Cara Mengatasi Situs Tidak Aktif atau Tidak Tersedia di Google AdSense [Update 2024]

Temukan tutorial tentang cara mengatasi Situs tidak aktif atau tidak tersedia di Google AdSense hanya di blog NYZEZI.com!

Cara Mengatasi Situs Tidak Aktif atau Tidak Tersedia di Google AdSense by @aezife

Halo semua, apa kabar? Bertemu kembali bersama Min Aezi di artikel tutorial terbaru kali ini yang akan membahas seputar Google AdSense. Setelah mengajukan blog untuk pertama kali, besar kemungkinannya akan ditolak. Alasan penolakannya cukup banyak, seperti konten bernilai rendah dan situs tidak aktif atau tidak tersedia (sebenarnya masih banyak alasan penolakan lainnya, tapi kedua itu yang paling banyak dialami para blogger.

Jika blog-mu ditolak dengan alasan konten bernilai rendah, kamu hanya perlu meningkatkan kualitas kontenmu dan perbanyak artikel yang berkualitas. Jika kedua hal tersebut kamu lakukan, besar kemungkinan di pengajuan-pengajuan berikutnya blog-mu akan diterima.

Nah, jika blog-mu ditolak dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia, artinya ada masalah dengan blog-mu, karena Google AdSense tidak bisa mengaksesnya.

Namun jangan khawatir. Cara mengatasi situs tidak aktif atau tidak tersedia di Google AdSense bisa dilakukan dengan sangat mudah. Ikuti tutorialnya di bawah!

Cara Mengatasi Situs Tidak Aktif atau Tidak Tersedia di Google AdSense

Mimin pernah mengalami penolakan AdSense dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia pada blog berdomain nyzezi.com. Awalnya mimin pikir itu tidak masalah, toh biasanya pengajuan pertama memang selalu ditolak dengan alasan apapun. Tapi setelah pengajuan kedua ditolak dengan alasan yang sama, mimin mulai mencari solusinya.

Adapun penolakan tersebut berbunyi seperti ini:

Situs tidak aktif atau tidak tersedia
Kami mendapati bahwa situs Anda tidak aktif atau tidak tersedia. Sebaiknya Anda memeriksa permohonan Anda untuk melihat apakah ada salah ketik di URL yang Anda kirim. Jika situs Anda berfungsi, Anda dapat mengirim ulang permohonan. Kami akan dengan senang hati meninjau kembali permohonan Anda.

Cara Mengatasi Situs Tidak Aktif atau Tidak Tersedia di Google AdSense by @aezife

Berikut solusi-solusi yang mimin coba sebagai cara mengatasi situs tidak aktif atau tidak tersedia di Google AdSense.

Pertama, Cek Alamat blog-mu!

Sebelum lanjut ke solusi-solusi yang akan dibahas, pastikan URL alias link blog-mu benar, tidak ada typo. Jika iya, silakan lanjut membuka browsermu, lalu cek alamat blog-mu apakah bisa diakses atau tidak. Jangan hanya satu alamat yang kamu cek, melainkan semua alamat yang bisa mengakses blog-mu harus dicek, seperti:

  • nyzezi.com
  • www.nyzezi.com
  • http://nyzezi.com
  • http://www.nyzezi.com
  • https://nyzezi.com
  • https://www.nyzezi.com

Catatan: Ganti nyzezi.com dengan domainmu.

Jika semua alamat di atas bisa diakses, artinya kamu hanya perlu mengubah atau mematikan (menghapus) robots.txt saja (solusi #3). Jika ada salah satu alamat domain blog-mu yang tidak bisa diakses, barulah kamu bisa mencoba solusi-solusi berikutnya satu persatu hingga alamat domain blog-mu bisa diakses semua.

Dalam kasus saya, ada satu alamat yang tidak bisa diakses seperti berikut:

nyzezi.combisa diakses
www.nyzezi.combisa diakses
http://nyzezi.combisa diakses
http://www.nyzezi.combisa diakses
https://nyzezi.comtidak bisa diakses
https://www.nyzezi.combisa diakses

Dengan demikian, saya perlu mencari solusi agar alamat https://nyzezi.com bisa diakses, yang ternyata yaitu opsi pengalihan domain yang belum saya aktifkan di pengaturan blogger (Solusi #2). Baca penjelasan lebih lanjutnya di masing-masing solusi di bawah!

PENTING: Untuk mengatasi situs tidak aktif atau tidak tersedia di Google AdSense, pastikan semua alamat domain blog-mu bisa diakses!

Cara Mengatasi Situs Tidak Aktif atau Tidak Tersedia di Google AdSense by @aezife

Solusi #1, Nyalakan Opsi Ketersediaan dan Pengalihan HTTPS

Ketika alamat blog-mu tidak bisa diakses melalui https, artinya kamu perlu mengaktifkan fitur https di blog-mu itu.

Di dasbor blogger, buka Setelan. Di bagian HTTPS, ada dua opsi yang https yang bisa dinyalakan, yaitu:

  • Ketersediaan HTTPS
    Aktifkan opsi ini agar blog-mu bisa diakses melalui alamat https.
  • Pengalihan HTTPS
    Aktifkan opsi ini agar ketika blog-mu diakses melalui http akan langsung dialihkan ke https sehingga lebih aman.

Setelah ini silakan cek kembali semua alamat blog-mu, apakah masih ada yang tidak bisa diakses?

Jika kedua fitur https sudah diaktifkan namun masih ada alamat blog-mu yang belum bisa diakses, silakan lanjut ke solusi kedua berikut.

Solusi #2, Nyalakan Opsi Alihkan Domain

Masih di Setelan, silakan scroll hingga bagian Memublikasikan. Di sana, terdapat sebuah opsi Alihkan domain. Silakan aktifkan opsi tersebut agar alamat blog-mu yang diakses melalui www bisa diakses.

Setelah solusi pertama dan kedua diselesaikan dan semua alamat blog-mu bisa diakses, kamu dapat mengajukan peninjauan AdSense lagi. Namun jika pengajuan masih ditolak dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia, artinya ada suatu hal yang menghalangi bot AdSense untuk mengakses blog-mu.

Baca juga: Cara mengatasi status ads.txt tidak ditemukan di Google AdSense

Solusi #3, Ubah atau Matikan robots.txt

Guys, kalian tahu kan kalau robots.txt itu sangat ampuh buat ngebatasin arus data yang masuk ke blog kita. Kalian tahu kan captcha itu untuk apa? Ya, captcha hadir karena dunia internet itu dipenuhi bot, ada bot yang baik ada juga bot yang jahat. Nah, robots.txt bisa membantu kita membatasi para bot itu masuk ke blog. Kalo diibaratkan kayak satpam lah ya, wkwkwk ...

Namun jika semua bot dibatasi aksesnya menggunakan robots.txt, kemungkinan besar pengajuan AdSense-mu akan ditolak, dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia. Hal ini karena bot dari Google AdSense yang bertugas meng-crawl blog kita menjadi tidak bisa melaksanakan tugasnya karena dibatasi oleh robots.txt.

Oleh karena itu, silakan ubah teks robots.txt di [website/blog-mu sehingga bot Google AdSense bisa mengakses blog-mu itu. Namun jika kamu tidak tahu scriptnya apa, mimin sarankan untuk matikan aja fitur robots.txt tersebut.

Setelah ketiga solusi di atas sudah kamu lakukan, mimin jamin pengajuan AdSense-mu tidak akan ditolak dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia. Meski begitu, mimin tidak menjamin kalau pengajuanmu akan disetujui.

Bisa saja pengajuanmu ditolak kembali dengan alasan yang berbeda, seperti konten bernilai rendah. Satu tips dari mimin, jangan menyerah dan tetap berusaha. Isi blog-mu dengan artikel-artikel berkualitas dan lakukan secara konsisten. Insya Allah pengajuanmu akan diterima.

Itulah tutorial tentang cara mengatasi situs tidak aktif atau tidak tersedia di Google AdSense. Intinya kamu hanya perlu memastikan agar alamat blog-mu bisa diakses oleh pengunjung dan bot baik. Selama blog-mu bisa diakses, penolakan AdSense dengan alasan situs tidak aktif atau tidak tersedia pasti tidak akan pernah kamu dapatkan.

Penulis: Min Aezi (@aezife)

1 komentar

  1. Saya berasal dari Tangsel ingin belajar Adsense.
    Mohon bimbingannya
© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain