Cara Hard Reset Oppo A57 Terbaru 2023

Temukan tutorial tentang cara hard reset oppo a57 hanya di blog NYZEZI.com!

Cara Hard Reset Oppo A57 Terbaru 2023 by @aezife

Halo semua, apa kabar? Kembali bertemu dengan Min Aezi pada artikel tutorial terbaru. Pada kesempatan ini mimin akan membagikan tutorial tentang cara hard reset oppo a57, untuk mengatasi lupa pola ataupun lupa pin/password. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahannya di bawah tanpa perlu membongkar hp kesayanganmu itu. Nah, daripada penasaran, yuk langsung saja kita bahas tutorialnya di bawah!

Cara Hard Reset Oppo A57

Pada tutorial ini, mimin menggunakan hp oppo a57 ch1701. Mimin kurang tahu untuk versi oppo a57 yang lain, namun mengingat base androidnya yang sama, kamu tetap bisa mencoba untuk mengikuti tutorial ini karena kemungkinan besar akan berhasil.

Dengan hard reset hp oppo a57 milikmu, kamu bisa:

  • Mengatasi HP Oppo A57 lupa pola
  • Mengatasi HP Oppo A57 lupa pin
  • Mengatasi HP Oppo A57 lupa password

Disclaimer: Tutorial ini mimin pastikan berhasil, namun kemungkinan tidak berhasilnya tetaplah ada. Mimin tidak bertanggung jawab atas segala risiko yang diakibatkan karena mengikuti tutorial ini. Do with your own risk (DWYOR).

Baca juga: Cara beli rokok online di Alfagift

A. Persiapan

Sebelum memulai, silakan persiapkan bahannya terlebih dahulu. Mimin sudah siapkan bahannya dalam satu dokumen zip, yang berisi:

  • Miracle Thunder v2.82
  • Qualcomm USB Driver QDLoader

Silakan download kedua bahan tersebut di bawah:

Setelah dokumen bahan selesai didownload, silakan ekstrak dokumen tersebut lalu ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah1: Instal Miracle Thunder

Untuk menginstal Miracle Thunder, baik di windows 7, windows 8, windows 9, maupun windows 11, kamu perlu mematikan terlebih dahulu antivirus yang kamu miliki. Jika kamu merasa tidak menginstal aplikasi antivirus apapun, artinya kamu hanya perlu menonaktifkan antivirus bawaan windows yaitu Microsoft Defender. Ikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Matikan antivirus
  2. Klik kanan pada Miracle Thunder v2.82, lalu klik Jalankan sebagai administrator
  3. Instal dan tunggu hingga selesai

Catatan: Untuk pengguna windows 10 dan windows 11, pastikan selama proses hard reset berlangsung antivirus tetap mati. Yups, antivirus Microsoft Defender di kedua windows tersebut bisa menyala secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Dalam artian lain, mematikan antivirus hanya berlaku untuk sementara, karena nantinya antivirus akan menyala secara otomatis. Hal ini bisa mengganggu proses hard reset karena jika antivirus menyala, beberapa komponen Miracle Thunder yang dianggap berbahaya akan terhapus otomatis. Jadi pastikan agar antivirus selalu mati selama proses hard reset oppo a57 ch1701 ini berlangsung.

Langkah2: Instal Driver Qualcomm

  1. Buka folder Qualcomm Drivers QDLoader
  2. Buka folder Qualcomm
  3. Buka folder Driver
  4. Klik kanan pada file qcser.inf, lalu klik Instal
Cara Hard Reset Oppo A57 Terbaru 2023 by @aezife
  1. Pastikan proses instal berhasil

Semua siap, selanjutnya kamu hanya perlu menyambungkan hp oppo a57 milikmu dan memulai proses hard reset.

B. Cara Hard Reset Oppo A57 menggunakan Miracle Thunder

Langkah1: Hubungkan hp oppo a57 ke komputer/laptop

  1. Pastikan hp kamu dalam keadaan mati
  2. Colokkan kabel usb ke pc-mu
  3. Tekan dan tahan tombol volume up dan volume down secara bersamaan
  4. Colokkan kabel usb ke hp-mu
  5. Pastikan hp tersambung ke pc dengan baik dan benar

Untuk mengecek apakah hp tersambung atau tidak, kamu dapat membuka aplikasi Manajer Perangkat lalu buka bagian Ports. Di sana akan ada ports COM3 Qualcomm bla bla bla yang mana menandakan bahwa hp-mu sudah tersambung. Jika tidak ada, artinya hp-mu belum tersambung dengan benar. Silakan ulangi kembali Langkah1 ini.

Langkah2: Lakukan hard reset dengan Miracle Thunder

  1. Buka aplikasi Miracle Thunder
  2. Buka tab Qualcomm
  3. Buka tab Read/Format Flash
  4. Pada kolom Brand, pilih OPPO
  5. Pada kolom Model, pilih A57
  6. Di bagian bawah, pilih Factory Reset (safe mode)
  7. Klik Port untuk mendeteksi hp
  8. Pada kolom Port (di sampingnya), pilih COM3 Qualcomm bla bla bla (sesuai di Langkah1)

Setelah semua siap, klik Start Button di bawah. Proses hard reset (factory reset) akan dimulai dan kamu tinggal menunggu hingga selesai.

Catatan: Jika tombol Start Button tidak bisa diklik, silakan klik dulu tombol Connect Button di kiri atas.

Cara Hard Reset Oppo A57 Terbaru 2023 by @aezife

Setelah proses di aplikasi Miracle Thunder selesai, hp-mu akan menyala dan melakukan proses wiping secara otomatis. Tunggu prosesnya selesai hingga hp-mu menyala dan masuk homepage awal seperti saat kamu membeli hp baru.

A. FAQ: Pertanyaan yang sering ditanyakan

Q1: Min, setelah saya instal Miracle Thunder dan buka dengan Run as administrator, gak bisa dibuka dan selalu muncul notif "Please do not run this app under a virtual machine" bla bla bla. Solusinya gimana?

A1: Untuk mengatasi aplikasi Miracle Thunder yang gak bisa dibuka dan muncul notifikasi "Please do not run this app under a virtual machine", kamu perlu masuk bios lalu atur agar opsi Virtualization mati atau di disable.

Mimin gak bisa jelasin tentang cara men-disable virtualization di bios, karena setiap perangkat itu berbeda tampilan biosnya. Jika kamu kesulitan, silakan googling dengan keyword "Cara Disable Virtualization di BIOS pc_kamu". Misal: Cara Disable Virtualization di BIOS Lenovo Ideapad Gaming 3.

Q2: Min, setelah saya klik tombol Port di Miracle Thunder hp saya selalu gak ke detect. Gimana cara mengatasinya?

A2: Ada 2 faktor yang menyebabkan hpmu tidak terdetect di Miracle Thunder, yaitu:

  1. Driver Qualcomm belum terinstal
    Untuk mengatasinya, silakan instal driver Qualcomm QDLoader yang mimin bagikan di dokumen Bahan Hard Reset Oppo A57 di atas.
  2. Salah urutan menekan tombol
    Silakan baca bagian B Langkah1 dengan teliti.

Q3: Min, saya berhasil hard reset hp oppo a57 saya, tapi kenapa setelah hp hidup kembali saya diminta memasukkan email saya sebelumnya? Saya lupa emailnya min, gimana nih?

A3: Nah, inilah pentingnya sebuah email. Jika kamu mengalami hal ini, mimin harap kamu bisa mulai menghargai email yang kamu buat dengan cara mengingatnya dan mengingat informasi loginnya.

Nah, karena kamu bilang kamu lupa emailnya, mimin akan kasih tahu solusi terkait hal ini. Karena jika kamu bilang kamu gak tahu emailnya, mimin gak bakalan kasih solusinya karena bisa jadi hp oppo a57 yang kamu pegang ternyata bukan milikmu. Yups, mimin memang suka negative thinking. Harap dimaklumi.

Untuk mengatasi hal ini, atau bisa dibilang cara bypass login setelah hard reset oppo a57, kamu bisa melakukan hard reset kembali menggunakan Miracle Thunder. Namun pada bagian Factory Reset, pilih opsi yang lain. Hal ini bisa mengatasi permasalahanmu, namun risiko lain (seperti bootloop) bisa terjadi. Tetap ingat bahwa mimin tidak bertanggung jawab atas semua risiko karena mengikuti tutorial yang mimin bagikan.


Itulah tutorial tentang cara hard reset oppo a57 versi @aezife. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel tutorial lainnya.

Penulis: Min Aezi (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain