Cara Menghilangkan Tanda --> Di Header Blogger Terbaru 2023

Temukan tutorial tentang cara menghilangkan tanda --> di header Blogger terbaru hanya di blog NYZEZI.com!

Cara Menghilangkan Tanda --> (-->) di Header Blogger - TUtorial by @aezife

Halo semua, apa kabar? Kembali bertemu dengan Min Aezi pada artikel tutorial terbaru. Pada kesempatan ini mimin ingin membagikan tutorial seputar blogger, atau lebih tepatnya tentang cara memperbaiki template blogger. Yups, kamu pasti mengunjungi artikel ini karena di blogmu terdapat tanda "-->" dan kamu ingin menghilangkannya. Caranya cukup mudah kok, dan kamu bisa memperbaikinya alias menghilangkannya dengan mengikuti tutorial yang mimin bagikan di bawah.

Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, kamu perlu paham dulu kenapa tanda --> tersebut bisa tiba-tiba muncul. Yups, seperti yang mimin tegaskan di setiap artikel tutorial yang mimin bagikan. Mimin selalu berharap agar kamu paham kenapa kamu perlu membaca tutorial ini, sehingga di kemudian hari kamu tidak hanya mengikuti tutorialnya saja, tetapi juga bisa menyelesaikannya jika sampai ada yang berbeda dengan apa yang tutorial jelaskan.

Kembali ke topik, yaitu kenapa tanda --> bisa muncul di header Blogger?

Jawabannya sederhana. Perlu kamu ketahui bahwa terkadang penulisan tanda "<" atau ">" (kita sering menyebutnya sebagai tanda "kurang dari" dan tanda "lebih dari") di template Blogger sering dikonversikan, berikut detailnya:

  • Tanda > menjadi &lt;
  • Tanda < menjadi &gt;

Namun juga tak jarang kedua tanda itu tiba-tiba ada di kode template yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, awalnya kode template bloggermu seperti ini:

<html>

 <head>
  Judul blog
 </head>

 <body>
  Isi blog
 </body>

</html>

Namun setelah template tersebut kamu pasang, tiba-tiba kodenya berubah menjadi seperti berikut:

<html>

 <head>
  Judul blog
 &lt;!--<head/>--&gt;&lt;/head&gt;

 <body>
  Isi blog
 </body>

</html>

Kamu dapat melihat bahwa tanda "<" dan ">" telah berubah menjadi "&lt;" dan "&gt;". Nah, hal tersebutlah yang menjadi alasan kenapa tanda "-->" muncul di header blogmu. Lantas bagaimana cara menghilangkan tanda "-->" tersebut? Jawabannya sangat mudah, cukup hapus saja kode "--&gt;" tersebut.

Berikut tutorial lengkapnya!

Cara Menghilangkan Tanda --> Di Header Blogger

Langkah1: Perhatikan tanda yang muncul di header blog

Cara Menghilangkan Tanda --> (-->) di Header Blogger - TUtorial by @aezife

Tanda yang muncul di header blog mimin adalah tanda "-->". Jadi, dua poin pentingnya yaitu:

  1. Ada tanda "-->" yang membuat template terlihat buruk
  2. Tanda tersebut ada di header

Catatan: Kebanyakan blogger mengalami kasus di mana header blognya terdapat tanda "-->". Namun tidak menutup kemungkinan bahwa tanda yang lain di header blog maupun di tempat lainnya yang muncul berbeda. Sebagai contoh, ada sebagian blogger yang di headernya malah muncul tanda "<--". Namun karena tutorial kali ini bertujuan untuk menghapus tanda "-->", jadi kamu harus melakukan improvisasi apabila tanda di header blogmu berbeda.

Baca juga: Cara Mengajukan Adsense di Wordpress Terbaru 2023

Langkah2: Edit kode templatemu

Buka dasbor Blogger, pergi ke Pengaturan > Tema > Edit HTML.

Catatan: Tombol Edit HTML ada di samping tombol SESUAIKAN.

Di sana kamu akan menemukan kode yang sepenuhnya membangun tampilan blogmu. Kita perlu menghapus tanda "-->" yang ada di header blog, namun untuk mengetahui cara menghilangkan tanda tersebut kita perlu mengingat dua poin penting di Langkah1 tadi.

Langkah3: cari tanda "-->" tersebut.

Tidak seharusnya ada tanda "-->" yang mucul di header blog kita. Oleh karena itu, kita perlu mencari tanda "-->" tersebut di bagian header kode template.

Untuk mencarinya, cukup gunakan fitur pencarian [Ctrl+F] lalu ketikkan "head/" atau "/head". Dalam kasus mimin, berikut hasilnya:

Cara Menghilangkan Tanda --> (-->) di Header Blogger - TUtorial by @aezife

Langkah4: Hapus tanda "-->" tersebut.

Kita perlu menghapus tanda "-->" tersebut. Namun dari hasil pencarian tadi, adakah tanda "-->" yang terlihat? Yups, tidak ada tanda "-->" di hasil pencarian.

Seperti yang mimin tuliskan sebelum memulai tutorial, tanda "<" dan ">" sering dikonversikan, yaitu menjadi "&lt;" dan "&gt;".

Oleh karena itu, untuk menghapus tanda "-->" di header blog, kita perlu menghapus kode "--&gt;"

Misalnya dari baris kode berikut:

&lt;!--<head/>--&gt;&lt;/head&gt;

Menjadi baris kode berikut:

&lt;!--<head/>&lt;/head&gt;

Setelah menghapus tanda "-->" yang berubah menjadi "--&gt;" tersebut, simpan template dan lihat hasilnya. Tanda "-->" di header blogmu akan menghilang.

Cara Menghilangkan Tanda --> (-->) di Header Blogger - TUtorial by @aezife

Simpel banget, kan? Namun tetap saja kamu harus berimprovisasi jikalau baris kode templatemu tidak sesuai dengan kasus yang mimin alami.

Itulah tutorial tentang cara menghilangkan tanda --> di header Blogger atau cara menghapus tanda --> di Blogger. Jadi kamu hanya perlu menghapus kode "-->" yang telah berubah menjadi "--&gt;" di kode HTML templatemu.

Semoga cara ini membantumu dan tetap semangat ngeblognya ya guys~.

Penulis: Min Aezi (@aezife).

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain