Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian II [Update 2023]

Temukan rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa versi terupdate 2023 hanya di blog @idyourzee!

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Halo semua, masih sedih gak nih? (wkwkwk)

Min Aezi kembali menemani kalian di daftar rekomendasi terbaik yang kali ini melanjutkan artikel sebelumnya, yaitu rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa. Setelah sebelumnya mimin membagikan daftar film anime yang rilis di bawah tahun 2020, sekarang mimin akan melanjutkannya dengan film-film yang dirilis pada tahun-tahun setelahnya. Artinya, daftar rekomendasi di bawah ini merupakan film-film yang masih baru ya guys. Kamu bisa berharap akan hal ini ...

Namun perlu kamu ketahui nih, jika belum membaca artikel sebelumnya, silakan luangkan waktu untuk membacanya. Yah, kamu bisa membaca langsung ke bagian II juga tidak masalah sih, tapi bisa jadi di bagian I ada beberapa film anime yang mungkin menjadi favoritmu.

  • Rekomendasi FIlm Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian I
  • Rekomendasi FIlm Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian II (laman ini)

Langsung saja, berikut merupakan daftar rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa bagian II versi Aezi Top Recommendation (s.id/AeziTR). Siapkan tissue!

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian II [Update 2023]

A Whisker Away (2020)

Nakitai Watashi wa Neko wo Kaburu
comedy, drama, romance, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Sasaki "Muge" Miyo adalah seorang murid tahun kedua SMA yang dicap aneh. Dia jatuh cinta dengan teman sekelasnya yang bernama Hinode Kento. Muge dengan jelas mengungkapkan cintanya pada Kento setiap hari, meski dia diabaikan.

Namun demikian, sambil membawa rahasia yang tidak dapat dia ceritakan pada siapa pun, Muge terus mengejar Kento.

Muge menemukan topeng ajaib yang memungkinkannya berubah menjadi kucing bernama Taro. Keajaiban itu memungkinkan Muge mendekati Kento, tetapi pada akhirnya itu juga membuatnya tidak bisa berubah kembali menjadi manusia.

Catatan

Pepatah bilang kalau cinta itu buta. Tapi siapa pepatah yang bilang demikian? Tentu saja pepatah yang dibutakan oleh cinta. Lalu apa hubungannya sama film anime yang satu ini? Jawabannya ada di kolom komentar!

Josee, the Tiger and the Fish (2020)

Josee to Tora to Sakana-tachi
drama, romance

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Demi mewujudkan mimpinya untuk sekolah diving di luar negeri, Tsuneo mendapatkan pekerjaan untuk membantu Josee, seorang seniman yang imajinasinya melebihi batasannya yang duduk di kursi roda. Namun ketika ombak menerpa keduanya, mereka mendorong satu sama lain ke tempat yang tidak pernah dibayarngkan, dan menginspirasi sebuah cinta yang cocok untuk dibuatkan buku cerita.

Catatan

Josee merupakan adaptasi dari novel yang berjudul sama, dan saat ini sudah memiliki tiga adaptasi film yang setiap endingnya berbeda.

Adaptasi film pertama yaitu Josee, the Tiger and the Fish (2003). Film tersebut merupakan film Live Action dari Jepang yang mengisahkan tentang Josee dan Tsuneo. Mimin sendiri belum menonton versi yang pertama ini, namun banyak orang bilang kalau versi ini memiliki happy ending alias ending yang bahagia.

Adaptasi kedua yaitu dari Korea dengan judul Josee (2020). Adaptasi kedua ini mempunyai vibes gloomy dan sad ending, mengisahkan Josee dan Youngseok (Tsuneo versi Korea) yang menemukan arti cinta dalam kekurangan, dan pengalaman hidup setelah mengalami keterbatasan. Mimin sendiri pernah merekomendasikan film ini di artikel Rekomendasi Film Korea Sedih Sepanjang Masa.

Adaptasi yang ketiga yaitu film ini, Josee, the Tiger and the Fish (2020). Adaptasi ini berbeda dengan adaptasi yang sebelum-sebelumnya, karena berbentuk animasi yang penuh akan visual yang memanjakan mata.

Sing a Bit of Harmony (2021)

Ai no Utagoe wo Kikasete
drama, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Amano Satomi merupakan seorang model sekolah sekaligus puteri dari ketua proyek Hoshima, sebuah perusahaan yang merevolusi teknologi AI. Namun karena hal tersebut, kehadiran Satomi membuatnya terisolasi dari teman sekelasnya — sebuah penghalang yang dia tahu tidak akan pernah bisa dia lewati.

Pada suatu hari yang biasa, saat bersiap ke sekolah, Satomi membaca proposisi menarik terbaru ibunya: AI yang akan membuktikan apakah robot dapat hidup berdampingan dengan manusia. Penasaran dengan bagaimana ibunya akan memulai proyek tersebut, Satomi pergi ke sekolah, tetapi yang berdiri di depan kelas tidak lain adalah AI itu sendiri.

Sebagai subjek penelitian, Ashimori Shion ditugaskan untuk menyesuaikan diri seperti gadis remaja normal tanpa mengungkap identitas aslinya. Namun, Shion memiliki tujuan lain — untuk membuat Satomi bahagia. Dengan bakatnya dalam menyanyi, Shion berusaha untuk membuat melodi yang harmonis yang tidak hanya menghubungkannya dengan teman-teman barunya, tetapi juga menghilangkan disonansi di dalam hati Satomi.

Catatan

Pernahkah kamu menonton film Terminator? Di film tersebut, kita akan melihat kisah bagaimana sebuah teknologi artisifial atau AI belajar dan melampaui pengetahuan umat manusia yang menciptakannya. Alhasil para robot AI mulai menguasai dunia dan menghancurkan peradaban manusia.

Nah, film anime yang satu ini temanya hampir mirip dengan film tersebut. Yah, enggak 100% mirip juga sih. Soalnya di terminator robot yang jadi temennya MC itu om-om, nah di film anime ini robot yang jadi temennya MC itu joushikosei alias cewek SMA. Parahnya lagi, robot tersebut hobinya cuma nyanyi-nyanyi gak jelas cuy!

Eits, tapi jangan salah. Robot AI di film ini bisa bikin kamu baper, loh. Karena bla bla bla bla ... (tonton aja, kalo diceritain nanti malah jadi spoiler xD)

Suzume (2022)

Suzume no Tojimari
adventure, fantasy

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Suzume, seorang gadis berusia 17 tahun, kehilangan ibunya ketika masih kecil. Dalam perjalanannya ke sekolah, dia bertemu seorang pria muda yang misterius. Rasa keingintahuannya ternyata membawa Suzume pada bencana yang membahayakan seluruh populasi di Jepang, dan begitulah ... Suzume berpetualang untuk memperbaikinya.

Catatan

Du du dururu rururu rururu rururu~

Bubble (2022)

action, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Tokyo berubah menjadi kota yang dipenuhi gelembung dan gravitasi di sana menjadi tidak normal. Di sana, seorang pria dengan bakat aneh bertemu dengan seorang gadis misterius.

Catatan

Jujur, mimin baru menonton film ini hingga memasuki pertengahan, jadi mimin belum tahu bagaimana film ini seluruhnya. Namun yang jelas, cukup banyak orang bilang kalau kamu suka anime sedih, maka film anime ini harus ditonton.

To Every You I've Loved Before (2022)

Boku ga aishita Subete no Kimi e
romance, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Di sebuah dunia di mana orang-orang terbiasa dengan rutinitas mereka berpindah-pindah dunia paralel ...

Takasaki Koyomi yang tinggal bersama ibunya setelah kedua orang tuanya bercerai, masuk ke universital lokal setempat. Karena atmosfir pembelajaran yang terkonsentrasi dan kecanggungan sosialnya, Koyomi kesulitan mendapat teman.

Suatu hari, Koyomi didatangi teman sekelasnya yang bernama Takigawa Kazune. Kazune berkata kalau dia berasal dari dunia ke-85 di mana mereka berdua adalah sepasang kekasih.

Catatan

BokuAi dan KimiAi, kedua film ini saling berkaitan. Mengisahkan tentang adanya dunia paralel di mana kehidupan manusia bisa berbeda tergantung dari pilihannya meskipun yang terkecil.

Kedua film ini mengisahkan tentang kehidupan sang protagonis dari masih kanak-kanak hingga lanjut usia. Meski ada 2 film dan judulnya berbeda, sebenarnya kisah-kisah di dalamnya itu saling berkaitan.

Setelah menonton kedua filmnya, kita pasti akan sadar betapa dalam makna dari judul kedua film ini.

Terkait urutan menonton, kamu dapat menonton kedua film ini dari film yang mana saja. Kedua film ini dirilis di hari yang sama dan cerita maupun dunianya saling berhubungan, jadi kamu bisa menontonnya tanpa khawatir terkena spoiler atau apapun itu.

Mimin sendiri menonton dari film KimiAi lebih dulu, baru ke BokuAi, dan yups ... sad vibesnya cukup ngena sampe sulit bikin move on :(

To Me, the One Who Loved You (2022)

Kimi wo Aishita Hitori no Boku e
romance, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Hidaka Koyomi bertemu Satou Shiori di laboratorium ayahnya dan keduanya mulai jatuh cinta. Namun cinta mereka terhalang karena ayahnya menikahi ibunya Shiori. Tidak mau menjadi saudara, mereka memutuskan untuk kabur menuju semesta yang lain. Perjalanan antar dimensi sudah biasa di dunia mereka, namun bukan berarti tanpa akibat sama sekali.

Apakah ada satu semesta di mana mereka bisa bersama, dan apa yang harus mereka korbankan untuk mendapatkannya?

Catatan

Cek catatan di film yang satunya.

The Tunnel to Summer, the Exit of Goodbyes (2022)

Natsu e no Tunnel, Sayonara no Deguchi
drama, mystery, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Ada rumor yang beredar di masyarakat: Hukum tempat dan waktu tidak berlaku di Terowongan Urashima. Jika kamu masuk ke dalamnya, kamu bisa mewujudkan apa yang hatimu inginkan di sisi yang lain ... dengan usiamu sebagai gantinya.

Di malam hari, Kaoru tidak sengaja menemukan terowongan yang mencurigakan, yang mendeskripsikan Terowongan Urashima. Di sana dia memikirkan Karen, adik yang pergi meninggalkannya 5 tahun yang lalu.

Catatan

Film Natsu e no Tunnel merupakan film yang berkaitan erat dengan time-lapse. Film ini mengisahkan tentang MC yang mempunyai masalah dalam kehidupannya menemukan sebuah terowongan yang dianggap bisa mengabulkan harapan terdalam hati seseorang yang melewatinya.

Drifting Home (2022)

Ame wo Tsugeru Hyouryuu Danchi
fantasy

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Saat musim panas yang ditakdirkan, sekelompok murid SD terapung di laut di atas sebuah bangunan apartemen tua yang ditinggalkan. Mereka harus bahu membahu demi bertahan hidup dan mencari cara untuk pulang.

Catatan

Apa jadinya jika sekelilingmu dunia dipenuhi lautan dan kamu serta beberapa orang temanmu harus bertahan hidup di atas laut tanpa adanya peradaban?

Itulah gambaran dari film ini. Mengisahkan tentang sekelompok bocil SD yang mulai kenal cinta terlempar ke dimensi yang dipenuhi lautan. Mereka harus bertahan hidup sendirian dan mencari cara untuk pulang.


Gimana guys, udah habis berapa pak tissue nih?

Itulah artikel tentang rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa yang update hingga 2023. Ingat guys, merasa sedih itu boleh, tapi berlarut-larut dalam kesedihan itu gak boleh guys, gak baik! Jadi jangan terlalu baper dengan film-film yang mimin bagikan, karena kamu adalah protagonis di dalam hidupmu. Apa yang kamu lakukan saat ini, pilihan-pilihan yang kamu pilih sekarang akan mempengaruhi kehidupanmu di masa yang akan datang.

Sekian dari mimin, semoga menghibur dan tetap semangat!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Dilarang copy paste tulisan artikel ini tanpa memberikan sumber dan tautan balik (backlink) ke website @idyourzee!

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain