Cara Mudah Membuat Footnote di Blogger dan Wordpress secara Manual Terbaru 2023

Temukan tutorial tentang cara mudah membuat footnote di blogger dan wordpress secara manual terbaru 2023 hanya di blog NYZEZI.com.

Halo semua, bertemu lagi dengan Min Aezi pada postingan tutorial terbaru. Sebelumnya mimin sudah membagikan tutorial tentang cara membuat footnote di wordpress secara manual, dan kini mimin akan memperbarui tutorial tersebut agar bisa dipakai juga di blogger. Tanpa perlu banyak curhat seperti sebelumnya, langsung saja kita bahas langkah-langkahnya di bawah!

Cara Mudah Membuat Footnote di Blogger dan Wordpress secara Manual

Cara Mudah Membuat Footnote di Blogger dan Wordpress

Langkah1: Perhatikan teks contoh tulisan di bawah!


Cimong dan Cabi

Di hiji wanci, abdi dipasihan ucing ku amang abdi nu urang Sukabumi.

Ucing na teh alus pisan, nyaeta jenis kucing semi persia1 saurna teh.

Ucingna aya dua, nuhiji jalu nuhiji deui bikangna. Sajodo ceunah meh ngke nambahan.

Eta ucing dipasihan nami Cimong sareng Cabi. Cimong kanggo nu jalu, Cabi kanggo nu bikang. Tisaprak boga ucing, abdi jadi rajin ... nyaeta rajin maraban sareng ngamandian ucing. Najan sorangan namah jarang mandi oge, eta ucing teu elat dimandian 2 kali saminggu. Parab eta ucing ngahaja menang meseran ti pasar, meh bulu na leuwih alus jeung teu rarontok.

Ngan aya hiji problem, nyaeta dua ucing eta jorok modol. Modol nateh di mana wae, najan ku abdi tos dipangmeserkeun catbox oge. Samahal-mahal abdi meser catbox jeung pasirna, keukeuh we geuning ucing teh modolna di mana wae, alias 'tidak mengenal tempat'.

Ripuh duh ngurus ucing teh, kudu maraban, ngamandian, jeung miceun podolna. Tapi kuring teu ngarasa masalah, kulantaran da resep ninggali jeung nyabakan eta ucing dua. Komo geuning ucing semi persia mah rada alus ti ucing kampung, jadi mun aya tamu teh bisa diagulkeun hahaha.

Ngan ku aya na eta dua ucing sanes berarti abdi nalantarkeun ucing kampung nu aya. Tetep aya hiji dua ucing kampung nu osok nyampeur ka imah, menta dahar jeung ngajak ulin si Cimong jeung si Cabi.

Aya 4-6 sasih mah berlalu, si Cimong jadi sok aber-aberan leungit teuing ka mana. Ulin na teh sok jauh jeung tara balik ka imah iwal ti mun lapar. Beda jeung si Cimong, si Cabi mah sigana teh keur beuger soalna sok dituturkeun ucing-ucing kampung. Sakapeung mah sok tika rungsing mun ngadenge obrolan si Cabi jeung gebetan-gebetanna. Unggal peuting sok kadenge "ngoeng ngoeng aong ..." kitu we lah, ngagandengkeun poko namah.

Teu kungsi lila, abdi ngarasa si Cabi teh mulai ngagendutan. "Wah, bangunateh keur keureuneuh ieumah" pikir abdi. Pekteh bener we, si Cabi ngajuru. Anak na teh dua, teuing saha bapa namah. Kitu teamah si Cabi sok ulin na teh jeung ucing bodas nu daradas awak-awakna teh. Ciganateh bukti bahwa manehna preman kampung, nu paling ganas di lembur abdi.

Nya abdi teu mempermasalahkeun sih, arek bapana ucing kampung nu pengangguran sugan, teu nanaon da ayeunamah geus jadi budak. Ngan hiji we nasehat ti abdi ....

Cabi, mun anjeun maca tulisan ieu, sabenernamah abdi teh nyaah ka anjeun. Saumur-umur abdi boga ucing, keur pas boga anjeun hungkul abdi ngarasa bagja. Tika ayeuna, sahenteuna tika tulisan ieu dijieun, abdi can deui ngabogaan ucing. Jadi, balik atuh ka imah nya ... teuing di mana anjeun Cabi. Bejaan oge si Cimong sena balik. Ieu imah tiiseun mun anjeun duaan areuweuh mah :(

Footnote

1Kucing Semi Persia adalah ras kucing hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan kucing ras lain.


Langkah2: Cek versi html dari footnote.

Pada teks contoh tulisan di atas, ada teks (kalimat) yang berisi footnote dan teks footnotenya di bagian bawah, yaitu:

  • Teks yang berisi footnote:

Ucing na teh alus pisan, nyaeta jenis kucing semi persia1 saurna teh.

  • Teks footnote:

1Kucing Semi Persia adalah ras kucing hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan kucing ras lain.

Mari kita lirik versi html dari kedua teks tersebut!

  • Teks yang berisi footnote versi html:
<p>Ucing na teh alus pisan, nyaeta jenis kucing semi persia<sup><a id="satu" href="#1">1</a></sup> saurna teh.</p>
  • Teks footnote versi html:
<p><sup><a id="1" href="#satu">1</a></sup>Kucing Semi Persia adalah ras kucing hasil perkawinan silang antara Kucing Persia dengan kucing ras lain.</p>

Dari kedua teks html di atas, yang perlu kita perhatikan adalah tag a, atribut id, dan atribut href. Coba perhatikan, tag a dan dua atribut tersebut pada teks yang berisi footnote dengan teks footnote memiliki perbedaan. Nah, perbedaan itulah yang menjadi acuan untuk membuat footnote di blogger (termasuk di wordpress jika dibuat secara manual).

Kenali tag dan atribut yang diperlukan!

Dari semua tag dan atribut, setidaknya tag a dan atribut id dan href adalah hal-hal yang sering dipakai untuk membuat footnote, jadi kamu perlu mengenalnya agar bisa membuat footnote di blogger atau wordpress.

  1. Tag a merupakan tag yang digunakan untuk memberikan tautan pada suatu teks atau kalimat, dan harus diisi dengan atribut href.
    Contoh:
  2. Atribut id merupakan atribut untuk memberikan identitas pada suatu tag.
    Contoh:
    • Versi html:
      <p id="nama">Jangan panggil aku anak kecil, Paman! Namaku Aezi!</p>
    • Versi visual:
      Jangan panggil aku anak kecil, Paman! Namaku Aezi!
      Kalimat di atas merupakan isi dari tag p yang digunakan untuk membuat paragraf. Artinya paragraf di atas memiliki identitas nama.
  3. (TAMBAHAN) Biasanya teks berisi footnote atau teks footnote ditandai dengan tanda superskrip (biasa kita sebut pangkat). Pada teks contoh tulisan di atas, mimin menggunakan tanda berupa angka 1 yang di superskrip sehingga hasilnya menjad 1. Untuk membuat tanda superskrip, kamu hanya perlu menggunakan tag sup.
    Contoh:
    • Versi html:
      <p>Min Aezi disuperskrip menjadi<sup>Min Aezi</sup>.</p>
    • Versi visual:
      Min Aezi disuperskrip menjadi Min Aezi.

Langkah3: Praktikkan dan buat footnotemu sendiri!

Kesimpulannya yaitu, kamu perlu memberikan identitas pada suatu tag agar bisa dipanggil oleh tag a.

Jika masih bingung, coba perhatikan kembali teks berisi footnote dan teks footnote serta versi htmlnya.

  • Pada teks yang berisi footnote, tag a diberi identitas satu dan diberikan tautan yang menuju #1.
  • Sedangkan pada teks footnote, tag a diberi identitas 1 dan diberikan tautan yang menuju #satu.

Sudah jelas, bukan?

Oh, ya. Tanda # sebelum tautan merupakan tanda bahwa tautan tersebut merupakan tautan internal. Jadi ketika di klik, kamu akan tetap berada di laman yang diakses dan tidak akan dialihkan ke laman lain. Yups, footnote harus ada di laman yang sama sehingga kita menggunakan tautan internal.

Nah, untuk membuat footnote di blogger maupun wordpress, kita hanya perlu memberikan identitas pada teks yang berisi footnote dan teks footnote. Setelah itu barulah kita memberikan tautan internal pada tanda footnote yang dipakai.

Masih belum ngerti juga?

Waduh parah nih ... paraaaah~

(hehe, bercanda wkwkwkwkwk) ....

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain