Cegah Postingan Dewasa Ada di Timelinemu! Cara Mengatur Privasi Facebook Terbaru 2023

NYZEZI.com - Memasuki pertengahan tahun 2023 ini, kita masih sering menjumpai akun-akun teman kita di facebook yang tiba-tiba ada postingan dewasa di timeline profilnya. Wah, bahaya banget, kan? Untuk itu, di sini saya akan membagikan tutorial tentang cara mencegah postingan dewasa ada di timelinemu. Tutorial ini mencakup tentang cara mengatur privasi facebook agar akun-akun lain tidak bisa menandaimu di postingan mereka secara sembarangan. TAPI, sebelum lanjut membahas tutorialnya, kamu perlu tahu dulu nih kenapa orang-orang bisa memposting hal-hal dewasa secara tiba-tiba. Ikuti pembahasannya di bawah!

Kenapa Akun Facebook Tiba-tiba Mengirim Postingan Dewasa?

Bagi kamu seorang pengguna facebook, pasti pernah melihat sebuah akun yang tiba-tiba mengirim postingan dewasa. Baik itu akun orang yang tidak kamu kenal, akun temanmu, atau bahkan akunmu sendiri.

Wah, apa sih penyebabnya?

Jawabannya yaitu, akun yang tiba-tiba mengirim postingan dewasa disebabkan karena akun mereka diretas! Yups, kita pasti merasa kaget ketika akun facebook seseorang yang kita kenal tiba-tiba mengirimkan hal-hal tidak senonoh. Padahal kita tahu sifat aslinya, yang mana terasa mustahil jika dia memposting hal-hal dewasa seperti itu. Ini terjadi karena akunnya diretas alias kena hack.

Kok bisa sih akunnya dihack min?

Ada banyak metode hacking yang sering digunakan para hacker untuk mengambil alih suatu akun di facebook. TAPI, kebanyakan akun facebook kena hack adalah karena dua hal berikut, yaitu:

  1. Klik link sembarangan
    Pemilik akun mengklik link sembarangan, baik itu di facebook maupun diluar aplikasi facebook. Salah satu link berbahaya yang bisa membuat akunmu kena hack tidak lain adalah link pada postingan tidak senonoh yang dibagikan oleh akun temanmu secara tiba-tiba.
  2. Menginstal aplikasi sembarangan
    Aplikasi diluar playstore atau appstore memang tidak semuanya berbahaya, namun kamu harus tahu bahwa tingkat keberbahayaannya tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya jangan menginstal aplikasi diluar playstore atau appstore.

Jadi, cara paling efektif untuk mencegah postingan dewasa ada di timelinemu adalah dengan tidak mengklik link sembarangan dan menginstal aplikasi sembarangan agar akunmu tidak diretas, lalu mengatur privasi facebook di akunmu agar akun temanmu tidak bisa menandaimu di postingan dewasa yang mereka kirimkan, yang mana tutorialnya akan saya bahas sebagai berikut!

Baca juga: Rekomendasi Manhwa Terbaik di Tahun 2023!

Cegah Postingan Dewasa Ada di Timelinemu! Cara Mengatur Privasi Facebook Terbaru 2023 -NYZEZI

Cara Mengatur Privasi Facebook

Dari bahasan di atas kamu bisa tahu penyebab kenapa sebuah akun tiba-tiba mengirimkan postingan dewasa, yaitu karena akunnya diretas. Namun meski akunmu tidak kena hack, kamu tetap bisa terbawa dengan kiriman postingan dewasa tersebut. Yups, akun yang dihack tersebut sering mengirimkan postingan dewasa lalu menandai banyak akun, termasuk akun milikmu. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu hanya perlu mengatur privasi facebook akunmu. Ikuti langkah-langkah cara mengatur privasi facebook di bawah!

Langkah1: Buka aplikasi Facebook

Kamu dapat mengaplikasikan tutorial cara mengatur privasi facebook ini melalui aplikasi Facebook Mobile, Facebook Lite, atau Facebook Web.

Langkah2: Buka Pengaturan Privasi

Cari menu Pengaturan Privasi. Biasanya bisa kamu akses melalui tanda (simbol equal) > Pengaturan Privasi > Pengaturan.

Langkah2: Buka pengaturan Profil dan penandaan

Di pengaturan, coba cari dan buka pengaturan Profil dan penandaan. Di pengaturan Profil dan penandaan tersebut, kamu bisa mengubah tentang siapa saja yang bisa memposting di timeline akun facebookmu dan mengaktifkan opsi untuk meninjau penandaan sebelum ditampilkan.

Cegah Postingan Dewasa Ada di Timelinemu! Cara Mengatur Privasi Facebook Terbaru 2023 -NYZEZI

Tujuan Mengatur Privasi Akun Facebook

Selain untuk mencegah penandaan dari akun yang sering mengirimkan hal-hal tidak senonoh, mengatur privasi facebook pada akunmu juga memiliki banyak manfaat lainnya, seperti mencegah data kita dipergunakan orang lain. Namun intinya akunmu perlu privasi tersendiri, karena akun terbuka artinya data-data di dalam akunmu bisa diketahui publik. Tetap ingat bahwa privasi itu penting. Jagalah privasimu layaknya itu pakaian yang kamu kenakan. Jangan terlalu terpaku dengan dunia maya. Jangan terlalu sering membagikan keseharianmu di sana. Jangan memberikan datamu ke orang asing. Dan tentu saja, jangan terlalu sering menggunakan internet. Gunakan internet seperlunya!

Sekian dari Min Aezi, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya!

Penulis: @aezife.

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain