Cara Menghilangkan Noise pada Audio Hasil Record Terbaru 2023

Apakah noise atau suara bising mengganggu audio hasil recordmu? Jangan khawatir, sekarang kamu bisa menghilangkan noise tersebut dengan mudah. Temukan tutorial tentang cara menghilangkan noises pada audio hasil record hanya di blog @ezfileid!

Cara Menghilangkan Noise pada Audio Hasil Record @aezife

Suara Noise Mengganggu Audio Hasil Recordmu? Hilangkan!

Halo semua, apa kabar? Min Aezi kembali menemani kalian di artikel tutorial terbaru yang kali ini berkaitan dengan audio. Yups, pada kesempatan ini mimin akan membagikan tutorial tentang cara menghilangkan noise pada audio hasil record semua perangkat, mau itu audio hasil record di hp android, hp iphone, microphone, laptop, dsb.

Namun kebanyakan orang pasti pernah kecewa atas hasil record di hp, bukan? Memang sudah wajar bahwa audio yang direcord pada HP hasilnya kurang memuaskan. Namun jangan khawatir, karena sekarang kamu bisa memperjelas audio hasil record tersebut dan menghilangkan noise di dalamnya dengan bantuan AI, di mana kamu hanya perlu upload dan download saja!

Tanpa basa-basi lagi, ikuti tutorial cara menghilangkan noise pada audio hasil record di bawah!

Cara Menghilangkan Noise pada Audio Hasil Record

Langkah1: Siapkan audio yang ingin noisenya dihilangkan

Cari audio hasil recordmu, lalu simpan dengan ekstensi .wav, .mp3, dan sebagainya.

Catatan: Jika kamu ingin menghilangkan noise pada video, silakan split (pisahkan) dulu audio pada video tersebut. Silakan cari tutorial split audio pada video di Google.

Langkah2: Buat akun Adobe

Yups, kita akan menggunakan tools berkekuatan AI dari Adobe, jadi kamu harus membuat akun Adobe terlebih dahulu. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir untuk membayar, karena tools yang akan kita gunakan adalah tools GRATIS.

Buat akun Adobe melalui website resminya, di www.adobe.com.

Tools yang akan kita gunakan bernama Tools Enhance Speech dari Adobe. Tools ini gratis dan bisa kamu pakai secara online di perangkat apapun, mau itu di hp, di laptop, dsb. Namun mengingat adobe yang suka memberikan harga atau perlunya berlangganan untuk memakai produknya, tidak mustahil bahwa tools gratis ini kedepannya akan berbayar.

Jadi mumpung masih gratis, kuy pakai sepuasnya!

Langkah3: Buka laman Enhance Speech di website Adobe

Kunjungi alamat berikut:
Tools Enhance Speech - podcast.adobe.com/enhance

Langkah4: Upload audio hasil record

Di laman Enhance Speech, silakan tap Upload dan pilih audio hasil recordmu yang ingin dihilangkan noisenya. Semua file audio bisa diupload, seperti .wav, .mp3, .opus, dsb.

Langkah5: Tunggu proses enhance selesai

Proses enhance bisa memakan waktu yang cukup lama, tergantung size audio dan sulitnya suara noise dihilangkan.

Langkah5: Preview dan Download

Setelah proses enhance selesai, kamu dapat memutar audio sebelum dan sesudah enhance dengan tap Preview. Kamu juga dapat mendownload audio hasil enhance dengan cara tap Download.

Cara Menghilangkan Noise pada Audio Hasil Record @aezife

Cara Menghilangkan Noise pada Video

Dengan tools Enhance Speech dari Adobe, kamu juga dapat menghilangkan noise pada videomu, loh! Namun tetap, kamu perlu melakukan split pada video tersebut terlebih dahulu.

Lakukan split pada video tersebut untuk memisahkan audio dan visualnya. Setelah audio dari video tersebut kamu dapatkan, upload di tools Enhance Speech agar noisenya menghilang.

Setelah audionya bebas noise, barulah kamu merge (satukan) kembali audio dan visualnya. Jadilah video tanpa noise!

Sebagai informasi tambahan, mimin sering menggunakan aplikasi editor video yang mempunyai fitur split dan merge. Di android dan ios, aplikasi editor video yang punyai kedua fitur tersebut di antaranya yaitu:

  • KineMaster
  • InShot
  • Youcut
  • dan sebagainya

Sedangkan di desktop, mimin biasa memakai Adobe Premiere atau DaVinci Resolve untuk mengedit video termasuk split atau merge.

Jika tidak memungkinkan untuk menginstal aplikasi atau software tersebut, kamu dapat melakukan split video secara online. Cari toolsnya dengan mengetikkan "Split Video Online" atau "Merge Audio & Video Online" di Google, Bing, dsb.


Nah, itulah tutorial tentang cara menghilangkan noise pada audio hasil record versi Min Aezi. Yups, kamu cuma perlu menggunakan tools Enhance Speech dari Adobe, upload videonya lalu download hasilnya. Tools yang didukung AI tersebut akan membantumu menghilangkan noise pada audio hasil record dengan mudah!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tutorial berikutnya!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain