang berupa seorang gadis muda. Kisah mereka berdua cukup seru untuk diikuti, meski lama kelamaan kita akan sadar bahwa gadis muda itu bukanlah heroine satu-satunya.

WARNING!
Art manhwa ini termasuk di atas standar, namun juga banyak fanservice di dalamnya. Bagi kalian yang berusia di bawah 18 tahun, mimin sarankan hindari untuk membaca.

Reincarnated as an Unruly Heir (2021)

Review Reincarnated as an Unruly Heir; I Reincarnated as the Crazed Heir; Vice-Lord's Rebirth - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Pernah menjadi master seni bela diri yang sedang naik daun, Yang Jagak dikenal sebagai Ten Strike Finisher karena kemampuannya untuk mengalahkan lawan dalam sepuluh gerakan. Jagak juga merupakan putra pemimpin Aliansi Murim, sebuah organisasi sekte seni bela diri yang berbudi luhur. Kepemimpinannya di masa depan atas dunia seni bela diri tampaknya sangat terjamin - sampai ia dibunuh oleh orang-orang yang cemburu padanya! Jagak bereinkarnasi ke dalam tubuh Ma Cheonso, playboy yang juga calon pimpinan dari Shining Light Cult jahat. Bisakah Jagak tetap setia pada prinsip-prinsipnya meskipun kehidupan barunya di sisi gelap?

Catatan:

Protagonis kita kali ini merupakan putra dari pemimpin aliansi murim, yang mati, yang kemudian jiwanya entah kenapa masuk ke tubuh seseorang, yang ironisnya orang itu adalah putra dari pemimpin Sekte Ming.

Yups, jika kamu familiar dengan kisah-kisah beladiri, kamu pasti tahu dengan Sekte Ming. Sekte Ming dipopulerkan oleh trilogi Pendekar Rajawali seri ketiga, yaitu Heavenly Sword and Dragon Slaying Sabre, di mana protagonisnya adalah ketua Sekte Ming tersebut.

Sekte Ming dikenal sebagai sekte yang berisikan orang-orang jahat, dan diklasifikasikan sebagai sekte unorthodox. Pada manhwa ini, sang protagonis yang terkenal akan keadilannya hidup kembali sebagai orang paling menyedihkan dan mengerikan di Sekte Ming. Ia dikenal demikian bukan karena kekuatannya, melainkan karena nama keluarganya dan tingkah lakunya sebagai pewaris satu-satunya Sekte Ming. Kita akan sering melihat di mana sang MC ragu apakah dia masih dirinya sendiri di masa lalu ataukah sudah menjadi dirinya yang baru saat ini.

Regressor Instruction Manual (2021)

Review Regressor Instruction Manual - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Suatu hari, aku telah di-summon ke dunia ini. Monster di mana-mana dan krisis luar biasa melanda. Namun bakatku bahkan lebih buruk dari itu.
[Level bakat player berada di paling bawah.]
[Hampir semua kemungkinan tidak ada artinya.]

Meskipun kamu menjadi Warrior atau Wizard. Meskipun kamu mengulang kembali waktu. Kamu harus mengambil keuntungan dari apapun itu demi bertahan hidup.

“Terus kenapa?”
“Aku tinggal menggunakan semua yang kupunya untuk hidup!”

Catatan:

Regressor Instruction Manual merupakan manhwa dengan premis cerita yang anti mainstream dan didukung art yang diatas standar manhwa kebanyakan.

Di manhwa ini, terdapat seorang “Regressor” atau karakter yang telah mengulang waktu (mengembalikan waktu/kembali ke masa lalu), namun dia bukan tokoh utamanya. Uniknya, tokoh utama (MC) di manhwa ini merupakan parasit yang menempel di seorang Regressor tersebut.

Sang MC harus menghadapi kenyataan bahwa dia tidak berguna. Dia hanya dapat hidup dengan mengandalkan orang lain. Meski begitu, dia mempunyai akal yang cerdas dan jago berbicara. Dan begitulah, kita akan melihat tingkah laku uniknya untuk bertahan hidup di dunia yang berbahaya.

Poison Dragon: The Legend of an Asura (2021)

Review Poison Dragon: The Legend of an Asura; Legend of Asura - The Venom Dragon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Sejarah panjang Sekte Medis diikuti oleh kehancuran total. Dalam neraka keputusasaan, di mana mayat-mayat menumpuk ketika gunung dan darah mengalir seperti laut, ‘Asura’ akhirnya terbangun.

– Aku akan membunuh mereka semua.
Itu tidak akan berakhir sampai aku membunuh mereka semua.

Satu-satunya yang selamat dari Sekte Medis, Jin Ja Gang –

Ini adalah kisahnya yang penuh kesepian untuk membalas dendam!

Catatan:

Sebuah manhwa murim dengan demografi shounen, di mana sang protagonis memiliki tekad baja. MC merupakan karakter zero to hero, kita akan disuguhi perjalanan sang MC mulai dari yang terlemah hingga menjadi musuh satu dunia.

Mungkin kamu akan melihat banyak orang yang menyarankan agar tidak membaca chapter 0 (prolog) karena ada spoiler di dalamnya. Namun menurut mimin sendiri, chapter 0 diperlukan agar kamu mampu lanjut membaca hingga MC bisa sampai ke sana. Alasannya yah, mc sangat-sangat lemah di awal dan perjalanannya menjadi kuat membutuhkan banyak waktu dan banyak chapter tentunya. Mungkin kamu akan merasa bosan dan bahkan ingin berhenti membaca di chapter-chapter tertentu, karena ceritanya memang tipikal manhwa murim kebanyakan dan plotnya terkesan begitu-begitu saja.

Jadi chapter 0 merupakan penyemangatmu agar sanggup membaca hingga menemukan keseruan dalam manhwa ini. Dan tentu saja, mimin dapat menjamin kalau kesabaranmu membaca akan membuahkan hasil di chapter-chapter yang akan datang ...

Selain itu, ada unsur romance di dalam manhwa ini yang mungkin tidak pernah kamu duga-duga. Kisah cinta sang mc dengan heroine juga penuh tantangan, karena banyak pihak yang menyulitkan keduanya agar bisa bersama.

Duke Pendragon (2021)

Review Duke Pendragon; White Dragon Duke: Pendragon; Hakuryuu Koushaku Pendragon - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Raven Valt, anak haram dan putra kedua dari bangsawan rendah, dikenai sanksi sebagai pengkhianat. Dijanjikan kebebasan, dia dikirimkan ke unit paling buruk dan keji di kekaisaran, yaitu Korps Rakshasa (Pasukan Pembasmi Iblis). Dia harus mengabdi di sana 10 tahun lamanya.

Namun itu tidaklah mudah. Umumnya seseorang hanya dapat bertahan hidup selama 1 tahun di unit tersebut, namun Raven berjuang untuk kebebasannya dan berhasil bertahan untuk 10 tahun. Sehari sebelum kebebasannya, dia ditugaskan bertarung bersama Alan Pendragon, kepala Kadipaten Pendragon… namun semua harapannya sirna dalam sekejap mata.

Catatan:

Duke Pendragon merupakan salah satu manhwa favoritku setelah membaca 20 chapter awalnya. Art manhwa ini bisa dibilang masih standar, tidak terlalu bagus maupun jelek. Namun jujur, penggambaran karakter utamanya agak merusak ekspetasiku sebagai novel reader-nya. Alasannya karena di novel, sang MC dideskripsikan sebagai seorang pria gagah namun terlalu cantik untuk disebut tampan. Ya, si MC di ilustrasi novel dan manhwa terlihat berbeda.

Kesampingkan hal itu, premis cerita yang dibawakan manhwa ini cukup menarik untuk diikuti. Menceritakan perjuangan Raven Valt dan Alan Pendragon untuk keluarganya. Cerita berpusat pada politik seputar kekaisaran, sumber penderitaan keduanya. Namun ternyata masalahnya lebih besar dari yang mereka duga.

Novelnya sendiri sudah tamat dengan 400 chapter lebih. Namun kulihat cerita di manhwanya dipangkas sehingga kejadian-kejadian tertentu tidak dijelaskan dengan baik. Meski begitu, aku pribadi merekomendasikan manhwa ini untuk dibaca. Apalagi kamu yang suka tema kerajaan fantasi dan petualangan dibumbui hubungan asmara. Kemungkinan besar kamu akan menyukai manhwa Duke Pendragon ini.

Doom Breaker (2021)

Review Doom Breaker; A Battle God's Second Chance; Reincarnation of the Suicidal Battle God; The Battle God's - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Zephyr merupakan manusia terakhir yang terus bertarung melawan iblis di dunia yang diabaikan para dewa. Saat dia dibunuh oleh Tartarus, Dewa Kehancuran, kepunahan manusia tidak terelakkan lagi. Namun takdir belum sepenuhnya tersegel -- dewa yang tertarik akan pertarungan Zephyr menganugerahkannya kesempatan kedua, ia hidup kembali dan kembali 10 tahun ke masa lalu, saat ia masih menjadi budak.

Mampukah Zephyr membalaskan dendamnya dan menyelamatkan wanita yang ia sayangi, atau mengulang kehancuran yang sama seperti sebelumnya?

Catatan:

Doom Breaker merupakan salah satu manhwa original yang tidak diadaptasi dari bentuk cerita yang lain. Manhwa ini menjadi salah satu manhwa original terbaik favorit mimin, karena alur ceritanya yang sangat menarik ditambah art-nya yang sangat memanjakan mata.

Protagonis kita kali ini merupakan seorang lone survivor yang berhasil memberikan goresan kepada dewa kehancuran (atau raja iblis kali ya?). Tidak terima karena mendapat sedikit goresan, si dewa kehancuran ini protes kepada para dewa dan ingin mengulang kembali dari masa lalu. Yah, kayaknya sih si dewa ini tipe orang yang perfeksionis, jadi dia ingin menang tanpa adanya goresan sedikitpun.

Merasa diberi kesempatan, tentu saja si MC setuju, dengan syarat dia harus kembali ke masa-masa tertentu dan ingatannya tetap ada. Jadilah mc kembali ke masa lalu ketika dia menjadi seorang budak dan belum mempunyai kekuatan apapun.

Dengan begitu, kita akan mengikuti kisah si MC dari zero to hero kembali. Namun tentu saja, meski dia tipe mc zero to hero, tetap ingat bahwa dia punya ingatan tentang masa depan. Jadi yah, bisa dibilang dia sudah overpower dari awal cerita.

Kita juga akan disuguhi tentang cerita sang MC dengan heroinenya yang dulu tidak bisa dia selamatkan. Kita akan sering melihat kisah romansa mereka di sela-sela cerita, sehingga unsur romance di manhwa ini termasuk kental.

Yups, inilah kisah tentang MC yang berniat membalas dendam kepada dewa. Jika di kehidupan sebelumnya di mana dia benar-benar berusaha dari awal sudah bisa menggoreskan luka kepada dewa, mampukah dia benar-benar mengalahkan dewa setelah kembali ke masa lalu dengan ingatan dari masa depannya?

66666 Years: Advent of the Dark Mage (2021)

Review 66666 Years: Advent of the Dark Mage; A Black Wizard Reincarnated in 66666 Years; A Warlock Reincarnated After 66666 Years; Black Mage Reborn After 66666 Years; Reincarnated Into A Warlock 66,666 Years Later; The Dark Magician Transmigrates After 66666 Years - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2021 @idyourzee

Diablo Volfir, seorang Dark Magician yang sangat kuat, telah dikalahkan dan disegel oleh kedua belas dewa. Akhirnya dia terbangunkan setelah 66.666 tahun lamanya dalam tubuh seorang bayi yang baru dilahirkan bernama Jamie Welton.

Sembilan tahun kemudian, dengan pengetahuan kehidupannya dulu dan rasa kasih sayang keluarga barunya yang memberikan rasa damai, Jamie berencana melakukan balas dendam terhadap kedua belas dewa yang telah menyegelnya.

Catatan:

Sebuah manhwa yang menceritakan kisah seorang (yang dianggap) penjahat melawan dewa (yang dianggap) baik.

Kita akan mengikuti kisah protagonis yang kehidupannya di masa lalu jauh berbeda dengan kehidupannya di masa sekarang. Dia menjadi anggota sebuah keluarga yang saling menyayangi, tumbuh dengan kasih sayang orang tua, dan belajar di lingkungan yang memadai bakatnya. Kita akan sering disuguhi dengan scene emosional ketika membaca.

Meski tidak terlalu kental, tetap ada unsur romance pada manhwa ini. Namun ya begitu, di puluhan chapter mc dan heroinenya bahkan hanya satu atau dua kali bertemu. Namun percayalah, meskipun jarang, justru itulah yang menjadikan kesan bahwa setiap pertemuan mereka terasa spesial dan sangat kita tunggu-tunggu.

The Nuna at Our Office [END](2020)

Review The Nuna at Our Office; My Office Noona Story; Office Noona; Our Office Story; The Story About My Office Noona; My Senior at the Office - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Ketika Manajer Son dipindahkan sementara ke departemen baru, kehidupan kantornya yang membosankan berubah. Di sana, dia bertemu Manajer Ahn, senior yang kompeten dan menawan.

Namun saat Manajer Son mulai lebih dekat dengannya, dia sadar bahwa ada alasan dibalik sifat kuat, mandiri, dan independen yang dimiliki seniornya. Segera, dia mulai mengerti kenapa hubungan kantor bisa menjadi rumit.

Catatan:

Jujur, mimin suka banget manhwa ini. Alasannya simpel, mimin cuman pernah berhubungan dengan orang yang situasinya mirip dengan heroine-nya. Ironisnya, akhir hubungan kami hampir sama dengan akhir kisah manhwa ini. Tapi ya, ini curhat doang. Jadi gak usah ditanggapin, oke!

Yups, manhwa ini relate banget sama kehidupan. Banyak pesan moral yang bisa kita ambil dari sana. Jika kamu seorang pria single dan sedang mencari pasangan hidup, mimin saranin buat mulai membaca manhwa ini deh. Karena manhwa ini memberikan pandangan kita sebagai seorang lelaki, terhadap perempuan yang sulit dimengerti.

Duh, jadi inget mantan lagi ya kan (huhu) ....

Teenage Mercenary (2020)

Review Teenage Mercenary; High School Mercenary; High School Soldier; Mercenary Enrollment - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Yu Ijin adalah satu-satunya yang selamat dari kecelakaan pesawat saat dia masih kecil. Setelah menjadi tentara bayaran untuk bertahan hidup selama 10 tahun, ia kembali ke keluarganya di kampung halamannya.

Catatan:

Manhwa ini mengingatkan mimin pada drakor aksi yang populer, seperti Vagabond dan K2. Mungkin kalau diadaptasi ke dalam bentuk drama live-action, manhwa ini bisa menyamai kedua drakor tersebut (IMO).

Alur ceritanya maju mundur, yang selalu bikin gregetan! MC kita sudah OP dari awal cerita, namun kadang ada chapter flashback yang menceritakan usahanya agar bisa menjadi kuat seperti masa kini.

Manhwa ini gak hanya cocok buat cowok, tapi juga cocok banget deh buat cewek. MC-nya hensem, ada psikopat, ada CEO, ada cewek populer, ada artis, wah... pokoknya yang biasanya disukai ciwi-ciwi ada di manhwa ini. Tapi bukan berarti cowo-cowo enggak bakalan suka ya. Cuman saran mimin nih ya, buat kamu para kaum cowo jones mendingan jangan baca deh. Entar malah iri, atau ngayal yang enggak-enggak (teehee~).

SSS-Class Revival Hunter (2020)

Review SSS-Class Revival Hunter - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

"Aku menginginkan skill Rank-S juga! Aku sangat menginginkannya, aku rela mati untuk mendapatkannya!" Tiba-tiba menara mengabulkan permintaannya.
[Kamu telah membangkitkan skill S-Rank.]
[Tapi itu hanya bekerja saat kamu mati.]
"HUH !? APA GUNANYA MENDAPATKAN SKILL INI JIKA AKU MATI !?"

Catatan:

Salah satu manhwa yang masuk nominasi penghargaan "SI PALING DEPRESI".

Yups, MC kita di manhwa ini merupakan tipe average person, which is bikin mimin rada-rada geuleuh melihatnya. Tapi tenang, MC kita tidak sebodoh yang kita kira. Dia mendapatkan kekuatan rank S yang paling dia idamkan, dan berubah dari orang biasa menjadi MC yang sebenarnya.

Berlatarkan dunia di mana suatu hari tower-tower bermunculan. Setelah itu, manusia menjadi hunter yang berburu di tower-tower tersebut. Dari segi cerita, mimin sangat menyukainya. Dari segi art, manhwa ini juga sudah termasuk top tier. Dari segi romance, meski butuh seratus lebih chapter untuk memunculkan heroine sejati, setelah dia muncul hubungan keduanya sangat menarik untuk diikuti.

MC x Master SSS-Class Revival Hunter - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Nano Machine (2020)

Review Nano Machine - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Cheon Yeo-woo merupakan anak ke-7 dari ketua sekte iblis. Ibunya hanyalah orang biasa, sehingga keberadaannya dianggap mengganggu pewaris lainnya. Hal ini mengakibatkan ibunya diracuni sehingga meninggal dalam penderitaan, dan ia menjadi target dari pembunuhan pewaris-pewaris lainnya.

Suatu hari, ia hendak dibunuh oleh sekelompok assassin yang dikirimkan salah satu pewaris dari sekte utama, sampai seseorang muncul dan menyelamatkannya. Dalam ambang batas kesadaran, orang itu mengatakan sesuatu tentang dirinya yang dari masa depan dan keberadaan nano machine yang akan mengubah hidupnya. Sejak saat itulah kehidupan Yeo-woo berubah....

Catatan:

Nano Machine merupakan salah satu manhwa fantasi sekaligus sci-fi. Kita akan disuguhkan dengan cerita sang protagonis yang culun dan tidak bisa apa-apa menjadi seseorang nomor satu dibantu dengan teknologi dari masa depan.

Yups, mungkin kamu akan merasa absurd setelah membaca sinopsis. Namun ketahuilah, meski dasar ceritanya agak dirasa kurang banget, pengeksekusian cerita berjalan baik dan sangat menarik. Kita akan disuguhkan dengan perjalanan sang MC dari zero to hero, dari culun menjadi pemberani, dan tentu saja dari seorang jomblo menjadi punya istri (makanya jon, jangan ngenes mulu, cari istri gih!).

My Royal Awakening (2020)

My Royal Awakening; I Shall Lives As a Prince - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Lee Hyun Ho, seorang pria biasa yang sedang mencari pekerjaan di Korea, telah bereinkarnasi menjadi seorang pangeran dari dinasti Joseon. Tapi sayangnya, dia bereinkarnasi menjadi Pangeran Agung Jinseong, adik dari raja tiran Yeonsan-gun!

Meskipun ia lulus dari sekolah yang layak, Hyun Ho kesulitan mendapat pekerjaan. Suatu hari, dia membuka mata setelah tertidur akibat menjalani kehidupan biasanya sebagai orang miskin, dan dia mendapati dirinya menjadi Pangeran Agung Jinseong dari abad ke-15. Karena dia sekarang adalah seorang pangeran kaya, rencananya adalah untuk menjalani kehidupan yang tinggi, tetapi… Dia mengetahui bahwa saudaranya adalah Yeonsangun, raja Joseon, yang terkenal sebagai seorang tiran gila!

Demikian seorang pencari kerja biasa memulai rencananya sebagai Pangeran Besar Jinseong untuk menjadikan si tiran Yeonsangun menjadi raja yang hebat dan untuk melindungi istrinya sendiri. 'Proyek perawatan mental Yeonsangun' yang tak terduga! 'Baiklah~~ Ayo ubah sejarah!'

Catatan:

Bagi kamu yang suka sejarah dunia, pasti tahu dong si Raja Tiran dari Dinasti Joseon? Raja yang tidak mempedulikan rakyatnya akibat dibutakan balas dendam. Ironisnya, sifat dirinya menjadi seperti ayahnya yang sangat ia benci, bahkan lebih buruk darinya. Banyak film dari Korea yang mengisahkan si Raja Tiran ini, dan sekarang kisahnya juga diangkat pada manhwa berjudul My Royal Awakening ini.

Seperti yang tertulis pada sinopsis, MC kita kali ini merupakan seorang reinkarnator dari masa depan. Dirinya yang tahu akan menjadi apa si Raja Tiran yang tidak lain kakaknya sendiri itu, mencoba membuatnya menjadi lebih baik, tidak haus akan balas dendam. Demi melindungi kehidupannya yang nyaman, istrinya yang cantik, dan dirinya sendiri.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

Jujur, feels yang mimin dapat saat membaca sama seperti saat menonton drama historical korea, yang mana sangat aku sukai. Plot cerita benar-benar menarik untuk diikuti, apalagi usaha sang protagonis yang mungkin kita anggap tidak terlalu berguna namun menjadi sebuah titik balik penting untuk masa depannya.

Namun seperti manhwa shounen kebanyakan, kita bisa melihat bahwa sang protagonis selalu menang, atau menjadi lebih baik. Di samping hal itu, di manhwa ini kita akan disuguhkan unsur drama politik dan masalah kekeluargaan yang intens dengan penggambaran yang bagus. Perasaan kamu mungkin akan campur aduk ketika membaca. Penokohan sang MC benar-benar diluar dugaan. Kamu mungkin akan merasa bosan, penasaran, semangat, kecewa, dan merinding saat melihat perbuatannya.

Rekomendasi Manhwa Terbaik dan Terupdate Sampai Tahun 2021 - My Royal Awakening

Memorize (2020)

Review Memorize - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2020 -@idyourzee

Hall Plain, dunia lain di zaman modern. Suatu hari Kim Soo-hyun tiba-tiba dipanggil ke dunia Hall Plain setelah keluar dari militer. Setelah melewati banyak hal dia berhasil mencapai puncak, sepuluh tahun di Hall Plain juga diwarnai oleh masa lalu yang menyedihkan. Untuk mengubah masa lalu yang menyedihkan itu, Kim Soo-hyun memutuskan untuk menggunakan kekuatan ‘Code Zero’ untuk membalikkan waktu 10 tahun yang lalu.

Catatan:

Memorize merupakan manhwa yang berasal dari salah satu novel generasi pertama yang mengusung sistem fantasi dan sistem elemen game. Menceritakan sang MC yang berhasil bertahan, namun ia gak mau sendirian. Jadi ia meminta agar waktu diputar kembali.

MC kita di sini merupakan tipe hensem dan badass, dan yang paling menarik adalah sifat penilaiannya yang terlalu over pada karakter lain. Dia selalu berhati-hati, bahkan kepada para heroinenya yang jatuh cinta padanya. Tipe cowok SIGMA MALE nih gengs!

Tomb Raider King (2019)

Review Tomb Raider King cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Makam Dewa mulai muncul di seluruh dunia. Karena relik di dalam makam ini, banyak yang bisa menggunakan kekuatan legendaris ini untuk diri mereka sendiri, sementara yang lain menjadi budak para pengguna ini. Namun, seorang Tomb Raider muncul dengan tujuan merampok peninggalan ini. The Tomb Raider King. “Sialan! Apa bajingan itu sudah menjarah tempat ini juga ?! ”Apa yang kau miliki adalah milikku. Apa yang aku miliki jelas milik miliku. Ini adalah kisah tentang Tomb Raider yang dihidupkan kembali yang akan melakukan apa saja untuk mengklaim semua makam dan relik untuk dirinya sendiri!

Catatan:

Ceritanya unik dan anti-mainstream. Bagi kamu yang suka sejarah dan mitologi, pasti suka manhwa ini.

MC kita di sini bisa dibilang cerdas, tapi kayaknya lebih tepat kalau disebut sableng (wkwk). Dia dikhianati rekan-rekannya dan mati, tapi karena kekuatan relik tertentu ia bisa kembali ke masa lalu (yeah, regression time!).

Kita juga akan melihat hubungan si MC dengan heroinenya di sepanjang cerita, yang meskipun tidak terlalu kental, namun cukup seru untuk melihat perkembangan hubungan yang keduanya lalui.

The Second Coming of Gluttony (2019)

Review The Second Coming of Gluttony cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Seorang penduduk bumi yang bertarung hingga kematian menjemputnya telah diberikan permohonan oleh dewa, apapun permohonan yang dia inginkan akan dikabulkan. Namun sayangnya keadaan berubah…

Catatan:

TSCoG merupakan sequel dari manhwa berjudul Memorize. Manhwa ini menceritakan seorang Earthling (petarung dari Bumi) yang sedikit demi sedikit mendapat ingatan-nya dari masa depan.

Meski sequel, TSCoG lebih dulu diadaptasi ke bentuk komik daripada Memorize. Art manhwa ini mengikuti zaman, dan art season 2 sudah bagus standar tahun rilisnya.

Meski fokus cerita tentang pertempuran melawan penjajah dari planet lain (atau dunia lain kali ya?), kita akan disajikan pula tentang hubungan si MC dengan heroine-heroinenya yang cakep-cakep. Duh pokoknya para jones bisa ngiri banget deh sama kehidupan si MC!

Return Survival [END](2019)

Review Return Survival cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Apakah dunia kembali ke enam bulan yang lalu? Apakah ini peluang atau pengulangan penderitaan? Sebuah malapetaka, dimana virus menghantam Bumi dan mengubah manusia menjadi Zombie! Tiga tahun untuk bertahan hidup dalam kehancuran dan keputusasaan melalui puluhan krisis kematian di planet yang runtuh! Pada akhirnya, aku tidak bisa bertahan, aku melawan gerombolan zombie dan meninggal. Dan… ketika aku membuka mataku lagi… aku berada di masa lalu, enam bulan sebelum virus zombie menyebar ke dunia! Dalam enam bulan kedepan, dunia yang damai ini akan musnah, dan hanya aku yang mengetahuinya!

Catatan:

Salah satu tema favorit mimin, yaitu apokalips! MC di manhwa ini cukup garang dan badass, ditambah cerdas. Dia gak kenal ampun dan gak suka pandang bulu dalam bertindak. Ingatannya soal masa depan juga bikin dia bisa buat banyak strategi buat survive, walau kadang salah perhitungan juga. Awal-awal cerita memang agak membosankan, tapi selebihnya mulai seru dan menegangkan. Sisanya rasakan sendiri!

Legend Of the Northern Blade (2019)

Review Legend Of the Northern Blade cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2019 by @aezife (s.id/AeziTR)

Ketika dunia diliputi kegelapan oleh ‘Silent Night’, Seniman Bela Diri dari seluruh tempat berkumpul untuk membentuk ‘Sekte Utara Surgawi’. Dengan kekuatan luar biasa dari Sekte Surgawi Utara, Silent Night didesak mundur jauh dan orang-orang mulai menikmati kedamaian sekali lagi. Namun, seiring berjalannya waktu para seniman bela diri dari daratan mulai berkonspirasi melawan ‘Sekte Surgawi Utara’, dan akhirnya menyebabkan kematian Pemimpin Sekte Generasi Keempat, Jin Kwan-Ho. Ketika semua orang meninggalkan sekte, putra satu-satunya Jin Kwan-Ho, Jin Mu-Won tertinggal. Mu-Won tidak pernah belajar apapun tentang seni bela diri, tetapi ia akhirnya menemukan Teknik Martial diam-diam ditinggalkan oleh ayahnya dan mulai memperoleh seni bela diri dari Sekte Surgawi Utara. Lalu suatu hari, seorang gadis misterius muncul di hadapan Mu-Won … !!

Catatan:

Salah satu manhwa yang berlatarkan di dunia murim, di mana ahli beladiri berkeliaran dan terdapat sekte-sekte yang kuat. Protagonis kita kali ini merupakan tipe mc yang bodo amat. Fokusnya cuman mencapai tujuan, selebihnya ia gak terlalu peduli.

Cerita berfokus pada perjalanan sang MC untuk memulihkan nama baik ayahnya yang dianggap penghianat dan membangun ulang sektenya. Namun semua itu tidak semudah kelihatannya, karena musuhnya bukan hanya satu atau dua orang, melainkan satu daratan.

Dalam perjalanannya tersebut, sang MC mendapat bantuan banyak orang baik yang setia, juga dibantu heroine-heroine yang sangat mempengaruhi cerita. Tidak hanya fokus pada action saja, kita juga akan melihat bagaimana kisah romansa sang MC yang penuh dengan lika-liku.

Manhwa ini mempunyai premis cerita yang lumayan berbeda dengan tipikal komik martial arts kebanyakan, didukung dengan art-nya yang unik dan semakin berkembang. Bagi murim lovers, kalian wajib banget baca manhwa yang satu ini.

Oh ya, author komik ini populer karena menuliskan novel-novel martial arts yang banyak disukai pembaca. Bisa dibilang kalau hampir semua kisah martial arts yang dia tulis, selalu mendapatkan ulasan positif dan direkomendasikan banyak orang.

The Beginning After The End (2018)

Review The Beginning After the End cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018  by @aezife (s.id/AeziTR)

Raja Grey yang mempunyai kekuataan, kekayaan dan prestise tak tertandingi di dunia yang kemampuan bela diri menentukan nasib seseorang. Bereinkarnasi ke dunia penuh sihir dan monster setelah dibunuh secara diam-diam. Sang raja punya kesempatan kedua untuk memperbaiki kesalahan masa lalunya dan pencarian alsan kenapa dia bisa terlahir kembali serta perannya di dunia baru ini.

Catatan:

Fantasy, returner, OP, badass, revenge, romance, popular ... semuanya dibabat habis di manhwa ini. Tapi jangan salah loh, karena manhwa ini ceritanya seru abiezz!

Yups, banyak komik yang mengusung tema atau genre mainstream seperti ini. Saking banyaknya, orang-orang mulai menganggap komik-komik fantasi itu banyak yang ceritanya ecek-ecek, gak berbobot. Dari awal udah OP, sampe gak ada villain yang bisa ngimbangin,

Tapi mimin jamin deh, manhwa TBATE ini beda! Eh, maksudnya sama, tapi beda! Ya intinya gitu deh, baca aja dulu biar gak penasaran.

Manhwa TBATE ini merupakan manhwa fantasy dengan unsur romance yang sangat kental. Kita akan disajikan petualangan sang MC menghadapi pertempuran-pertempuran yang akan datang bersama keluarganya, terutama heroinenya yang selalu mendampingi dia.

Medical Return (2018)

Review Medical Return cover Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2018 by aezife (s.id/AeziTR)

Kim Jihyun, seorang ahli bedah yang biasa saja, mendapat kesempatan untuk mengulang kehidupannya. Dia kembali ke masa SMA, dan mulai belajar nonstop untuk masa depan yang cerah. Tujuannya adalah untuk menjadi seorang dokter kulit agar bisa menghasilkan banyak uang, tidak seperti ahli bedah dengan penghasilan pas-pasan seperti di kehidupan sebelumnya.

Catatan:

Yups, mungkin kamu mulai bosan dengan tema manhwa returner atau regressor ini.
I can feel it, bro ~
Perasaan banyak banget dah yang kembali ke masa lalu. Manhwa fantasi baru MC-nya seorang regressor. Manhwa SoL baru MC-nya seorang returner. Second Life, Rebirth, Regressor, Returner... beuhh ~

TAPI... manhwa ini beda! Ya, beda... atau sama aja kali ya? Bedanya cuman pengeksekusian di manhwa ini cukup seru, apalagi kalo kamu saat ini duduk di kelas XII SMA/SMK/MA. Wah, sangat rekomended, deh!

Alasannya yaitu manhwa ini memberikan banyak pesan moral untuk teman-teman yang masih duduk di bangku sekolah menengah. Selebihnya juga menceritakan kehidupan di lingkungan perguruan tinggi. Keren deh pokoknya!

Marry Me! [END](2015)

Alias: Marry Me (YUUKI Miku); PNS Kawin Kontrak
Author: YUUKI Miku
Artist: YUUKI Miku
Genre: romance, slice of life

Review Marry Me! - Rekomendasi Manhwa Terbaik Tahun 2017 ke Bawah -@idyourzee

Cerita berpusat pada seorang PNS 28 tahun bernama Akiyasu Shin. Shin ditunjuk untuk ikut serta dalam program baru pemerintah yang disebut "Hukum Perlindungan NEET". Projek ini menikahkan pegawai pemerintahan dengan seorang NEET, dengan tujuan merehabilitasi dan mengenalkan ulang mereka ke masyarakat. Masalahnya adalah, pasangan Shin, Sawamoto Himari, telah didaftarkan tanpa sepengetahuan dirinya sendiri.

Mampukah Shin memenangkan hatinya? Atau apakah perjodohan mereka akan batal?!

Catatan:

Marry Me! mengisahkan kehidupan sehari-hari pasutri yang menikah karena keadaan. Si cowok menikah karena pekerjaan, sedangkan si cewek menikah karena sosialita.

Manhwa ini sangat heart warming dan cocok untuk kamu yang sedang berada di masa pendewasaan. Kisah yang dibawakannya cukup realistis sehingga banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa kamu ambil.

Oh ya, manhwa ini tersedia dalam Bahasa Indonesia di WEBTOON, resmi dan gratis!

Penutup

Itulah rekomendasi manhwa romance terbaik untuk cowok terbaru 2023 versi Min Aezi (s.id/AeziTR). Namun karena tahun 2023 belum berakhir, maka artikel rekomendasi ini akan terus diupdate. Jadi nantikan judul manhwa-manhwa terbaru yang seru hanya di @idyourzee!

Semoga menghibur dan jangan lupa tidur yang cukup yaa~.


KEMBALI KE ARTIKEL UTAMA
---- REKOMENDASI MANHWA TERBAIK SEPANJANG MASA ----


Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain