Cara Memperpanjang Surat Solar Terbaru 2023

Temukan tutorial tentang cara memperpanjang surat solar hanya di blog NYZEZI.com!

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya~. Min Aezi kembali hadir menemani kamu di artikel tutorial terbaru, yang kali ini tentang cara memperpanjang surat solar.

Lah, untuk apa min? Ngeblog kan gak butuh solar!

Eits, perlu kamu ketahui bahwa pekerjaan utama mimin bukanlah ngeblog cuy! Ngeblog hanyalah hobi saja, karena dari sejak masih SMP dulu mimin suka sekali menulis artikel, dan sekarangpun masih sama. Bagusnya lagi, mimin dapat tambahan uang dari hasil ngeblog. Jadi ya, sebut saja kalau ngeblog itu kerjaan sampingan mimin.

Dulu memang sempat ngeblog mimin jadikan pekerjaan utama. Namun ngeblog tidak memerlukan banyak waktu, dan mimin sendiri butuh inspirasi untuk menulis artikel. Oleh karena itu, mimin memutuskan untuk mulai belajar bertani dan berdagang. Bertani di sini bukan petani yang membajak item-item digital ya guys!

Yah, sebenarnya bukan itu aja sih alasannya. Sebenarnya mimin sudah kesal mendengar ucapan tetangga yang bilang kalau mimin itu pengangguran. Barang-barang seperti pakaian, laptop, kendaraan, dan bahkan rumah yang mimin miliki dibilangnya pemberian orang tua. Padahal semua itu hasil kerja keras mimin sendiri loh!

Yah, memang beberapa ada campur tangan orangtua, tapi selebihnya itu hasil mimin sendiri. Jadi mau gak kesal gimana coba?!?!

Min, udahan curhatnya. Udah melenceng jauh nih!

Hehe, maaf-maaf. Oke deh, kita kembali ke topik awal. Sesuai namanya, surat solar dibuat agar kita diizinkan untuk membeli solar di pom bensin terdekat, eh maksudnya pom bensin tertentu. Berikut mimin jelaskan alur cara memperpanjang surat solar terbaru 2023!

Cara Memperpanjang Surat Solar Terbaru by @aezife

Cara Memperpanjang Surat Solar Terbaru 2023

Sekilas tentang Surat Solar

Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu (Jenis Minyak) adalah surat yang digunakan untuk membeli minyak bersubsidi, termasuk solar. Surat ini biasa disebut dengan surat rekomendasi minyak, surat izin pembelian minyak, surat izin pembelian solar, atau surat solar.

Sejak diberlakukannya aturan terkait minyak bersubsidi, solar tidak bisa dibeli secara sembarangan. Menurut orang Pertaminanya sendiri, konsumen yang berhak membeli solar bersubsidi hanyalah konsumen pelayanan umum, transportasi, usaha pertanian, usaha perikanan, usaha mikro, dan rumah tangga.

Selain itu, kamu perlu membuat Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu (Jenis Minyak) atau yang biasa disebut surat solar di Kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura di kotamu. Untuk membuat surat solar tersebut, silakan datang langsung ke kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura setempat dan sampaikan bahwa kamu ingin membuat surat tersebut. Nantinya kamu perlu memenuhi persyaratannya dan menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan.

Setelah surat solar berhasil dibuat, perlu kamu ketahui bahwa surat tersebut hanya berlaku sampai tanggal terakhir dari bulan pembuatannya. Sebagai contoh, jika kamu membuat surat solar di tanggal 20 September 2023, surat tersebut hanya berlaku hingga tanggal 31 September 2023. Kamu perlu memperpanjang surat solar tersebut di tanggal 1 Oktober 2023 agar bisa terus membeli solar bersubsidi.

Untuk memperpanjang surat solar tersebut, ikuti langkah-langkah di bawah!

Langkah-langkah Memperpanjang Surat Solar

Langkah1: Siapkan berkas yang diperlukan

Siapkan berkas-berkas yang diperlukan untuk memperpanjang surat solar, yaitu:

1. Fotokopi KTP dan foto mesin/alat yang dipakai

Siapkan fotokopi KTP dan foto mesin/alat yang memerlukan solar tersebut. Siapkan satu lembar masing-masing, atau kamu bisa menggabungkannya (fotokopi KTP dan foto hitam putih mesin/alat dalam satu lembar).

2. Fotokopi Surat Keterangan Usaha (SKU)

Silakan buat Surat Keterangan Usaha (SKU) di desamu, lalu fotokopi sebanyak satu lembar.

3. KTP Asli

KTP asli atas nama pembuat surat solar tersebut harus dibawa untuk ditunjukkan kepada petugas.

4. Fotokopi Surat Solar

Harap bawa juga fotokopi Surat Rekomendasi Pembelian BBM Jenis Tertentu (Jenis Minyak) atau surat solar tersebut sebanyak satu lembar.


PENTING!
Setiap daerah mungkin menerapkan peraturan yang berbeda. Selain fotokopi ketiga dokumen di atas, sebaiknya bawa juga dokumen aslinya untuk jaga-jaga bila diperlukan.


Langkah2: Pergi ke Kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura setempat

Silakan datang ke kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura di kotamu.

Informasi tambahan: Selain di kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura, surat solar juga bisa diperpanjang di kantor terkait yang ada di kecamatan. Untuk itu, silakan coba tanya ke kantor kecamatan apakah bisa memperpanjang surat solar di sana.

Baca juga: Rekomendasi QRIS Terbaik untuk UMKM, ada yang realtime dan tanpa biaya MDR!

Langkah3: Perpanjang Surat Solar

Setelah tiba di kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura, silakan sampaikan bahwa kamu ingin memperpanjang surat solar. Petugas terkait akan mendatangimu, atau dalam beberapa kasus kamulah yang harus mendatangi ruangan mereka.

Setelah itu, kamu akan diminta memberikan dokumen-dokumen yang kamu siapkan (fotokopi KTP, foto mesin/alat, fotokopi SKU, fotokopi surat solar, dan KTP asli).

Selanjutnya surat solar akan diproses untuk diperpanjang oleh petugas. Silakan tunggu untuk beberapa saat, sekitar 5-10 menit*.

*Proses memperpanjang surat solar harusnya cepat, karena petugas hanya perlu memverifikasi berkas, menulis ulang surat, dan mengesahkannya dengan tanda tangan atasan dan distempel. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa prosesnya memakan waktu cukup lama karena ada kondisi tertentu seperti mati listrik, rapat, dan sebagainya.

Selesai!

Setelah proses memperpanjang berhasil dilakukan, petugas akan memberikan surat solar yang telah diperpanjang kepadamu. Silakan cek jikalau ada kesalahan dan fotokopi surat tersebut.

CATATAN: Proses memperpanjang surat solar tidak dikenai biaya. Harap laporkan jika ada oknum yang meminta biaya atas proses memperpanjang surat tersebut!

Kesimpulan

Cara memperpanjang surat solar sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan fotokopi KTP, fotokopi SKU, fotokopi surat solar, foto mesin/alat, dan KTP asli. Setelah itu, silakan datangi Kantor Dinas Pertanian Perkebunan Pangan dan Hortikultura setempat dan sampaikan bahwa kamu ingin memperpanjang surat solar.

Mohon diingat bahwa kebijakan pembelian minyak bersubsidi selalu berubah, dan tidak menutup kemungkinan ada perbedaan dalam cara memperpanjang surat solar yang mimin cantumkan di artikel ini. Jika ada kesalahan atau perbedaan tersebut, silakan sampaikan di kolom komentar agar mimin bisa ubah artikel ini dengan segera.

Itulah tutorial tentang cara memperpanjang surat solar. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tutorial berikutnya.

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain