Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian I

Temukan rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa versi terupdate 2023 hanya di blog @idyourzee!

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Hai hai, apa kabar guys? Kembali bertemu dengan Min Aezi di artikel rekomendasi terbaru. Kali ini mimin akan membagikan daftar rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa yang siap membuatmu menangis seharian dan susah move on hingga berbulan-bulan. Wow, sadis bukan? Eh, mimin cuma bercanda kok. Film-film anime yang mimin bagikan di bawah memang berpotensi membuatmu menangis dan susah move on, tapi itu sendiri tergantung dari dirimu sendiri.

Yah, ibarat orang yang nonton drama padahal kesehariannya dipenuhi drama, ya pasti drama yang ditonton gak bakalan kerasa wkwkwk ...

Terlepas dari itu, film-film anime yang mimin bagikan di bawah tentu saja pernah mimin tonton, walaupun ada yang sampai tidak habis (hehe). Dalam daftar film anime sedih terbaik ini juga mimin akan berusaha untuk tidak membagikan spoiler. Yups, memang ada beberapa orang yang suka spoiler tapi mimin bukan bagian dari orang-orang tersebut. Mimin rasa spoiler itu ibarat ngojek tapi kita sudah tahu tujuan dari setiap penumpangnya. 'Kan gak seru dan gak menantang, iya kan guys?

Oleh karena itu, mimin akan hindari penulisan spoiler di daftar rekomendasi ini. Bukan ini aja sih, tapi di setiap daftar rekomendasi baik itu rekomendasi manhwa, rekomendasi manga, rekomendasi film, rekomendasi cerita apapun itu mimin selalu menghindari penulisan spoiler. Namun seperti biasa, mimin akan menggunakan cover atau memberikan catatan yang menurut mimin bisa menarik perhatianmu untuk menonton.

Oh ya, karena judul film yang ada di daftar rekomendasi ini juga cukup banyak, jadi seperti biasa ... mimin akan split lamannya menjadi dua bagian, yaitu:

  • Rekomendasi FIlm Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian I (laman ini)
  • Rekomendasi FIlm Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa Bagian II

Tanpa banyak basa-basi lagi, berikut merupakan daftar rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa versi Aezi Top Recommendation (s.id/AeziTR). Kuy dibaca!

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa

Grave of the Fireflies (1988)

Hotaru no Haka
drama

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Hisako kehilangan kampung halamannya karena dibom sekutu. Karena suaminya berperang di suatu tempat di benua Asia, dia dan kedua anaknya mengevakuasikan diri ke pinggiran kota Kobe, di mana mereka berbagi tempat tinggal dengan sepupu Hisako yang bernama Kyouko.

Tidak lama kemudian Kobe dibom dan Kyouko menjadi korban. Hisako terpaksa merawat kedua anaknya Kyouko bersama anak-anaknya, namun makanan yang ada tidaklah cukup.

Catatan

Tidak lengkap rasanya kalau bikin daftar rekomendasi film anime tersedih sepanjang masa tapi film Grave of the Fireflies tidak ada di dalamnya.

Film ini merupakan film yang terinspirasi dari kehidupan nyata pembuat kisahnya, yaitu Nosaka Akiyuki. Akiyuki adalah seorang novelist yang kehilangan kedua adik perempuannya di masa Perang Dunia II karena kelaparan.

Idup lagi susah-susahnya malah direkomendasiin film kakak beradik yang kesulitan cari makanan :(

5 Centimeters per Second (2007)

Byousoku 5 Centimeter
drama, romance

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Tiga momen di kehidupan Takaki: hubungannya dengan Akari dan perpisahan terpaksa mereka; persahabatannya dengan Kanae, yang diam-dian menyukainya; tuntutan dan kekecewaan terhadap masa dewasa, sebuah kehidupan yang tak menyenangkan di kota yang dingin.

Catatan

Sebuah film tentang kenyataan pahit akan hidup ...

Into the Forest of Fireflies' Light (2011)

Hotarubi no Mori e
drama, romance, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Di suatu hari pada musim panas, seorang gadis kecil tersesat dalam hutan ajaib di gunung dewa tempat tinggal para arwah. Seorang bocah membantunya, namun dia tidak bisa menyentuh bocah itu karena takut dia akan menghilang.

Catatan

Asal usul bocil kematian.

Wolf Children (2012)

Ookami Kodomo, Ame to Yuki
fantasy, slice of life

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Setelah kekasih werewolfnya meninggal karena kecelakaan, seorang perempuan harus mencari cara untuk merawat putera dan puteri mereka seorang diri. Namun ternyata warisan dari sifat ayah anak-anaknya terbukti menjadi rintangan bagi dirinya.

Catatan

Kisah menyentuh tentang sulitnya seorang ibu yang membesarkan anak seorang diri, apalagi kalau anak tersebut ras werewolf.

The Garden of Words (2013)

Kotonoha no Niwa
drama, romance

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Takao bolos sekolah dan bersembunyi di sebuah saung di tengah-tengah perkebunan yang asri. Dia sedang membuat sketsa sepatu dan berlatih untuk menjadi seorang pembuat sepatu. Di sana, dia bertemu seorang wanita misterius bernama Yukino, yang nampak lebih tua darinya.

Setelah itu mereka sering bertemu di kebun tersebut saat hujan, meskipun tidak janjian sebelumnya. Keduanya memperdalam hubungan dan mulai terbuka satu sama lain, namun akhir dari musim hujan sudah dekat.

Catatan

Sebuah kisah cinta yang terpaut usia, dan batasan dalam budaya masyarakat.

Film dari Makoto Shinkai ini mempunyai visual yang mewah dan memanjakan mata. Namun bukan itu saja, cerita yang dibawakan juga cukup menyentuh. Meskipun tone film ini cerah, kita bisa merasakan kesedihan yang cukup dalam.

Btw, sadarkah kalian bahwa film-film Makoto Shinkai selalu memberikan perbedaan usia yang cukup jauh pada karakter-karakter utamanya? Dan dari yang mimin ketahui, perbedaan usia antara mc dan heroine di film ini adalah yang paling jauh dari semua film Makoto Shinkai (btw film ini film Makoto Shinkai yang pertama kali mimin tonton).

The Flower We Saw That Day (2013)

Ano Hi Mita Hana no Namae wo Bokutachi wa Mada Shiranai
drama, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Setahun telah berlalu sejak hantu Menma kembali ke alamnya. Meskipun waktu yang mereka habiskan bersama di musim panas itu sangat singkat, kelima anggota Super Peace Busters mengenang tentang apa yang terjadi sebagaimana mereka masing-masing menulis surat kepada teman mereka yang sudah tiada tersebut.

Catatan

Sebuah movie recap dari series Anohana dari sudut pandang yang berbeda. Namun jangan salah, karena filmnya ini bisa bikin kamu nangis meskipun sudah menonton series animenya lebih dulu.

Tamako Love Story (2014)

romance, slice of life

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Mewarisi bisnis pembuatan kue beras keluarganya dan menjadi anggota klub baton di SMA membuat Tamako sedikit lambat dalam hal percintaan. Dia tidak menyadari kasih sayang teman masa kecilnya Mochizou, meskipun semua teman mereka tahu. Dengan kelulusan yang semakin dekat dan akan berangkatnya Mochizou ke Tokyo, akankah Tamako menyadari perasaannya dan memberitahunya tepat waktu?

Catatan

Tamako Love Story merupakan film spin off dari series anime bernama Tamako Market (2013). Film ini mengisahkan kisah cinta antara Tamako dan Mochizou. Di sini kita bisa melihat cara mereka berdua mengekspresikan rasa suka kepada satu sama lain yang tampak imut.

Yah, meskipun film ini merupakan lanjutan dari series animenya, kamu sendiri tidak perlu sengaja menonton animenya lebih dulu untuk dapat menonton filmnya. Di film ini diceritakan asal usul kedua tokoh utamanya dan bagaimana mereka bisa jatuh hati satu sama lain.

No NTR-NTR club!

Stand by Me Doraemon (2014/2021)

comedy, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Sewashi dan Doraemon kembali ke masa lalu untuk bertemu Nobita. Sekarang hanya Doraemon yang mampu menuntun Nobita atau dia tidak akan bisa kembali ke masanya sendiri.

Catatan

Kisah klasik antara Doraemon dan Nobita dalam animasi 3D.

Stand by Me Doraemon mengisahkan tentang awal mula Doraemon dan Nobita bertemu, dan bagaimana kehidupan mereka setelahnya. Jadi meskipun kamu belum pernah nonton Doraemon sebelumnya, kamu dapat menikmati film ini dengan baik.

Film ini terdiri dari dua bagian, yaitu:

  • Stand by Me Doraemon (2014)
  • Stand by Me Doraemon 2 (2021)

Mimin sendiri sangat menyukai kedua film ini, dan mimin sarankan jika kamu ingin menonton maka tontonlah kedua filmnya, jangan sampai hanya menonton salah satu saja. Tentu saja, jangan lupa untuk menyediakan tissue sebelum menonton ...

Kingsglaive: Final Fantasy XV (2016)

action

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Kerajaan magis Lucis adalah rumah bagi Crystal terakhir yang tersisa di dunia, dan kerajaan Niflheim yang mengancam bertekad untuk mencurinya.

Raja Regis dari Lucis memerintahkan pasukan elit prajurit yang disebut Kingsglaive. Menggunakan sihir sang raja, mereka berjuang untuk melindungi Lucis. Saat kekuatan militer kekaisaran yang luar biasa menurun, Raja Regis dihadapkan dengan ultimatum yang mustahil – untuk menikahkan putranya, Pangeran Noctis dengan Putri Lunafreya dari Tenebrae, tawanan Niflheim, dan menyerahkan tanahnya kepada pemerintahan Niflheim. Meskipun raja mengakuinya, menjadi jelas bahwa kekaisaran tidak akan berhenti untuk mencapai tujuan licik mereka, dengan hanya Kingsglaive yang berdiri di antara mereka dan dominasi dunia.

Catatan

Kisah klasik Final Fantasy dengan visual yang mewah dan cerita yang cukup menyentuh.

Your Name. (2016)

Kimi no Na wa.
drama, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Mitsuha dan Taki adalah murid SMA yang tidak kenal satu sama lain dan kehidupan keduanya berbeda. Tetapi suatu malam, keduanya berpindah tempat. Mitsuha terbangun di tubuh Taki, dan sebaliknya. Keabnormalan ini terjadi secara acak, dan keduanya harus menyesuaikan diri satu sama lain.

Catatan

Siapa namamu?

A Silent Voice (2016)

Koe no Katachi
drama

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Ishida Shouya mulai membully Nishimiya Shouko, seorang murid baru di kelasnya karena dia tuli. Namun saat ejekan berlanjut, seluruh kelas mulai menyerang Shouya karena terlalu berlebihan. Ketika mereka lulus SD, Shouko dan Shouya tidak bicara lagi satu sama lain ... hingga Shouya yang dewasa dan lebih bijak, tersiksa dengan kelakuan masa lalunya, dan memutuskan untuk melihat Shouko satu kali lagi. Dia ingin menebus dosa-dosanya, tapi apakah itu sudah terlambat?

Catatan

Taubatnya seorang pembully ...

Panjang umur orang baik :)

Fireworks (2017)

Uchiage Hanabi, Shita kara Miru ka? Yoko kara Miru ka?
romance, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Di musim panas, Shimada Norimichi dan teman-temannya berdebat tentang apakah kembang api terlihat melengkung atau datar jika dilihat dari samping. Mereka membuat rencana untuk mengungkap jawabannya di acara kembang api tahunan di Moshimo. Namun Norimichi terkait konflik dengan teman kelasnya, Oikawa Nazuna yang berencana kabur dari rumah dan ingin Norimichi ikut serta. Ketika hal-hal diluar kendali terjadi ketika mereka mencoba kabur, sebuah orb aneh yang dimiliki Nazuna memberi keduanya kesempatan untuk tetap bersama.

Catatan

Sebuah film yang terkenal dengan ostnya yang berjudul sama, Uchiagehanabi. Filmnya sendiri mempunyai kesan yang cukup membingungkan, namun tergantung dari pandangan kita yang menonton, kisah yang dibawakan cukup menyentuh.

Maquia: When the Promised Flower Blooms (2018)

Sayonara no Asa ni Yakusoku no Hana wo Kazarou
drama, fantasy

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Maquia adalah salah satu warga ras spesial bernama Iorph yang dikenal memiliki umur panjang. Meski begitu, dia selalu merasa kesepian padahal dikelilingi banyak orang, karena dia yatim piatu sejak masih kecil.

Dia bermimpi tentang berpetualang di dunia luar, namun tidak berani melangkah dari desanya karena larangan Pak Kades. Suatu hari Kerajaan Mezarte menjajah kampung halamannya itu. Mereka sudah bisa menjinakkan Renato, ras naga raksasa, dan sekarang rajanya ingin menambahkan keturunan yang berumur panjang.

Tentara Mezarte memporak-porandakan Desa Iorph dan membunuh hampir semua warganya. Berada di tengah-tengah penyerangan, Maquia terbawa oleh salah satu naga Renato yang kemudian mati, meninggalkannya di tengah-tengah hutan.

Di sana dia mendengar suara tangisan bayi. Dia menemukan bayi di sebuah desa yang hancur dan memutuskan untuk mengadopsinya, menamainya Ariel. Meskipun dia tidak tahu apapun tentang dunia manusia, dia mencoba merawat seorang anak yang tumbuh lebih cepat darinya sendiri.

Catatan

Setiap film sedih yang berkaitan waktu selalu memberi kesan mendalam bagi penonton, termasuk film anime berjudul Maquia ini.

Film ini mengisahkan tentang seorang ibu yang anaknya tumbuh lebih cepat darinya. Dari hal ini tentu saja kita bisa mengambil kesimpulan kenapa film ini mengandung unsur sedih, bukan?

Selain cinta dalam lingkungan kekeluargaan, film ini juga berfokus pada romansa dan balas dendam, serta kebenaran yang pahit yang bisa membuat kita ikut merasakan kesedihannya.

Aslian, nasib temen-temennya Maquia nyesek banget cuy!

Yah, intinya sih ... siapkan tissue sebelum menonton!

I Want to Eat Your Pancreas (2018)

Kimi no Suizou wo Tabetai
drama, romance

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Protagonis penyendiri: kutu buku yang menjauhkan diri dari dunia tempat dia tinggal. Dia tidak tertarik pada orang lain dan sangat yakin bahwa tidak ada yang tertarik padanya juga.

Kisahnya dimulai ketika dia menemukan sebuah buku tulisan tangan, berjudul Hidup dengan Sekarat. Dia segera tahu kalau buku tersebut adalah buku harian rahasia milik teman sekelasnya yang populer dan ceria, bernama Yamauchi Sakura. Sakura kemudian menceritakan kepadanya tentang penyakit pankreas yang dia derita dan waktu miliknya yang terbatas.

Hanya keluarga Sakura yang tahu tentang penyakit mematikannya; bahkan sahabatnya pun tidak menyadarinya. Terlepas dari pernyataan Sakura, dia tidak menunjukkan simpati atas penderitaannya, tetapi terjebak dalam gelombang daya apung Sakura yang gigih, dia akhirnya setuju untuk menemani Sakura selama sisa hari-harinya.

Saat pasangan kutub yang berlawanan berinteraksi, koneksi mereka menguat, terjalin melalui pilihan yang mereka buat setiap hari. Sikap acuh tak acuh dan ketidakpastiannya mengganggu aliran kehidupan protagonis yang tanpa ekspresi, secara bertahap membuka hatinya saat dia menemukan dan merangkul arti hidup yang sebenarnya.

Catatan

Protagonis kita di film ini merupakan standar mc film baper kebanyakan. Dia pendiam, gak punya temen, dan nolep. Namun seperti di film-film kebanyakan, dia bisa menggaet hati cewek populer yang periang dan cakep, yang mana hanya mimpi bagi kalian para jomblo ngenes di luar sana (hehe, bercanda doang~).

Meski namanya agak horor, film ini gak mempunyai unsur seram kok di dalamnya. Yang ada unsur kesedihan mendalam yang bikin kamu susah move on. Ingat, heroinenya wafat, tapi ini bukan spoiler! Jadi siapkan tissue sebelum menonton.

Sebagai informasi tambahan, film ini dibuat berdasarkan novel dengan judul sama yang ditulis oleh Yoru Sumino dan diadaptasi ulang ke bentuk film live action setahun sebelum film ini dirilis. Mimin sendiri lebih suka versi animenya daripada live actionnya itu sendiri, namun tidak ada salahnya jika kamu ingin menonton keduanya, karena pembawaan alurnya cukup berbeda meski inti ceritanya sama.

Baca juga: Rekomendasi Film Jepang Sedih Terbaik [Update 2023]

Code Geass: Lelouch of the Re;surrection (2019)

Code Geass: Fukkatsu no Lelouch
action, drama, sci-fi

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Sekarang adalah tahun kedua dari Periode Kowa. Dunia telah bersatu di sekitar Federasi Serikat Bangsa yang direorganisasi, dan keadaan telah damai. Sayang, perdamaian itu hanya sesaat. Saat Suzaku pergi dan menjadi "Zero", dia mengunjungi kamp pengungsi yang dikalahkan oleh Knightmare Frame misterius, dan mereka berdua dibawa pergi. Mengikuti perintah rahasia dari Schneizel, Kallen, Lloyd dan Sayoko menyusup ke Zilkistan, Negeri Prajurit, di mana mereka diserang oleh pengguna Geass yang misterius. Di Zilkhstan ada seseorang bernama C.C., yang dikenal oleh para penyerang sebagai "former master".

Catatan

Code Geass merupakan series mecha yang sangat populer, terutama animenya yang berjumlah 2 season dengan jumlah episode sekitar 50.

Film Code Geass; Lelouch of the Re;surrection merupakan film terakhir dari series Code Geass, yang mengisahkan bagaimana Lelouch menciptakan dunia yang damai dan seluruh hal yang dia korbankan demi mencapainya.

Karena film ini merupakan film lanjutan, jadi kamu harus menonton ketiga film Code Geass yang sebelumnya. Berikut daftar film Code Geass:

  • Code Geass: Lelouch of the Rebellion - Initiation (Koudou) (2017)
  • Code Geass: Lelouch of the Rebellion II - Transgression (Handou) (2018)
  • Code Geass: Lelouch of the Rebellion III - Glorification (Oudou) (2018)
  • Code Geass: Lelouch of the Re;surrection (2019)

Untuk menonton filmnya yang terakhir, kamu perlu mengikuti ketiga film sebelumnya lebih dulu. Yups, meskipun kamu pernah menonton animenya, mimin sarankan untuk tetap menonton ketiga filmnya lebih dulu jika ingin menonton film yang terakhir. Alasannya karena ada beberapa perbedaan di film dan anime, termasuk tokoh-tokoh penting juga ada yang dirubah.

Sebagai catatan, mimin rasa waktu yang mimin habiskan untuk menamatkan series Code Geass ini amatlah berarti, dan Code Geass berhasil memberikan kesan yang mendalam. Bukan tanpa alasan Code Geass amat populer dan banyak orang yang menyukainya.

Ride Your Wave (2019)

Kimi to, Nami ni Noretara
drama, romance, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Hinako mempunyai hobi berselancar di laut. Setelah dia masuk kuliah dan pindah ke sebuah kota terpencil, apartemennya kebakaran. Dia diselamatkan oleh Minato, seorang damkar yang tampan. Tidak lama setelah itu keduanya berkencan.

Cinta mereka bersemi dan tampak kalau mereka tidak bisa terpisahkan. Sayangnya suatu kecelakaan terjadi, Minato kehilangan nyawanya di laut. Hinako sangat putus asa hingga membuatnya tak mampu lagi melihat laut, hingga suatu hari dia menyanyikan sebuah lagu yang mengingatkannya tentang momen mereka berdua. Anehnya, setelah itu Minato muncul dari air.

Sejak saat itu, Hinako bisa bertemu Minato dalam bentuk air segera setelah bernyanyi, namun bisakah keduanya tetap bersama selamanya? Apa yang menjadi alasan kenapa Minato bisa muncul?

Catatan

Ride Your Wave merupakan film romatis yang cocok ditonton dengan pasanganmu, atau cocok ditonton ketika kamu baru putus hubungan dengan kekasihmu.

Film ini mengisahkan tentang kisah cinta sepasang kekasih yang tampak tak bisa dipisahkan, namun takdir tidak mengizinkan.

Sebagai penonton, kita bisa melihat apa itu artinya cinta, dan kapan kita harus ikhlas merelakannya. Yups, kita bisa belajar move on dari film ini.

Sebagai catatan, mimin sarankan bagi kalian para jones agar tidak menonton film ini. Memang benar bahwa film ini memberikan sad vibes, namun kesedihan tersebut rata-rata muncul di pertengahan hingga film berakhir.

Namun percayalah, bagi kamu yang lagi jomb— single, fase awal di film ini bisa sangat menyiksamu ...

Weathering with You (2019)

Tenki no Ko
drama, fantasy, romance

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Di masa libur musim panas sekolahnya, Hodaka kabur dari rumahnya di pulau terpencil dan pergi ke Tokyo. Namun tak lama setelah itu, dia kehabisan uang dan merasa sudah tidak sanggup lagi.

Cuaca sudah biasa mendung dan hujan setiap hari, seakan-akan mereflesikan kehidupannya. Setelah beberapa hari menyendiri, dia akhirnya menemukan pekerjaan sebagai penulis freelance di sebuah redaksi majalah yang aneh.

Suatu hari, Hodaka bertemu Hina di jalanan yang ramai. Gadis yang ceria dan bertekad itu mempunyai kekuatan yang aneh dan indah: sebuah kemampuan untuk menghentikan hujan dan mencerahkan langit.

Catatan

Demi cinta, aku rela ...

Dragon Quest: Your Story (2019)

adventure, comedy, fantasy

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Luca mengikuti jejak ayahnya untuk menyelamatkan ibunya dari si iblis Ladja. Satu-satunya harapan untuk mewujudkannya adalah dengan menemukan pahlawan surgawi yang bisa menggunakan pedang Zenithian.

Catatan

Film Dragon Quest: Your Story merupakan salah satu film stand alone dari series Dragon Quest. Jadi meskipun kamu tidak mengikuti series Dragon Quest apapun, kamu tetap bisa menikmati film ini.

DQ: Your Story mengisahkan tentang bagaimana Luca memenuhi takdirnya dengan mencari pahlawan surgawi yang bisa memakai pedang legendaris.

Kita akan disuguhkan dengan dunia fantasi ala Dragon Quest yang menawan dan kisah hidup sang MC yang penuh akan drama.

Her Blue Sky (2019)

Sora no Aosa wo Shiru Hito yo
drama, romance, supernatural

Rekomendasi Film Anime Sedih Terbaik Sepanjang Masa by @aezife

Sinopsis

Seorang murid SMA, Aioi Aoi hidup berdua bersama kakaknya yang bernama Akane setelah kecelakaan membuat kedua orang tuanya meninggal 13 tahun yang lalu. Akane yang berusaha keras merawatnya dirinya seorang diri, membuat Aoi ingin pindah ke Tokyo setelah lulus untuk meringankan beban kakaknya dan mengejar mimpinya bermain musik.

Aoi terinspirasi dari mantan pacar Akane yang bernama Kanamuro "Shinno" Shinnosuke. Shinno merupakan bagian dari sebuah band SMA dan dia mempunyai hubungan dengan Akane. Setelah Akane kehilangan orang tuanya, mereka berpisah. Shinno pergi ke Tokyo untuk menjadi gitaris profesional, dan tak pernah terlihat lagi.

Catatan

Ichigo udah ganti profesi juga tetap aja ... kasian :(


Nah, itulah rekomendasi film anime sedih terbaik sepanjang masa versi AeziTR. Jangan terus-terusan diam di rumah dan nonton seharian ya guys, makanlah makanan yang bergizi dan pergi keluar untuk bersosialisasi. Berdiri dan melangkahlah, mari kita hadapi dunia!

anjayyyy wkwkwk

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Dilarang copy paste tulisan artikel ini tanpa memberikan sumber dan tautan balik (backlink) ke website @idyourzee!

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain