Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

NYZEZI.com - Bosan dengan hidup yang penuh akan utang? Jika demikian, mungkin kamu berencana untuk menonaktifkan semua kartu kredit dan akun paylater milikmu, seperti SPayLater. Namun tahukah kamu bagaimana cara menonaktifkan SPayLater tersebut? Baca tutorialnya di bawah ini!

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Mengenal Sekilas tentang SPayLater

SPayLater merupakan salah satu metode pembayaran dalam aplikasi Shopee yang disediakan oleh PT Commerce Finance. Dengan spaylater, kamu dapat membeli barang dan membayarnya di bulan berikutnya, atau mencicilnya selama beberapa bulan.

Meski begitu, penggunaan spaylater akan dikenai suku bunga dan biaya tambahan berdasarkan jenis pembayaran yang kamu pilih. Saat ini, semua periode cicilan baik itu 1 bulan (beli sekarang, bayar nanti), 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, 18 bulan, atau periode cicilan 24 bulan, dikenai biaya penanganan sebesar 1% per transaksi, dan dikenai bunga minimal 2.95% dari total pembayaran. Jika terjadi keterlambatan, kamu juga dikenai biaya sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo, termasuk tagihan sebelumnya*.

*Biaya penanganan, bunga cicilan, dan denda keterlambatan bisa berubah sewaktu-waktu.

Spaylater merupakan teman baik bagi kamu yang suka berbelanja lebih awal dan membayarnya nanti. Namun penggunaan spaylater ada risikonya, seperti kecanduan. Yups, sudah menjadi fakta umum bahwa generasi sekarang rata-rata berbelanja menggunakan paylater. Jika kamu salah satunya, kamu perlu berhati-hati agar tidak kecanduan apalagi sampai menunggak. Jika sampai terjadi penunggakan, bukan hanya skor kredit kamu yang jelek di dunia perbankan, namun denda yang dikenakan juga bisa membengkak.

Dengan begitu, kamu dapat menghindari penggunaan spaylater dengan cara menonaktifkannya. Spaylater merupakan salah satu paylater yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia, yang mana bisa dinonaktifkan dengan mudah. Ikuti tutorial berikut untuk mengetahui cara menonaktifkan spaylater di shopee.

Cara Menonaktifkan SPayLater

Dari yang saya ketahui dan berdasarkan pengalaman pribadi, spaylater dapat dinonaktifkan dengan tiga cara, yaitu:

1. Menonaktifkan spaylater sepenuhnya dengan cara hapus akun shopee.
2. Menonaktifkan spaylater sepenuhnya via email (tanpa menghapus akun shopee).
3. Menonaktifkan spaylater sementara dengan cara menonaktifkan metode pembayaran via spaylater.

Dari ketiga cara di atas, saya hanya akan membahas tutorial menonaktifkan spaylater cara kedua dan ketiga saja. Cara pertama tidak akan saya bahas* karena akun shopee bisa menjadi akun yang penting, terutama bagi penjual yang jualan di shopee. Jadi yang akan dibahas yaitu cara menonaktifkan spaylater via email ke customer service (cs) dan cara menonaktifkan spaylater sementara dengan mengaktifkan fitur Shopee Barokah. Ikuti langkah-langkahnya di bawah!

*Hapus akun shopee bisa dilakukan melalui menu Saya > Pengaturan (simbol gerigi) > Ajukan Penghapusan Akun.

Cara Menonaktifkan SPayLater Sepenuhnya via Email ke CS

Setelah saya tanyakan ke CS Shopee, spaylater bisa dinonaktifkan sepenuhnya dengan cara mengajukan penghapusan akun shopee. Namun saya yakin bahwa kamu akan berpikir dua kali jika demikian, mengingat penghapusan akun shopee artinya menghapus seluruh rekam jejak akun shopee milikmu.

Nah, jika kamu ingin menonaktifkan spaylater sepenuhnya tanpa menghapus akun shopee, kamu dapat mengajukan pembekuan limit spaylater melalui email. Pembekuan limit ini membuat seluruh limit spaylater kamu dibekukan sehingga tidak bisa dipakai, dan kedepannya kamu juga tidak bisa menggunakannya karena pembekuan limit ini bersifat sepenuhnya alias permanen. Jadi, pembekuan limit ini sama saja dengan menonaktifkan spaylater, kan?

Berikut tutorial mengajukan pembekuan limit spaylater secara sepenuhnya!

Tutorial Mengajukan Pembekuan Limit SPayLater

Langkah1: Hubungi cs shopee untuk pengajuan pembekuan limit spaylater.

Kamu dapat menghubungi cs shopee di aplikasi melalui menu Saya > Pusat Bantuan > Chat Shopee Sekarang, atau langsung melalui email resminya (help@support.shopee.co.id).

Jika kamu menghubungi cs shopee melalui aplikasi shopee, kamu perlu memulai percakapan dengan bot lebih dulu sebelum dengan cs asli (manusia), yang mana bagi orang awam mungkin akan berbelit-belit. Jadi saya sarankan untuk langsung chat cs shopee melalui email saja.

Kirimkan email ke help@support.shopee.co.id dari email yang terdaftar dengan akun shopee milikmu. Berikut contohnya:

Kepada: help@support.shopee.co.id
Subjek: Pengajuan Pembekuan Limit SPayLater
Isi:

Halo,
saya ingin mengajukan pembekuan limit spaylater pada akun saya yang memiliki data seperti berikut:
Username: (isi dengan username akun shopee milikmu)
Email: (isi dengan email akun shopeemu)
No. HP: (isi dengan no. hp akun shopeemu)

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

PENTING!

Domain shopee Indonesia yaitu shopee.co.id, sehingga email shopee yang asli pasti berakhiran shopee.co.id. Hindari mengirimkan email atau membalas email dari email shopee yang palsu. Selain itu, jangan mengirimkan password, pin, otp, kode cvv, dan informasi sensitif lainnya ke siapapun bahkan ke cs shopee meskipun itu cs shopee yang asli.

Langkah2: Kirimkan data-data yang diperlukan.

Cs shopee akan memintamu mengirimkan data-data yang diperlukan (selain password, pin, otp, kode cvv, dan informasi sensitif lainnya).

Dalam kasus saya, saya diminta untuk mengirimkan data berupa:

  1. Alasan kenapa mengajukan pembekuan limit spaylater
  2. konfirmasi pembekuan limit spaylater
Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Jika kamu juga menerima email balasan seperti di atas, kamu dapat menjawab seperti berikut ini:

  1. Saya ingin mengajukan pembekuan limit spaylater karena saya takut suatu saat akun shopee saya dibobol seseorang sehingga terjadi pembayaran yang tidak saya ketahui.
  2. Saya paham dan mengonfirmasi pembekuan limit spaylater pada akun shopee saya.
SELESAI, pembekuan limit spaylater telah berhasil dilakukan!

Simpel, kan? Hanya dalam dua langkah, akun spaylater kamu berhasil dibekukan sehingga tidak bisa dipakai lagi selamanya. Hal ini sama saja dengan menonaktifkan atau menghapus spaylater dari akun shopeemu tanpa perlu menghapus akun shopee.

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Nah, selanjutnya saya akan membagikan tutorial tentang cara menonaktifkan sementara metode pembayaran spaylater. Penonaktifan sementara ini artinya kamu dapat mengaktifkan kembali metode pembayaran spaylater dilain waktu.

Cara Menonaktifkan SPayLater Sementara via Shopee Barokah

Langkah1: Buka aplikasi shopee.

Langkah2: Buka menu shopee barokah.

Di beranda, tap Lihat Semua lalu cari menu Shopee Barokah di sana dan buka.

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Langkah3: Scroll ke bawah hingga bagian TRANSAKSI ISLAMI, lalu tap AKTIVASI SEKARANG.

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Langkah4: Nyalakan opsi Metode Pembayaran Shopee Barokah.

Cara Menonaktifkan SPayLater Shopee Terbaru 2023

Setelah fitur ini diaktifkan, kamu tidak bisa checkout belanjaan di shopee menggunakan metode pembayaran kartu kredit, cicilan, dan spaylater.

FAQ: Hal-hal yang Sering Ditanyakan

Bagaimana cara menonaktifkan shopee barokah?

Shopee barokah bisa dinonaktifkan melalui menu shopee barokah, dengan cara mematikan opsi Metode Pembayaran Shopee Barokah.

Jika spaylater dinonaktifkan via email, apakah nanti bisa diaktifkan ulang?

Dari email yang saya terima saat penutupan, jika spaylater ditutup kamu tidak bisa mengaktifkannya lagi dilain hari. Kesimpulannya yaitu, setelah ditutup spaylater tidak lagi bisa diaktifkan.

Posting Komentar

© NYZEZI. All rights reserved. Developed by Jago Desain