QRIS Dibaca Apa? KRIS atau KYURIS?

NYZEZI.com - Setelah diperkenalkan oleh BI pada tahun 2019 lalu, banyak orang yang masih kebingungan dengan pembacaan atau penyebutan QRIS yang benar. Ada yang menyebut QRIS sebagai KRIS, KYURIS, dan bahkan KIRIS. Lalu QRIS dibaca apa yang benar? Simak penjelasan singkatnya di bawah!

QRIS Dibaca Apa? KRIS atau KYURIS?

Mengenal tentang QRIS

QRIS merupakan standar kode QR nasional untuk menfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Adanya QRIS sebagai metode pembayaran dapat mempermudah pembayaran semua aplikasi pembayaran yang mendukungnya, seperti ewallet dan aplikasi mobile banking kebanyakan.

Jika memiliki QRIS, kamu tidak perlu repot-repot memberikan banyak metode pembayaran kepada pelanggan. Cukup dengan satu QRIS, semua pelanggan dapat melakukan pembayaran yang mana hasilnya yang berupa saldo akan dicairkan ke penerbit QRIS lalu ke rekeningmu.

Saat ini banyak lembaga baik bank maupun non-bank yang menerbitkan QRIS dengan izin dari Bank Indonesia, yang mana contohnya sudah mimin bahas pada artikel Rekomendasi QRIS Terbaik untuk UMKM, ada yang realtime dan bebas biaya MDR.

Uniknya, sampat saat ini banyak orang yang membaca QRIS dengan penyebutan yang berbeda-beda. Ada yang membacanya dengan sebutan KRIS, ada juga yang membacanya dengan sebutan KYURIS, dan bahkan tidak sedikit pula orang yang membacanya dengan sebutan KIRIS.

Lantas mana pembacaan QRIS yang benar?

Jika dilihat dari kepanjangannya (Quick Response Code Indonesian Standard), QRIS lebih pantas dibaca KYURIS karena huruf Q dibaca KYU dalam Bahasa Inggris. Namun jika dilihat dari Bahasa Indonesia yang mana huruf Q itu disebut KI, artinya QRIS lebih pantas dibaca KRIS. Lalu mana pembacaan QRIS yang benar-benar benar? Yah ... Intinya sih, pembacaan QRIS baik itu KRIS maupun KYURIS bisa disebut benar.

YANG SALAH ITU QRIS DIBACA KIRIS!

QRIS Dibaca Apa? KRIS atau KYURIS?

Selian disebut KRIS dan KYURIS, tidak sedikit pula orang-orang yang menyebut QRIS dengan panggilan KIRIS. Nyatanya pembacaan KIRIS itu salah, mengingat huruf Q jika dalam kalimat tidak dibaca KI.

Umumnya sih yang baca QRIS sebagai KIRIS ini kaum bapak-bapak dan ibu-ibu. Jadi, jika kamu membaca QRIS sebagai KIRIS, silakan segera ganti menjadi KRIS atau KYURIS yaa~

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain