Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Film Zombie Terbaik Hingga Saat Ini [2023]

NYZEZI.com - Penggemar zombie wajib tahu nih gengs! Inilah rekomendasi film zombie terbaik hingga saat ini [2023].

Hai hai, apa kabar semua? Kembali lagi di blog NYZEZI di artikel ATR - Aezi Top Recommendation. Di sini saya sebagai admin tertampan seantero blog NYZEZI akan merekomendasikan film zombie terbaik yang sudah saya update hingga saat ini, di tahun 2023. Langsung saja, berikut daftarnya!

Wajib Tahu! Inilah Rekomendasi Film Zombie Terbaik Hingga Saat Ini [2023]

Sebuah penyakit atau kejadian tertentu mengubah ras manusia yang telah meninggal menjadi hidup kembali, atau berevolusi menjadi monster kejam yang siap memakan sesamanya. Itulah yang dinamakan zombie, manusia yang telah berubah menjadi makluk lain yang hobinya makan-makan.

Zombie identik dengan kulitnya yang busuk dan organ dalamnya yang keluar. Meski begitu, mereka dapat berjalan atau bahkan berlari, karena insting mereka untuk makan atau mengubah manusia (atau hewan) menjadi teman-temannya.

Yah, itulah sekilas tentang zombie menurut pemahaman saya. Terkait sejarah zombie yang sesuai fakta, sayapun tidak tahu dan tidak ingin tahu. Tetapi jika kamu ingin mengetahuinya, kolom pencarian google selalu terbuka untukmu.

Nah, jika kamu mulai suka tentang keberagaman zombie dan ingin mengenalnya lebih dalam, berikut sudah saya rangkum beberapa film dan series zombie terbaik untuk membuatmu semakin menyukai zombie. Kuy baca sampai habis!

PERINGATAN: Film zombie tidak lekas dari unsur kekerasan, gore (berdarah-darah), dan NSFW (not safe for work, alias 18++). Harap hindari menonton usiamu tidak cukup, atau kamu alergi terhadap hal-hal yang berkaitan tentang darah dan daleman ... organ dalam.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

28 Weeks Later

Penduduk Kepulauan Inggris telah kalah dalam pertarungannya melawan penyakit, ketika virus berbahaya dan mengerikan telah membunuh setiap orang di sana. 6 Bulan kemudian, sekumpulan orang Amerika mencoba tinggal di sana, yakin bahwa bahaya yang datang telah berlalu. Namun segera semuanya jelas bahwa bahaya masih ada, menunggu untuk menerkam korban berikutnya.

28 Weeks Later merupakan sequel dari film 28 Days Later, yang menceritakan perjuangan masyarakat baru London untuk rehabilitasi. Mereka mengira London sudah aman, dan diperlukan "masyarakat" yang benar-benar masyarakat untuk menempatinya. Namun sayangnya hal ini merupakan kesalahan fatal.

Seperti pendahulunya, film ini merupakan salah satu film zombie paling mencekam. Selain berpenampilan buruk layaknya para kaum jones, mereka bisa berlari cepat mengejar mangsa, yang tidak lain adalah manusia.

Mimin sarankan untuk menonton film ini di malam hari, terutama di sepertiga malam dengan memakai headset. Rasakan sensasinya!

Action, adventure, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

#ALIVE

Ketika virus mengerikan merajalela di kota, seorang pria mengunci diri di apartemennya. Kehabisan makanan, tidak bisa keluar, dan tidak ada sinyal, mendesaknya mencari jalan untuk bertahan hidup.

#Alive mengisahkan tentang seorang pemuda di Korea yang terjebak wabah penyakit, yang tidak lain adalah zombie. Dia bisa selamat karena mengisolasi diri di apartemen, namun dia tahu suatu hari dia harus keluar untuk bertahan hidup.

Jujur, film ini merupakan film yang mimin nanti-nantikan di tahun 2020. Kalian ingat, kan? Kala itu pandemi Covid19 sedang melanda negeri kita tercinta sehingga kita dianjurkan untuk tinggal di rumah.

Di awal tahun, mimin lihat trailer film ini dan mulai berpikir "Wah, film zombie. Wajib nonton nih!". Tentu saja, sebagai penggemar film zombie, begitu menonton trailer film zombie baru yang seru, mimin menjadi sangat menanti-nantikannya. Apalagi kala itu dari trailer keluar hingga film dirilis mimin full di rumah. Wah, nunggu beberapa bulan aja udah bagaikan bertahun-tahun cuyy!

Setelah film dirilis, mimin segera deh nyiapin camilan dan minuman bersoda, nyeduh kopi dan mie tambah telur. Lalu nyalain laptop dan mulai menonton. Wuih, nikmat betul rasanya. Rasanya kemarin gak sia-sia nunggu berbulan-bulan cuman buat nonton film ini.

Filmnya sendiri menurut mimin cukup seru dan menantang, yah ... meski enggak serem-serem amat. Oh ya, zombie di film ini cekatan dan bisa lari-lari, seperti film zombie Korea kebanyakan.

Action, drama, horror, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Army of the Dead

Sekelompok tentara bayaran mendapatkan misi untuk merampok uang di Las Vegas, di mana kota itu sudah dipenuhi zombie.

Army of the Dead merupakan film zombie yang disutradarai oleh Zack Snyder, dengan premis cerita yang unik.

Yups, film ini cukup berbeda dengan film zombie-zombie lainnya. Kisah utamanya bukan tentang bertahan hidup, atau menyembuhkan wabah zombie, namun tentang perampokan dikala wabah zombie menyerang. Yah, lebih tepatnya perampokan di zona terlarang yang sudah dipenuhi zombie.

Namun meskipun cerita berfokus pada perampokan, ada banyak hal seru lainnya yang ada di film ini. Yah, tidak salah film ini mempunyai banyak genre.

Action, crime, drama, horror, sci-fi, thriller, war.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

I am Legend

Setelah sebuah bencana global, seorang ilmuwan militer berjuang bertahan hidup di Kota New York yang terlantar dan penuh dengan mutan nokturnal yang haus darah.

I am Legend merupakan film yang dibintangi Will Smith tentang kehidupan seorang ilmuwan militer setelah umat manusia berubah menjadi mutan nokturnal akibat virus.

Tidak seperti film zombie lainnya, virus di film ini tidak membuat manusia menjadi zombie, melainkan menjadi mutan yang hanya bisa hidup di malam hari ketika gelap.

Nuansa seram di film ini cukup mencekam, meskipun ini bukan film hantu. Protagonis kita yang hanya ditemani anjingnya, minimnya dialog, dan keberadaan para mutan di kegelapan yang di awal-awal tidak diperlihatkan menjadi poin horror yang utama.

Mimin sarankan agar kamu menonton film ini sendirian di malam hari dengan memakai headset, dan jangan lupa matikan lampu. Lakukan itu dan rasakan sensasinya!

Action, drama, sci-fi, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Kingdom: Ashin of the North

Ashin berusaha menemukan penyebab kematian keluarganya. Dia akan mencari jawaban tersebut dari tanaman yang bisa membangkitkan orang mati.

Kingdom: Ashin of The North merupakan film sidequel dari series Korea berjudul Kingdom musim kedua. Film ini mengisahkan tentang Ashin yang keluarganya mati secara misterius dan asal-usul tanaman pembangkit mayat.

Jika kamu menonton series Kingdom, Ashin muncul pada musim kedua episode enam. Wanita badass yang misterius itu akan dibahas lengkap pada film ini, termasuk asal-usul penyebab wabah zombie yang melanda Joseon.

Action, drama, horror, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

One Cut of the Dead

Seorang sutradara dan kru film melaksanakan syuting film zombie low-budget di gedung terbengkalai bekas fasilitas perang dunia kedua di Jepang. Hal-hal menjadi buruk ketika mereka istirahat dan zombie asli menyerang ... yah, seperti itulah, tetapi inilah cerita yang sebenarnya.

One Cut of the Dead menceritakan tentang sekumpulan orang yang sedang membuat film zombie, namun zombie asli malah muncul.

Yups, itulah yang dikatakan sinopsis. Cukup sederhana, bukan? Namun seperti kata pecinta film kebanyakan, yaitu jangan menilai film dari sinopsisnya.

Film ini bukanlah film zombie biasa. Jika kamu bisa bertahan menonton hingga pertengahan film, ketahuilah bahwa ekspetasimu tentang film ini bisa berubah drastis.

Comedy, drama, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Rampant

Lee Chung, seorang pangeran Joseon, telah disandera oleh Dinasti Qing. Dia suka berfoya-foya, bermain perempuan, dan berjudi. Meski begitu, dia juga ahli dalam berpedang. Lee Young, saudaranya yang tertua akan mewarisi tahta sehingga dia membebaskan dan membawa Lee Chung ke Joseon. Akhirnya dia kembali setelah 10 tahun lamanya. Segera, Lee Chung menghadapi monster-monster yang merajalela di gelapnya malam.

Rampant mengisahkan tentang seorang swordsman menghadapi monster-monster yang disebut Iblis Malam, alias zombie.

Film ini termasuk film kolosal berlatarkan dinasti Joseon, yang mana masyarakatnya terkena wabah dan menjadi zombie. Zombie yang bisa lari dan hyper aktif, sangat cekatan untuk memburu manusia hidup yang ada.

Action, drama, history, horror, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Resident Evil Series

Terjadi kebocoran virus dari fasilitas rahasia, menyebabkan umat manusia berubah menjadi zombie.

Resident Evil (biasa disingkat RE) series terdiri dari 7 film, yaitu:

  1. Resident Evil (2002)
  2. Resident Evil: Apocalypse (2004)
  3. Resident Evil: Extinction (2007)
  4. Resident Evil: Afterlife (2010)
  5. Resident Evil: Retribution (2012)
  6. Resident Evil: The Final Chapter (2016)
  7. Resident Evil: Welcome To Raccoon City (2021)

RE series dari yang dirilis tahun 2002 hingga 2016 mempunyai satu universe, sedangkan versi 2021 mempunyai universe yang beda. Oleh karena itu, jika kamu ingin menonton RE versi 2016, kamu harus menonton RE 2002 dan seterusnya hingga versi 2016. Namun jika kamu ingin menonton RE versi 2021, kamu tidak perlu menonton RE versi-versi sebelumnya.

Action, horror, sci-fi.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Scout Guide to the Zombie Apocalypse

Tiga orang remaja pramuka yang bersahabat bergabung dengan seorang pelayan bar yang badass untuk menjadi grup penyelamat dunia yang tidak biasa. Ketika kota damai mereka dirusak oleh gerombolan zombi, mereka akan bertarung untuk mengumpulkan lencana seumur hidupnya dan menggunakan kemampuan berpramuka mereka untuk mencoba menyelamatkan umat manusia dari para mayat hidup.

Scout Guide to the Zombie Apocalypse merupakan film zombie yang menegangkan namun juga lucu. Penonton bisa merasakan kengerian wabah zombie sekaligus tingkah lucu para pramuka yang dalam tahap pertumbuhan.

Action, comedy, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Shaun of the Dead

Shaun mengalami hari yang buruk, sehingga dia memutuskan untuk memutar kehidupannya dengan berbaikan dengan mantannya, tetapi dia melakukannya di waktu yang salah, ketika wabah zombie merajalela. Meski begitu, dia membuat hal ini sebagai kesempatan untuk memperlihatkan betapa bergunanya dia dengan menyelamatkan semua orang. Dia hanya perlu bertahan hidup, dan mendapatkan kembali mantannya.

Shaun of the Dead mengisahkan tentang seorang pria paruh baya yang hidup normal, bahkan terlalu normal. Dia bekerja setiap hari, pergi minum ke bar yang sama, dan bertemu dengan teman yang itu-itu aja. Kehidupannya terlalu membosankan sehingga pacarnya muak dan meninggalkannya.

Suatu hari dia menyadari hal tersebut, dan ingin kehidupannya berubah 180 derajat. Sebagai permulaan, dia akan mencoba baikan dengan mantannya, namun saat itulah wabah zombie terjadi.

Comedy, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

The Cabin in the Woods

Lima orang teman pergi berlibur di sebuah kabin hutan, di mana mereka menemukan lebih dari apa yang mereka harapkan, sebuah kebenaran dibalik kabin di hutan.

Sebenarnya ini bukan film yang fokus ceritanya pada zombie, melainkan film horror biasa. Namun jangan salah, dibalik kabin yang ada di hutan ada kebenaran, dan kebenaran itu tidak sesuai dengan apa yang kamu bayangkan.

Horror, mystery, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Train to Busan

Ketika sebuah virus zombie menyebabkan situasi gawat darurat di Korea, mereka yang terjebak di kereta ekspres yang menuju Busan perlu bertarung untuk bertahan hidup.

Train to Busan merupakan film zombie populer yang berasal dari Korea Selatan. Film ini mengisahkan perjuangan mereka yang terjebak di kereta dalam situasi di mana wabah zombie menyerang.

Protagonis kita kali ini adalah seorang ayah yang rela melakukan apapun demi keselamatan anaknya. Zombie di film ini sangat mencekam, mereka bisa berlari dan berpenampilan seperti kalian para jones. Jadi wajar aja kalo kalian tidak punya pasangan, mengingat siapapun akan lari ketika melihat kalian (hehe).

Action, horror, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Peninsula

Ketika wabah zombie melanda, Jung-seok (GANG Dong-won) nyaris tidak lolos dari Korea Selatan hidup-hidup. Ketika hidup dalam keputusasaan di Hong Kong, ia menerima tawaran yang menarik untuk kembali ke semenanjung yang dikarantina. Misinya adalah untuk mengambil truk yang ditinggalkan di tengah Seoul dalam batas waktu dan melarikan diri dari semenanjung dengan diam-diam. Tetapi operasinya menjadi kacau ketika seorang milisi misterius yang dikenal sebagai Unit 631 menyergap tim kecil Jung-seok, dan bahkan gerombolan zombie yang lebih ganas. Dalam momen paling putus asa, keluarga Min-jung (LEE Jung-hyun) menyelamatkannya dan dia merencanakan satu kesempatan terakhir untuk melarikan diri dari semenanjung itu untuk selamanya.

Peninsula merupakan film sequel Train to Busan, berlatarkan 4 tahun setelah wabah zombie terjadi.

Action, horror, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Warm Bodies

Setelah seorang zombie terlibat dengan seorang gadis yang pacarnya menjadi korban, kisah romansa mereka menggerakkan serangkaian peristiwa yang mungkin mengubah seluruh dunia tak bernyawa.

Warm Bodies merupakan film zombie yang anti mainstream, di mana protagonis kita kali ini bukanlah manusia, melainkan seorang zombie. Kapan lagi ya, kan, Bisa lihat kehidupan sehari-hari seorang zombie? Mulai dari caranya cari nafkah, bersosialisasi, hingga menjalin asmara cuyy!

Comedy, horror, romance.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

World War Z

Ketika infeksi misterius melanda dunia dan mengubah manusia menjadi kawanan zombie, Gerry Lane, mantan penyelidik PBB, berpacu dengan waktu untuk menemukan sumber infeksi. Dunia di ambang kehancuran.

World War Z merupakan film zombie yang sangat populer secara global dan telah memenangkan 3 penghargaan. Salah satu scene yang terkenal yaitu disaat para zombie berkumpul di satu tempat hingga ketinggiannya bisa membobol kota terisolasi dengan tembok tinggi yang mengelilinginya.

Action, adventure, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Zombieland

Columbus mempunyai kebiasaan lari dari apa yang membuatnya takut. Sedangkan Tallahassee tidak memiliki ketakutan. Jika dia takut, dia akan menendang pantat mereka yang selalu hidup. Di dunia yang dikuasai zombie, keduanya adalah penyintas yang berevolusi sempurna. Tapi sekarang, mereka akan menatap prospek yang paling menakutkan dari semuanya: satu sama lain.

Zombieland merupakan film zombie yang mengisahkan dua orang asing yang saling bertemu dan mempunyai kepribadian yang saling melengkapi.

Columbus, orang yang ingin pergi ke Columbus untuk mencari keluarganya, mempunyai kepribadian culun dan nampak lemah. Meski begitu, dia mampu bertahan selama zombie outbreak dengan mengandalkan 30 prinsip survival yang dia buat sendiri.

Tallahassee merupakan sebaliknya. Dia mempunyai kepribadian keras dan siap menerjang siapapun yang menghalangi. Begitulah, keduanya memulai perjalanan disaat dunia sudah dipenuhi zombie.

Action, comedy, horror.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Zombieland Double Tap

Pertengkaran antara Columbus dan Wichita menimbulkan keretakan dalam hubungan keluarga mereka berempat. Hal ini menyebabkan Little Rock minggat dengan seorang pria asing, sehingga mereka harus bersatu kembali untuk menemukannya, dan memperbaiki hubungan kekeluargaan mereka. Dengan menghadapi zombie-zombie jenis baru dalam perjalanannya, mereka dipaksa mengatur strategi hingga bertemu dengan seorang pemburu zombi populer yang dipanggil Nevada.

Kisah seru Zombieland kembali berlanjut di sequelnya yang berjudul Zombieland: Double Tap. Setelah menemukan tempat bernaung yang bisa mereka panggil rumah, pertengkaran dalam hubungan keluarga mereka terjadi, sehingga salah satu dari mereka kabur. Meski begitu, mereka tetap keluarga sehingga perjalanan pun dimulai kembali untuk menjemput dia yang kabur.

Seperti yang pertama, film Zombieland tidak luput dari aksi-aksi para karakternya yang diselingi komedi. Namun pada filmnya yang kedua, ada unsur sedih di dalamnya yang tidak terduga. Jadi bersiaplah, karena film ini sangat menghibur!

Action, comedy, horror.

Tambahan: Rekomendasi Series Zombie Terbaik Hingga Saat Ini

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

All of Us are Dead

Sebuah SMA menjadi awal dan pusat merebaknya wabah virus zombie. Siswa-siswi yang terjebak harus berusaha berjuang untuk kabur jika tidak ingin terinfeksi dan berubah menjadi mayat hidup yang buas.

All of Us are Dead merupakan series Korea yang menceritakan awal mula terjadinya zombienisasi di sebuah SMA.

Kita akan diperlihatkan bagaimana cara para murid untuk bertahan hidup dari kerasnya terjangan mayat hidup yang bisa lari dan berpenampilan seperti para jon– ... jonmbie, alias zombie.

Ceritanya bisa dibilang ringan, standar konflik film-film SMA ... cuman yang ini ada zombie yang jadi fokus utama cerita.

Action, drama, fantasy, horror, sci-fi, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Kingdom

Tidak lama setelah Raja Joseon menyerah karena penyakit cacar, desas-desus kematiannya mulai menyebar. Klan Cho, klan asal ratu yang sedang hamil dan ayahnya, Kepala Anggota Dewan Negara Cho Hak Joo, mendeklarasikan putra mahkota seorang penghianat.

Mempertanyakan alasan penyebab kematian sang raja, putra mahkota dan pengawalnya, Moo Young, mulai bergerak untuk melokasikan Lee Seung Hui, dokter terakhir yang merawat raja. Tetapi keduanya berakhir dengan seorang asisten dokter bernama Seo Bi dan seorang pria misterius bernama Young Shin di sebuah desa yang terkena penyakit mengerikan.

Kingdom merupakan series Korea bertemakan zombie yang populer karena penonton berharap tinggi setelah Korea merilis film zombie terkenal sebelumnya, yaitu Train to Busan.

Namun jangan terlalu berharap tinggi, karena latar belakang kedua film ini saja sudah sangat berbeda ... apalagi tingkat keseruannya, ya kan? (wkwkwk)

Tapi yah ... selera setiap orang pasti berbeda-beda. Intinya jangan membandingkan film Train to Busan dengan series ini ya guys~

Tentu saja, karena series Kingdom adalah series kolosal tentang politik kerajaan. Namun berbeda dengan series serupa lainnya, di Kingdom ada sebuah wabah yang menyebabkan orang mati menjadi hidup kembali.

Jadi series ini sangat cocok untuk ditonton kamu penggemar drakor kolosal dan film zombie.

Action, drama, fantasy, horror, sci-fi, thriller.

School-Live!

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

Takeya Yuki merupakan seorang siswi bebas yang antusias terhadap kegiatan klub sekolahnya. Terdiri dari sang ketua Wakasa Yuuri, si atletik Ebisuzawa Kurumi, si dewasa Naoki Miki, sang guru pengawas Sakura Megumi, dan si anjing klub Taroumaru yang menjadi kebanggan klub untuk membuat suasana sekolah menjadi semakin menyenangkan.

Hanya ada satu peraturan yang harus ditaati seluruh anggota klub, yaitu semua orang harus menjalani hidupnya di area sekolahan ....

Series yang menceritakan tentang sebuah klub yang anggotanya menghabiskan waktu disekolahnya.

Horror, mystery, slice of life.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

The Last of Us

20 Tahun setelah peradaban modern hancur, Joel diminta menyelundupkan seorang gadis berumur 14 tahun, Ellie, keluar dari zona karantina. Sebuah pekerjaan kecil di awal yang berubah menjadi perjalanan brutal ketika keduanya harus melintasi daratan Amerika dan bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.

The Last of Us atau lebih dikenal sebagai TLoU merupakan series yang diadaptasikan dari sebuah game berjudul sama.

Series ini menceritakan tentang perjalanan dua orang penyintas dengan tujuan menyelamatkan peradaban manusia dari sebuah penyakit jamur.

Yups, kalian tidak salah dengar. Di series ini umat manusia berubah menjadi inangnya jamur kordisep– atau apalah itu.

Jamur tersebut memang ada di dunia nyata, sebuah jamur parasit yang bisa hidup di tubuh serangga. Nah, di series TLoU jamur tersebut berevolusi sehingga mampu bertahan hidup dalam tubuh manusia dan mengendalikannya. Serem cuyy~

Action, adventure, drama, horror, sci-fi, thriller.

Rekomendasi Film Zombie Terbaik Sepanjang Masa

The Walking Dead

Deputi Sheriff Rick Grimes tertembak dan mengalami koma. Naas, dia terbangun setelah kiamat zombie terjadi. Dia mulai mencari keluarganya dan membuat sebuah grup untuk bertahan hidup. Sebagai seorang pemimpin, dia berusaha dan rela melakukan apapun agar grupnya, anggota keluarganya selamat, mendapat tempat tinggal yang aman, dan makanan yang sehat. Sebuah series tentang bertahan hidup, risiko-risiko dan hal-hal yang harus kamu lakukan untuk selamat.

The Walking Dead merupakan series yang diadaptasikan dari sebuah komik berjudul sama. Series ini mempunyai episode yang cukup buanyak sekali, dan kemungkinan kamu akan merasa bosan saat menontonnya.

Sayangnya cerita dan karakter dalam series ini cukup melenceng dari komik, sehingga seriesnya tidak terlalu populer dan orang-orang berhenti merekomendasikannya.

Namun menurut saya, series ini cukup worth-it untuk ditonton ... yah, setidaknya sampai musim ke-7.

Drama, horror, thriller.

Kesimpulan

Itulah rekomendasi film zombie terbaik hingga saat ini versi min Aezi. Tetap ingat ya guys, sebelum menonton pastikan kamu melihat rating filmnya terlebih dahulu. Jangan menonton film yang tidak sesuai dengan usiamu yaa~, karena bisa membawa pengaruh buruk untukmu di masa depan.

Oh ya, zaman sekarang banyak film atau series yang mewajarkan hal-hal yang tidak wajar (contoh: LaGiBeTe). Jangan terbawa akan hal tersebut ya guys~. Hal-hal yang tidak wajar yang kamu lihat di film/series harus tetap menjadi tidak wajar bagimu. Jangan terbiasa dengan hal itu, dan tetap tolak hal tersebut di kehidupan nyata.

Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife).

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain