Cara Mengecek Data Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur: Pengaduan & Pengajuan Sudah Bisa Dilihat

Temukan tutorial tentang cara mengecek data rumah rusah akibat gempa Cianjur hanya di blog NYZEZI.com!

Cara Mengecek Data Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur: Pengaduan & Pengajuan Sudah Bisa Dilihat by @aezife

Halo semua, apa kabar? Semoga baik-baik saja ya~.

Pada tanggal 21 November 2022 kemarin, terjadi bencana alam yang sulit dilupakan bagi warga Cianjur. Jalanan hancur, bangunan-bangunan rusak, dan nyawa saudara-saudari kita menghilang akibatnya. Pada bulan Juni 2023 ini, tujuh bulan telah berlalu sejak terjadinya hal yang sudah ditakdirkan tersebut. Rasa cemas mungkin masih ada, dan luka akibat bencana tersebut akan tetap ada selamanya. Namun ada sedikit rasa bahagia di tengah-tengahnya, yaitu kita sebagai korban akan mendapat bantuan dana rumah rusak agar kita bisa membangun kembali atau memperbaiki rumah kita, tempat tinggal kita yang rusak akibat gempa.

Bantuan Dana Rumah Rusak

Bagi kamu yang terdampak, pasti sudah tahu tentang bantuan stimulan pembangunan dan renovasi rumah rusak akibat gempa di Cianjur, atau kita sering menyebutnya sebagai bantuan dana rumah rusak. Saat ini, pencairan bantuan dana rumah rusak tersebut sudah mencapai tahap ketiga, yaitu untuk wilayah Kecamatan Cugenang yang terdampak paling parah. Meski begitu, masih ada warga yang dataannya salah atau bahkan data rumah rusaknya tidak ada (tidak terdata).

Kategori rumah rusak dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Rusak ringan, menerima dana bantuan sebesar Rp 15jt
  2. Rusak sedang, menerima dana bantuan sebesar Rp 30jt
  3. Rusak berat, menerima dana bantuan sebesar Rp 60jt

Pada awal pencairan tahap ketiga kemarin, pemerintah terutama pihak desa sudah menyebutkan bahwa ada proses adu banding untuk warga yang data rumah rusaknya salah atau tidak ada. Proses adu banding tersebut dinamakan proses pengaduan dan pengajuan.

Proses pengaduan untuk warga yang rumah rusaknya tidak sesuai kategori. Seperti rumah mimin yang terdata rusak sedang, padahal bangunannya rata ke tanah (rusak sepenuhnya). Untuk itu, mimin melakukan proses pengaduan agar data rumah mimin masuk kategori rusak berat.

Di lain sisi, ada juga proses pengajuan untuk warga yang rumahnya tidak terdata rusak. Bagi kamu yang rumahnya rusak namun dataannya tidak ada, kamu dapat melakukan proses pengajuan data rumah rusak.

Nah, bagi kamu yang melakukan proses pengaduan atau pengajuan pada saat tahap ketiga kemarin, sekarang dataannya sudah bisa kamu cek. Bagi yang melakukan proses pengaduan, kamu dapat melihat apakah pengaduanmu diterima atau tidak. Sedangkan bagi yang melakukan proses pengajuan, kamu dapat melihat apakah pengajuanmu disetujui atau ditolak.

Untuk mengecek data rumah rusak akibat Gempa Cianjur tersebut, kamu dapat mengakses situs web resmi bernama PISODAPUR, sebuah situs web hasil kolaborasi antara pemerintah Jawa Barat dengan pemerintah Kabupaten Cianjur.

Di situs web PISODAPUR (singkatan dari Pusat Informasi dan Koordinasi Data Gempa Cianjur), kamu dapat mengecek apakah dataan rumahmu ada atau tidak, dan melihat rumahmu masuk kategori rusak yang mana. Selengkapnya tentang cara mengecek data rumah rusak akibat Gempa Cianjur, kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah berikut.

Cara Mengecek Data Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki HP atau desktop untuk mengecek data rumah rusak akibat Gempa Cianjur ini. Kita perlu mengakses situs web PISODAPUR, sehingga kita memerlukan browser seperti Chrome dan kuota untuk mengaksesnya.

Langkah1: Buka browser

Di HP atau desktopmu, buka browser yang biasa kamu gunakan untuk browsing internet seperti Chrome, Firefox, Brave, dan sebagainya.

Langkah2: Kunjungi situs web PISODAPUR

Alamat situs web PISODAPUR: https://pisodapur.jabarprov.go.id

Cara Mengecek Data Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur: Pengaduan & Pengajuan Sudah Bisa Dilihat by @aezife

Langkah3: Masukkan nomor KK, lalu klik Lacak

Masukkan nomor Kartu Keluarga milikmu, lalu klik tombol Lacak.

Tunggu beberapa saat, lalu hasilnya akan muncul. Perhatikan secara seksama hasil pengecekan tersebut lalu pastikan data di dalamnya sesuai dengan yang kamu harapkan.

Cara Mengecek Data Rumah Rusak Akibat Gempa Cianjur: Pengaduan & Pengajuan Sudah Bisa Dilihat by @aezife

PISODAPUR merupakan situs web resmi dari pemerintah, sehingga data-data yang diberikannya sudah pasti akurat. Bagi kamu yang melakukan proses pengaduan atau pengajuan pada tahap 3 kemarin dan dataan barunya sudah muncul sekarang, kamu tinggal menunggu pembagian buku rekening dan pencairan dana bantuannya, yang mana juga dilakukan secara bertahap.

Singkatnya, berikut merupakan tahap pencairan dana rumah rusak akibat Gempa Cianjur:

  1. Pengumuman data rumah rusak
  2. Pembagian buku rekening
  3. Pencairan dana termin 1 sebesar 40%
  4. Pencairan dana termin 2 sebesar 50%
  5. Pencairan dana termin 3 sebesar 10%

Nah itulah tutorial tentang cara mengecek data rumah rusak akibat Gempa Cianjur. Semoga proses membangun kembali atau memperbaiki rumah rusak akibat Gempa Cianjur tersebut berjalan lancar, dan semoga kita senantiasa berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin ...

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain