Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa

Tak jarang kita melihat orang-orang yang memperdebatkan sebutan komik, manga, manhua, dan manhwa. Ada yang bilang kalau komik dan manga itu berbeda, ada yang bilang manga itu komik Jepang, ada yang bilang manhwa itu webtoon, dan sebagainya.

Lantas apa sih perbedaan komik, webtoon, manga, manhua, dan manhwa? Berikut mimin jelaskan secara singkat di bawah!

Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa

Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja yaa~

Pada kesempatan kali ini Min Aezi ingin membahas tentang perbedaan komik, webtoon, manga, manhua, dan manhwa. Nah loh, kamu-kamu sekalian pasti sudah membaca artikel-artikel rekomendasi yang mimin buat, kan? Kamu penasaran gak, kenapa mimin sering membuat judul seperti Rekomendasi Manhwa, Rekomendasi Manhua, Rekomendasi Webtoon, dan sebagainya? Ada penjelasan di balik judul-judul tersebut, loh!

Bagi seorang Animanga Enthusiast, wajib rasanya untuk tahu tentang perbedaan komik, webtoon, manga, manga, manhua, dan manhwa. Nah loh, kamu tahu gak kalau kelima sebutan tersebut memiliki arti tersendiri. Yups, kelima sebutan di atas sudah pasti berbeda, mulai dari penyebutannya, artinya, dan sebagainya.

Pertama, mari kita bahas pengertian komik lebih dulu. Secara istilah, komik adalah media yang digunakan untuk mengekspresikan ide dengan gambar, sering dikombinasikan dengan teks atau informasi visual lainnya. Komik sering mengambil bentuk urutan panel yang disandingkan.

Dari pengertian tersebut, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa komik adalah cerita bergambar.

Lantas apa sih yang membedakan komik dengan hal-hal sejenis lainnya seperti webtoon, manga, manhua, dan manhwa? TIDAK ADA! Komik adalah bahasa baku, bahasa dasar. Artinya hal-hal sejenis komik adalah jenis komik itu sendiri. Webtoon adalah komik, manga adalah komik, manhua adalah komik, dan manhwa adalah komik.

Perbedaan Komik, Webtoon, Manga, Manhua, dan Manhwa
Hayoo, mau tahu judul manhwa di gambar ini gak? Cek komentar!

Kalau begitu, kenapa banyak orang membedakan komik dengan webtoon, manga, manhua, dan manhwa? Hal ini karena manusia cenderung memakai sebutan yang paling banyak digunakan, meskipun sebutan tersebut salah.

Contohnya kata SILAHKAN. Banyak orang yang menggunakan kata silahkan, bahkan sekelas media nasional juga menggunakan kata ini. Padahal, kata silahkan itu SALAH! Kata yang benar adalah SILAKAN. Lalu bisakah kita menyalahkan mereka karena menggunakan kata yang salah? Tidak juga, toh banyak orang yang lebih mengenal kata silahkan sehingga kata tersebut lebih dianggap benar daripada kata yang aslinya benar itu sendiri.

Ibarat kebohongan yang tidak diketahui siapapun akan menjadi kebenaran ...

Layaknya sejarah yang ditulis oleh pemenang ...

Kita sering mengartikan bahwa komik itu cerita bergambar dari barat, seperti dari Amerika atau Eropa. Padahal komik itu sendiri adalah bahasa baku, bahasa universal yang artinya cerita bergambar. Jadi webtoon, manga, manhua, dan manhwa adalah komik itu sendiri.

Kedua, mari kita bahas tentang webtoon. Webtoon adalah komik atau cerita bergambar yang dipublikasikan secara digital, atau kita bisa menyebutnya sebagai komik digital. Disebut webtoon karena umumnya komik-komik digital tersebut dirilis pada website. Selain webtoon, komik digital juga sering disebut webcomic.

Webtoon identik dengan manhua dan manhwa, karena keduanya sering dirilis secara digital sehingga lebih dikenal sebagai webtoon. Terutama manhwa, karena platform Korea bernama WEBTOON sering merilis manhwa secara digital di sana.

Nah, karena sudah memasuki pembahasan manhua dan manhwa, jadi mari kita bahas langsung pengertiannya.

Manga, adalah sebutan komik di Jepang.

Manhua, adalah sebutan komik di Tiongkok.

Manhwa, adalah sebutan komik di Korea.

Baik itu manga, manhua, maupun manhwa, ketiganya adalah komik itu sendiri, namun dalam bahasa yang berbeda. Ibarat Comic dalam Bahasa Inggris dan Komik dalam Bahasa Indonesia.

Namun adanya platform WEBTOON menjadi penyebab kenapa sebutan WEBTOON lebih familiar di telinga masyarakat. Contohnya banyak orang yang menyebut komik Korea sebagai WEBTOON, padahal kalau kita ingin lebih spesifik, lebih baik menyebut komik Korea sebagai manhwa. Mengingat webtoon itu bisa manga, manhua. maupun manhwa. Komik apapun yang dirilis secara digital bisa kita sebut sebagai webtoon.

Oleh karena itu, mimin selalu membuat artikel rekomendasi yang lebih spesifik. Contohnya rekomendasi manhwa terbaik sepanjang masa. Bukan rekomendasi webtoon terbaik sepanjang masa, karena di dalam artikel tersebut mimin hanya mencantumkan manhwa saja, alias isinya hanyalah komik-komik dari Korea.

Berbeda halnya dengan artikel rekomendasi webtoon zombie survival terbaik. Mimin berikan kata webtoon di judul karena isi artikelnya mencantumkan berbagai jenis komik, seperti manga, manhua, dan manhwa.

Kesimpulan

Nah, setelah membaca artikel di atas, apakah kamu sudah paham perbedaan dari komik, webtoon, manga, manhua, dan manhwa?

Komik adalah cerita bergambar dan bahasa baku yang universal. Baik itu manga, manhua, maupun manhwa, ketiganya adalah komik itu sendiri, namun berbeda penyebutan saja. Manga adalah komik Jepang, manhua adalah komik Tiongkok, dan manhwa adalah komik Korea.

Webtoon adalah komik digital. Baik itu manga, manhua, maupun manhwa, kita bisa menyebut ketiganya sebagai webtoon jika dirilis secara digital. Artinya semua komik yang dirilis secara digital bisa kita sebut sebagai webtoon.

Perlu diingat juga bahwa webtoon dengan WEBTOON adalah berbeda. Ada webtoon yang berupa istilah atau sebutan, ada juga WEBTOON yang berupa perusahaan dari Korea.

Yah, wajar sih kalau masyarakat lebih familiar dengan kata webtoon. Mengingat perusahaan WEBTOON adalah perusahaan pertama yang membuat terobosan besar di dunia komik digital.

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain