5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

Temukan 5 tools yang wajib kamu ketahui untuk melamar pekerjaan hanya di blog NYZEZI.com!

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya~.

Pada kesempatan ini mimin akan membagikan tools atau alat yang wajib kamu ketahui untuk melamar pekerjaan. Hayoo, siapa dari kalian yang sekarang sedang mencari pekerjaan? Tools di bawah akan sangat membantu kalian, loh! Kamu dapat menggunakan tools tersebut untuk menulis surat lamaran, membuat pas foto, scanning dokumen, mengconvert dan mengcompress dokumen, serta membuat CV atau curriculum vitae. Nah, tanpa panjang lebar kata langsung saja berikut merupakan tools yang wajib kamu ketahui untuk melamar pekerjaan versi Min Aezi (s.id/AeziTR).

// Text Maker

Tools yang wajib kamu ketahui untuk melamar pekerjaan pertama tentu saja tools pembuat surat lamaran. Tools text maker merupakan aplikasi atau software untuk menulis surat lamaran baik itu melalui hape maupun desktop. Ada dua aplikasi andalan mimin untuk menulis surat lamaran, yaitu:

a. Microsoft Word
b. WPS Office

Microsoft word versi desktop memang berbayar, namun versi online dan versi smartphone (android/ios) bisa kamu pakai secara gratis. Sedangkan WPS Office bisa kamu pakai secara gratis dan tersedia untuk berbagai macam perangkat seperti desktop, android, ataupun ios.

Perlu kamu ingat bahwa HRD atau personalia lebih menyukai surat lamaran dengan format rapi dan penulisan yang benar. Kamu harus memerhatikan tata cara penulisanmu dan format surat yang kamu pakai. Untuk membantumu, silakan gunakan template surat lamaran di bawah. Template tersebut memiliki format yang rapi dan tata cara penulisannya sudah benar. Kamu tinggal mengubah data-data di dalamnya saja, seperti biodata dan nama perusahaan yang ingin kamu lamar pekerjaan di sana.

Download template surat lamaran terbaru 2023.docx

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

// Background Photo Editor

Background photo editor merupakan tools untuk membuat pas foto yang biasa kita pakai di surat lamaran. Jika kita meminta membuat pas foto di tempat fotokopi, biasanya petugas akan menolak atau meminta uang tambahan karena diperlukan waktu untuk membuatkan pas foto tersebut. Untuk itu, cobalah agar setidaknya bisa membuat pas foto sendiri.

Berikut merupakan software atau aplikasi yang memudahkan kamu untuk membuat pas foto dengan background warna solid:

a. Canva
b. Photopea (photopea.com)
c. Adobe Photoshop

Dari ketiga tools di atas, mimin lebih sering memakai Canva karena mendukung banyak sistem operasi (desktop/android/ios) dan adanya fitur erase background untuk menghapus background foto. Kamu hanya perlu foto setengah badan atas lalu edit menggunakan fitur erase background di Canva. Setelah itu, background awal di fotomu akan menghilang dan kamu tinggal menambahkan warna background yang kamu inginkan (merah/biru).

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

// Scanner

Saat melamar pekerjaan, biasanya kita perlu menyertakan dokumen pribadi seperti KTP, Kartu Keluarga, Ijazah, dan sebagainya. Untuk itu, kita bisa memakai scanner untuk mengscan dokumen-dokumen tersebut agar lebih rapi dan mudah dibaca.

Namun kita tidak perlu sengaja membeli alat scanner, karena kini mengscan dokumen dapat kita lakukan dengan smartphone kita. Berikut merupakan aplikasi scanner terbaik yang sering mimin gunakan untuk mengscan dokumen:

a. CamScanner

Baca juga: Tutorial scan dokumen menggunakan CamScanner terbaru 2023

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

// Online Converter

Online converter merupakan tools terbaik untuk mengkonversi semua dokumenmu. Sebagai contoh, jika kamu ingin melamar sebuah pekerjaan melalui website atau online form, biasanya kamu diminta untuk mengupload dokumen seperti surat lamaran dan foto KTP dalam ekstensi PDF (.pdf). Sedangkan kita pasti tahu kalau surat lamaran itu mentahnya berekstensi .doc atau .docx dan foto KTP pasti berformat .jpg, .jpeg, atau .png.

Biasanya dokumen-dokumen tersebut juga perlu dikompres karena adanya batas ukuran dokumen yang diminta website atau online form. Misalnya website rekrutmen yang ingin kamu lamar meminta kamu mengupload surat lamaran dalam ekstensi .pdf dengan batas ukuran maksilam 2 mb, sedangkan pdf yang kamu buat memiliki size 4 mb.

Untuk itu, kamu perlu mengkonversi atau mengkompres dokumen-dokumen tersebut agar bisa diupload untuk melamar pekerjaan. Nah, adanya online converter di sini akan sangat membantumu untuk mengkonversi dokumen-dokumen tersebut. Adapun dua website online converter yang sering mimin pakai, yaitu:

a. Cloudconvert (cloudconvert.com)
b. Ilovepdf (ilovepdf.com)

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

// CV Maker

CV maker merupakan tools untuk membuat curriculum vitae atau biasa disebut CV. Di tahun 2023 ini, kebanyakan perusahaan lebih menyukai CV kreatif daripada dokumen riwayat hidup yang terkesan monoton. Oleh karena itu, buatlah CV kreatif yang menarik ketika dilihat maupun dibaca orang lain. Namun tetap, gunakan format dan penulisan yang baik dan benar.

Adapun untuk membuat CV kreatif, mimin biasanya memakai dua tools yaitu:

a. Canva
b. Adobe Photoshop

Mimin lebih sering menggunakan Canva karena gratis dan mudah dipakai. Dengan Canva, kita bisa menggunakan template CV kreatif yang tersedia bermacam-macam, lalu tinggal merubah data-data di dalamnya saja.

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

Follow Instagram & Facebook Loker Cianjur (@lokercjr.id)

Dapatkan informasi lowongan kerja terbaru di Kabupaten Cianjur dengan follow akun kami di Facebook dan Instagram.

Kesimpulan

Itulah tools yang wajib kamu ketahui untuk melamar pekerjaan versi Aezi Top Recommendation. Tools tersebut terdiri dari tools text maker untuk membuat surat lamaran, tools background photo editor untuk membuat pas foto atau menghilangkan background foto dengan mudah dan cepat, tools scanner untuk scanning dokumen, tools online converter untuk mengkonversi dan mengkompres dokumen secara daring, dan tools CV maker untuk membuat CV kreatif yang bisa menarik perhatian.

Semoga membantu dan semoga kamu bisa mendapatkan pekerjaan impianmu yaa~.

5 Tools yang Wajib Kamu Ketahui untuk Melamar Pekerjaan

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain