Cara Mencairkan Koin Shopee Terbaru 2023

Pada artikel ini kamu akan menemukan cara mencairkan koin Shopee terbaru 2023. Bagi kamu yang memiliki cukup banyak koin Shopee yang tidak terpakai, lebih baik mencairkannya menjadi saldo rekening atau saldo e-money daripada kedaluwarsa. Ikuti tutorialnya di bawah!

Sekilas Tentang Koin Shopee

Koin Shopee merupakan mata uang virtual resmi di platform Shopee. Koin Shopee bisa didapatkan dari cashback, event, dan aktivitas lainnya di Shopee. 1 (satu) koin Shopee setara dengan Rp 1. Koin Shopee dapat digunakan untuk belanja, dengan ketentuan penggunaan sebesar 50% dari total harga barang yang dibeli. Berikut contohnya:

Ezi mempunyai koin Shopee sebesar 500rb. Karena ada event gratis ongkir di Shopee, Ezi lalu membeli sepatu dengan harga Rp 250rb. Ezi menggunakan koin Shopee-nya dalam pembayaran, sehingga total yang harus Ezi bayar setelah dikurangi koin Shopee yaitu sebesar Rp 125rb. Setelah sepatunya datang, ternyata ukurannya salah, sehingga Ezi memutuskan untuk menjualnya kembali di marketplace Facebook. Sayang, banyak penawar yang nawar dengan harga tidak pantas, sehingga Ezi lebih memilih untuk memberikan sepatu tersebut kepada kerabatnya daripada menjualnya. Naasiib, nasib ~

Metode-metode Pencairan Koin Shopee yang Masih Work hingga Saat Ini

Koin Shopee hanya bisa dipakai untuk aktivitas transaksi yang berkaitan dengan Shopee, dan (seharusnya) tidak bisa dicairkan. Namun selalu ada trik tertentu untuk mengakali sistem uang virtual seperti koin Shopee ini. Yups, kamu dapat mencairkan, atau lebih sering disebut convert koin Shopee yang kamu miliki dengan beberapa metode tertentu.

Sebelumnya saya juga sudah mempublikasikan 2 artikel tutorial pencairan koin Shopee, yaitu:

Dari kedua artikel tersebut, hanya metode pencairan via Riung yang masih work (masih bisa dilakukan). Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan menambahkan beberapa metode lainnya untuk mencairkan koin Shopee. Metode-metode yang sudah saya cek dan masih work yaitu:

  1. Mencairkan koin Shopee via Indomaret
  2. Mencairkan koin Shopee via aplikasi PPOB (seperti Riung)
  3. Mencairkan koin Shopee via FO (Fake Order)
  4. Mencairkan koin Shopee via Merchant ShopeeFood

Cara Mencairkan Koin Shopee Terbaru 2023

// Cara Convert Koin Shopee menjadi saldo ShopeePay melalui Indomaret (Gratis)

Tahukah kamu bahwa kamu dapat mencairkan koin Shopee melalui Indomaret? Ikuti tutorialnya di bawah!

A. Menyiapkan Kode Pembayaran

Sebelum memulai, pastikan bahwa kamu memiliki saldo ShopeePay yang sama besar dengan koin Shopee yang ingin dicairkan. Contoh, untuk mencairkan 50rb koin Shopee, maka kamu harus mempunyai saldo ShopeePay sebesar Rp 50rb.

  1. Buka aplikasi Shopee
  2. Tap menu ShopeePay
  3. Tap Isi Saldo
  4. Tap Indomaret/i.Saku
  5. Pilih atau masukkan nominal top up
    Ingat, kamu harus memasukkan nominal top up dua kali lipat dari total koin Shopee yang ingin kamu cairkan, karena koin Shopee hanya bisa digunakan 50% dari total transaksi.
    Contoh: Untuk mencairkan 200rb koin Shopee, maka kamu harus memilih nominal top up sebesar Rp 400rb. Selain itu, kamu juga harus mempunyai saldo ShopeePay Rp 200rb.
  6. Tap Bayar Sekarang

Silakan screenshot atau simpan/salin Kode Pembayaran yang tertera.

B. Melakukan Top Up

Kamu dapat melakukan top up melalui mesin pembayaran jika ada, karena lebih mudah dilakukan. Namun jika di Indomaret yang kamu kunjungi tidak mempunyai mesin pembayaran, silakan melakukan top up melalui kasir saja.

a. Melakukan top up via mesin pembayaran
  1. Kunjungi Indomaret yang mempunyai mesin pembayaran
    Mesin pembayaran ini merupakan komputer yang bisa digunakan pengunjung Indomaret untuk melakukan pembayaran.
  2. Cari ShopeePay
  3. Masukkan nomor HP akun Shopee kamu dan Kode Pembayarannya
  4. Pilih pembayaran melalui non-Tunai
    Ada dua pilihan, yaitu tunai (lakukan pembayaran di kasir) dan non-tunai. Pilih pembayaran non-tunai karena kamu akan melakukan pembayaran dengan ShopeePay.
a. Melakukan top up via mesin pembayaran
  1. Kunjungi Indomaret favorit kamu
  2. Sampaikan kepada kasir bahwa kamu ingin top up ShopeePay dan melakukan pembayarannya melalui ShopeePay
    Misal: "Kak, pengen top up ShopeePay tapi bayarnya via ShopeePay/QRIS, apakah bisa?"
    Kemungkinan kasir yang belum berpengalaman akan menolaknya, atau mengatakan jika hal tsb tidak bisa dilakukan. Bilang saja jika "bisa, kok!" dan sebagainya. Jika memang kasirnya tidak tahu atau tidak mau, cari Indomaret yang lain saja.
  3. Perlihatkan Kode Pembayaran kepada kasir
  4. Scan QRIS

// Cara Convert Koin Shopee menjadi Saldo melalui Aplikasi PPOB

Aplikasi PPOB yang bisa dipakai untuk mencairkan koin Shopee cukup banyak, seperti:

  1. Riung
  2. Hotelmurah
  3. Pulsapedia
  4. Dan sebagainya

Semua aplikasi di atas dapat kamu unduh dan instal melalui Play Store dan App Store. Pastikan kamu melihat ulasan-ulasannya terlebih dahulu, karena aplikasi-aplikasi tersebut bisa tidak bisa dipakai, scam, dsb sewaktu-waktu.

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain