Tutorial Membatasi Bandwidth MikroTik dengan Metode Simple Queue Terbaru 2023

NYZEZI.com - Bagi kamu yang sedang mencari tutorial membatasi bandwidth mikrotik, atau biasa disebut limitasi Rx/Tx di mikrotik, maka artikel inilah yang kamu perlu baca dan pahami! Pada artikel ini Min Aezi akan membagikan dalam manajamen mikrotik dalam hal membatasi bandwidth interface-interface yang ada.

Dalam manajemen mikrotik, biasanya diperlukan pembatasan bandwidth untuk berbagai alasan, seperti mengimbangi biaya, menyesuaikan kebutuhan, dan sebagainya. Mungkin kamu juga hanya ingin sekadar membatasi kecepatan koneksi internet di rumahmu. Apapun alasannya itu, tidak salah jika kamu tahu dan dapat memaksimalkan fungsi pada mikrotik yang kamu miliki.

Salah satu cara membatasi bandwidth pada mikrotik yaitu dengan metode simple queue. Metode ini merupakan metode termudah, karena kamu hanya perlu memilih target limitasi dan mengisi maksimal kecepatannya (rx/tx) dalam satuan Mbps (ingat ya, byte sama bit itu beda!). Daripada penasaran, kuy langsung aja kita bahas tutorialnya!

Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik (Limitasi Rx/Tx) dengan Metode Simple Queue [Update 2022]

Tutorial Membatasi Bandwidth Mikrotik (Limitasi Rx/Tx) Terbaru 2022

A. Persiapan

Sebelum mengikuti tutorialnya, kamu harus menyiapkan beberapa hal seperti berikut:

1. Dapat mengakses dasbor mikrotik

Hal ini wajib ya guys. Kamu harus sudah memiliki winbox dan bisa mengakses mikrotik kamu melalui winbox tersebut. Jangan coba-coba atur mikrotik tetangga yaa~

2. Mikrotik bisa terhubung ke internet

Dalam artian lain, jaringan yang kamu pakai berjalan lancar ya guys. Client yang terhubung ke jaringan kamu bisa mengakses internet, dan kamu tinggal membatasi bandwidth-nya saja.

Di sini mimin hanya akan menjelaskan cara membatasi bandwith di mikrotik dengan metode simple queue, sedangkan cara mengoneksikan setiap interface di mikrotiknya tidak akan mimin bahas.

B. Cara Mengatur Limit Rx/Tx di Mikrotik dengan Metode Simple Queue

Pertama: Buka dasbor mikrotik.

Silakan buka winbox dan login untuk mengakses dasbor mikrotik milikmu.

Kedua: Buka menu Queues > Simple Queues.

Ketiga: Klik tambah (+) untuk menambahkan limitasi baru.

Setelah jendela baru terbuka, berikut kolom-kolom yang perlu kamu isi dan contoh pengisiannya:

  1. Name: Nama_queue
    Isi dengan nama queue, boleh kamu tentukan dengan bebas. Contoh: queue1.
  2. Target: target_limitasi
    Isi dengan target pembatasan bandwidth, seperti IP address, network, maupun interface.
    Catatan:
    • Untuk membatasi bandwidth IP address tertentu, cukup isi kolom target dengan IP address tersebut. Contoh: untuk membatasi bandwidth pada IP address 192.168.19.19, isi kolom target dengan 192.168.19.19.
    • Untuk membatasi seluruh IP address dalam satu network, cukup isi kolom target dengan network address yang ingin dibatasi. Contoh: untuk membatasi bandwidth pada network 192.168.19.0/24, isi kolom target dengan 192.168.19.0/24.
    • Untuk membatasi satu interface, dalam artian lain semua koneksi dalam interface tersebut terkena pembatasan, cukup isi kolom target dengan nama interface atau klik tanda panah dan pilih interface yang ingin dibatasi. Contoh: untuk membatasi bandwidth pada interface wlan1, isi kolom target dengan wlan1.
  3. Traget Upload Max Limit: Limit_Tx
    Isi kolom ini dengan kecepatan upload (transmit/Tx) dalam satuan bps (bit per second). Contoh: untuk membatasi kecepatan upload sebesar 15 Mbps, isi kolom target upload max limit dengan 15M.
  4. Target Download Max Limit: Limit_Rx
    Isi kolom ini dengan kecepatan download (receive/Rx) dalam satuan bps (bit per second). Contoh: untuk membatasi kecepatan download sebesar 512 kbps, isi kolom target upload max limit dengan 512k.
Cara Membatasi Bandwidth Mikrotik (Limitasi Rx/Tx) dengan Metode Simple Queue [Update 2022]

Langkah4: Klik Apply lalu Ok.

Setting simple queue berhasil disimpan dan pembatasan bandwidth akan langsung diterapkan.

FAQ: Hal-hal yang Sering Ditanyakan

Bandwidth itu apa sih min?

Secara bahasa, bandwidht adalah lebar pita frekuensi perantara dari frekuensi tinggi sebelum menuju ke frekuensi rendah tertentu atau sebaliknya. Pengertian lain menyebutkan bahwa bandwidth adalah kapasitas atau jumlah konsumsi transfer data yang dihitung dalam satuan bps (bit per second).

Bandwidth sering diibaratkan seperti lebar suatu jalan, sedangkan transfer data di dalamnya seperti kendaraan. Ketika jalanan dipenuhi kendaraan, kemacetan akan terjadi. Demikian pula dengan bandwidth, semakin banyak transfer data yang terjadi maka semakin lambat pula proses transfer datanya.

Kalo Rx/Tx itu apa min?

Rx/Tx itu artinya dari receive dan transmit. Receive itu data yang diterima yang biasa disebut download. Selain diterima, data juga bisa ditransfer keluar yang mana hal tersebut disebut transmit, atau lebih dikenal sebagai upload.

Lah min, kalo X di sana artinya apa?

Dari yang mimin baca di internet, ada banyak sejarah dan alasan kenapa huruf X ada pada Rx/Tx. Namun kita bisa menganggap bahwa huruf X tersebut tidak ada artinya. Huruf X pada Rx/Tx hanyalah huruf akronim agar lebih bisa diterima, tanpa makna tertentu.

Apakah Access Point (AP) dapat dibatasi kecepatan internetnya?

Tergantung niat dan pribadi kamu, eh ... maksud mimin tergantung jenis AP yang kamu pakai. Dari yang mimin tahu sih, AP zaman sekarang biasanya sudah dibekali fungsi limitasi Rx/Tx di dalamnya. Silakan kamu ubek-ubek pengaturan AP milikmu, atau searching di google dengan keyword seperti "cara atur Rx/Tx access point Totomink R15 250cc", dan sebagainya.

Ada pertanyaan lainnya? Silakan tulis di kolom komentar!

Penulis: Aezi Bobby Brown (@aezife)

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain