DIJAMIN GALAU! Berikut Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) [Update 2023] -NYZEZI

Temukan daftar rekomendasi film Korea sedih terbaik versi s.id/AeziTR bagian kedua hanya di blog @ezfileid.

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2)

Halo guys, apa kabar? Gimana nih, apa masih baper atau udah bisa move on? Jika kamu sekalian masih baper nih, mimin kasih penambahnya deh (hehe).

Yups, setelah sebelumnya Min Aezi membagikan daftar rekomendasi film sedih Korea terbaik bagian I di blog ini, kali ini mimin akan melanjutkannya ke bagian II guys, Jika di bagian pertama mimin bagikan film sedih yang dirilis dari tahun 2000-an sampai 2013, nah di bagian kedua mimin akan bagikan lanjutannya hingga film yang dirilis di tahun 2023.

PERINGATAN, menonton film-film Korea sedih di bawah secara beruntun tanpa henti dapat menyebabkan indera kesedihanmu menjadi tumpul. Mimin sarankan untuk menonton dengan jeda setidaknya satu minggu.

Langsung saja, berikut merupakan rekomendasi film Korea sedih terbaik versi AeziTR!

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian II)

Because I Love You (2017)

Romance, comedy, fantasy

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Menceritakan tentang seorang pria bernama Jin Lee Hyun yang mengalami kecelakaan mobil dalam perjalanan menemui pacarnya. Tepat ketika dia hendak melamar dan memberi kejutan untuk sang pacar, naas kecelakaan membuatnya harus dilarikan ke Rumah Sakit dan mengalami koma.

Ketika Lee Hyun sadar dan terbangun, dia menyadari telah masuk ke dalam tubuh orang yang berbeda sehingga membuatnya harus mencari identitas dirinya yang sebenarnya. Dibantu oleh seorang remaja bernama Scully, Lee Hyun mencari kebenaran atas semua kejadian yang menimpa dirinya.

Catatan

Film ini sebenarnya tidak terlalu menyentuh, dan bisa dibilang film yang setelah ditonton dapat dengan mudah dilupakan. Cerita yang dibawakan tidak sepenuhnya tentang romansa, namun diselingi komedi dan fantasi. Namun dari itu semua, film ini cukup menghibur dan layak ditonton. Ceritanya ringan dan unsur sedihnya datang belakangan, jadi persiapkan diri di detik-detik terakhir ya guys.

One Day (2017)

Drama

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Bercerita tentang Gang Soo, seorang pemeriksa asuransi yang mengalami keadaan depresi setelah kematian istrinya. Saat Gang soo kembali bekerja, ia mengambil kasus seorang wanita bernama Mi soo yang sedang dalam kondisi koma.

Catatan

Film ini memberikan kita gambaran tentang kehidupan seorang pegawai asuransi. Kisahnya cukup ringan untuk orang dewasa seperti mimin (hehe), dan tentu saja, kehidupan yang dia alami tidak terlalu menyenangkan. Ya begitulah ...

Be With You (2018)

Drama, fantasy, romance

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Setelah istrinya, Soo-a meninggal, Woo-jin merawat seorang putranya sendirian.

Sebelum Soo-a meninggal, dia berjanji akan kembali pada hari hujan setahun setelahnya. Satu tahun berlalu dan Soo-a benar-benar muncul, namun dia tidak mengingat apapun.

Catatan

Kisah cinta muda-mudi, lalu menikah dan mempunyai seorang buah hati. Untuk film dengan durasi 2 jam, film ini dikemas dengan baik tanpa terasa alurnya begitu cepat. Justru ketika menonton, kamu mungkin tidak sadar bahwa filmnya akan segera berakhir. Be With You memberikan kesan mendalam di mana kamu akan terlarut ketika menonton.

Jangan lupa, sedia payung sebelum hujan, sedia makanan sebelum lapar, dan sediakan tissue sebelum menonton.

On Your Wedding Day (2018)

Comedy, romance

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Sebuah kisah tentang seorang guru olahraga yang menerima undangan pernikahan dari cinta pertamanya yang dia temui saat SMA.

Catatan

Setelah membaca judul, kita mungkin punya pemikiran seperti:

Wah, udah ketahuan nih arahnya ke mana ...

Jujur, mimin baru nonton film ini setelah lulus sekolah di tahun 2019. Dikala itu mimin masih berada di fase sedih karena berpisah sama temen-temen kelas dan cemas karena masih belum menemukan pekerjaan.

Film ini mengingatkan mimin pada momen-momen sekolah, terutama romansanya. Namun seperti yang banyak diceritakan orang, cinta di masa sekolah itu hanyalah kesenangan semata. Cinta yang sesungguhnya tidak bisa kita sadari, dan bisa jadi kita merasakannya ketika orang itu sudah pergi.

Percayalah, genre komedi yang tertera di atas hanya selipan. Selebihnya film ini murni tentang kisah percintaan yang berseri-seri, menyenangkan, dan berakhir bahagia sekaligus menyedihkan.

Sekilas film ini mirip dengan film You Are the Apple of My Eyes (YATAOME), tema dan alurnya sangat mirip, dan tentu saja akhir ceritanya juga mirip. Jadi ya ... siapkan mental kamu sebelum menonton.

Josee (2020)

Romance, drama

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Josee menggambarkan momen paling indah dari seorang mahasiswa akhir semester bernama Youngseok dan seorang yang memiliki keterbatasan fisik dan hidup di dunianya sendiri bernama Josee.

Catatan

Josee (2020) merupakan adaptasi dari novel dan versi remake dari film Jepang dengan judul yang sama.

Film ini berpusat pada kisah Josee dan Youngseok. Keduanya menemukan arti cinta dalam kekurangan, dan pengalaman hidup setelah mengalami segala keterbatasan.

Jujur, film ini tidak terlalu memiliki sad vibes di dalamnya, apalagi kalau kita hanya sekedar 'menonton' tanpa memahami sudut pandang kedua karakter utama.

Sejak awal film ini sudah memiliki vibes gloomy, membuat kita sebagai penonton ikut merasakan perasaan kedua karakter di dalamnya.

Terakhir, seperti film remake Josee lainnya. Film Josee versi Korea ini juga memiliki ending yang berbeda dengan versi lainnya.

A Way Station (2021)

Romance, drama

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Sebuah kisah cinta antara Seung-hyun, orang yang mengidap penyakit Alzheimer, dan Ji-ah, seorang pasien sakit parah yang ingin diingat olehnya selamanya.

Seung-hyun dan Ji-ah sekolah di SMA di kota kecil yang sama. Mereka berteman dan juga sama-sama suka. Seung-hyun percaya kalau suatu hari penyakit Alzheimernya akan kambuh dan kehilangan semua ingatannya seperti ibunya.

Ji-ah selalu menemani Seung-hyun dan menyemangatinya, hingga akhirnya dia pergi ke Seoul untuk kuliah. Di lain sisi, Seung-hyun mencoba mewujudkan impiannya untuk menjadi pembuat roti. Dengan jarak yang memisahkan mereka, hubungan keduanya mulai menjauh.

Tujuh tahun kemudian, Ji-ah hidup sebagai pegawai kantoran biasa. Suatu hari, dia sadar kalau hidupnya tinggal sebentar karena mengidap kanker. Dia kembali ke kampung halamannya. Di sana dia bertemu Seung-hyun, yang sekarang membuka toko roti.

Catatan

Kisah cinta dua orang penyakitan ...

Waiting for Rain (2021)

Romance, drama

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Youngho mempunyai kehidupan tanpa impian. Dia telah belajar selama 3 tahun untuk masuk universitas. Kemudian dia memutuskan untuk mengirim surat untuk teman masa kecilnya, Soyeon. Namun justru adiknya Soyeon, Sohee yang menerima surat tersebut.

Sohee menulis balasan untuk Youngho, berpura-pura menjadi Soyeon. Sementara itu, dia juga menjaga kakaknya yang sakit dan mengoperasikan toko buku bersama ibunya.

Catatan

Waiting for Rain atau lebih dikenal dengan judul Endless Rain merupakan film drama dengan alur yang lambat.

Mengisahkan dua orang yang berbagi surat, meskipun di satu sisi ada seseorang yang berpura-pura menjadi orang lain.

Menurut mimin, film ini cocok untuk ditonton ketika kamu benar-benar senggang. Alurnya yang lambat mungkin membuatmu bosan disela-sela cerita, namun mimin jamin setelah menonton sampai akhir kamu akan merasa bahwa waktu yang kamu habiskan untuk menonton film ini sangat berharga.

Psst ... jangan sampai kamu skip bagian endingnya ya. Pastikan untuk menonton sampai habis!

Individualist Ms. Ji-Young (2017)

Romance

Rekomendasi Film Korea Sedih Terbaik (Bagian 2) by @aezife

Sinopsis

Karena masa lalu dengan keluarganya yang buruk, Ji Young menjadi seorang individualist (penyendiri) dan anti sosial. Dia tidak memiliki hubungan dengan orang lain bahkan dengan makhluk hidup apapun. Hal ini membuatnya menderita depresi dan insomnia hingga membutuhkan pil penenang untuk membantunya tidur setiap hari.

Sementara itu tetangganya, Byeok Soo justru memiliki sifat kebalikannya. Dia merupakan tipe orang yang tidak bisa hidup tanpa berhubungan dengan orang lain. Selain murah senyum dan ramah, dia juga sangat perduli dengan orang-orang di sekitarnya. Bahkan karena kebaikannya, dia sering dimanfaatkan oleh orang lain.

Hubungan mereka yang tadinya hanya sebatas tetangga, berubah menjadi romansa percintaan dengan berbagai keseruan di dalamnya. Dua kepribadian yang bertolak belakang akhirnya bisa bersatu setelah melewati berbagai rintangan bersama.

Catatan

Cape sedih-sedihan mulu? Nih mimin kasih penawarnya!


Guys, kamu-kamu sekalian pernah tahu gak kalau di zaman orde baru, lagu galau itu dilarang? Iya, dan ini adalah fakta!

Lagu galau dilarang karena bisa membuat pendengarnya luruh dalam suasana mengharu biru. Hal ini tentu saja sama seperti menonton film-film yang sedih. Akibatnya kamu bisa berlarut-larut dalam kesedihan, malas ngapa-ngapain, enggak mood bekerja, gamau belajar, dan sebagainya. Pokoknya hal-hal sedih bisa merusak mood kita, deh!

Oleh karena itu, mimin sarankan agar kalian MOVE ON. Jangan karena menonton film sedih, kamu-kamu sekalian jadi malas ngapa-ngapain. Bahkan jika kamu sedih bukan karena menonton film, tidak sepatutnya hal itu menyebabkan kamu jadi malas-malasan.

Sedih itu wajar, namun berlarut-larut dalam kesedihan terlalu lama itu tidak wajar. Jika kamu sedang bersedih, cobalah luapkan semua emosimu dengan tangisan. Jangan curhat sama tetangga apalagi di sosial media. Yang ada kamu akan jadi cemoohan nantinya. Setelah kamu merasa baikan, segera lakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti olahraga.

Nah, itulah daftar rekomendasi film Korea sedih terbaik versi Min Aezi di s.id/AeziTR. Terimakasih telah berkunjung, dan sampai jumpa di artikel rekomendasi terbaik berikutnya!

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain